Univ. Dortmund


Let’s see…hmmm….OK, here is instant course of Serbian language:
Good Morning……………….Dobro jutro
Good Afternoon……………..Dobar dan
Guten Abend………………..Dobro vece
Good Night…………………..Laku noc
I love you……………………..Ja te volim
Bye……………………………Cao, Zdravo
Nice to meet you…………..Drago mi je sto sam te upoznao
Sister…………………………Sestra
Brother……………………….Brat
Mother………………………..Mama
Father…………………………Tata
Dog……………………………Pas, Kuca
Please can you help me?……Molim vas, da li mi mozete pomoci?
Where can I find this street?…Gde da nadjem ovu ulicu?
Airplane………………………..Avion
Train……………………………Voz
Buss……………………………Autobus
Carr…………………………….Kola, Auto
Map…………………………..Mapa
Ticket………………………….Karta
Numbers from 1-10: 1……..Jedan
2……..Dva
3……..Tri
4……..Cetiri
5……..Pet
6……..Sest
7……..Sedam
8………Osam
9……….Devet
10………Deset
Well, you have to read all letters(one by one) in one word.
You can see that word in English “Good” in Serbian is “Dobro”. But
since main word in sentence is “part of the Day” word “Dobro” is going
to be changed…….
Morning = Jutro (Jutro is neuter gender), and Dobro goes to Dobro
Day = Dan (dan is masculine gender), and Dobro goes to Dobar
Good Sister = Dobra sestra (sestra is feminine gender), and Dobro goes to Dobra
Now you can see how complicated my language is and I hope that you can understand some of basic rules.
I would like to have all this words in Indonesian!
Well, hope that you will enjoy learning Serbian…….Bye!

Di changi tempat buat tidur di bandara namanya “TheViewing Mall”. Menurut temen2 gw yg udah nyari best spot buat tidur gratis di bandara, tempat ini yg
paling bagus. (Gw sih percaya aja). Fotonya gw attach biar u dapat gambaran. Btw di foto itu temen gw yg anak Thai dan Bulgaria (ga penting :p).

Oh ya, itu harus keluar dari imigrasi lho. Itu masih di lingkungan bandara kok.

Tips buat elu, nanti abis keluar dari imigrasi ke tourist office, ambil peta singapore gratisan yg gede buat alas tidur elu (kita2 make cara ini sih).
Coba liat difoto alas tidur kita apaan?? Itu peta gratisan singapore.

Saran gw mendingan elu tidur di youth hostel/ hotel aja, search aja di google, pasti dapet kok yg budget-friendly. Atau nginep di tempat Tata SI02. Kalo elu kenal, 1 hari doang kok.

Soal kalo transit perlu bayar airport tax lagi or enggak, mendingan elu tanya ke yg ngasih elu tiket, udah include airport tax kaga? Case study pas gw ke jerman pake emirates, gw cuman bayar airport tax di cengkareng doang. Ada 3 transit:

1. singapore (yg mesti keluar pesawat cuman 30 menit) kaga perlu bayar.
2. kolombo (tdk keluar pesawat, ga bayar juga)
3. Dubai (keluar pesawat – ganti pesawat ke pesawat lain) ga perlu bayar, nunggu pesawat sekitar 5 jam-an

Pas ke Jepang, direct flight, bayar airport tax 100.000 cuman di cengkareng doang

Pas ke Indo, bulan juni pake korean airlines, gw di seoul ga perlu bayar airport tax pas ganti pesawat.

Kayanya yg gw mesti bayar airport tax lagi pas gw lagi liburan ke thailand deh, itu di kuala lumpur gara2 gw ganti pesawat. (udah lupa berapa tuh).

Senin, 23 Mei 2005. Room Z4.
Prof. Sebastian Engell memberikan briefing kepada peserta Summer School tentang sejarah daerah Ruhr, dan juga sejarah Universitaet Dortmund. Selanjutnya diteruskan dengan tour on campus dan foto bareng (Foto ini muncul di majalah universitas).  Pertama kali melihat kampus univ. dortmund, pikiran aku langsung membayangkan dengan kampus ITB. Disini bisa dibilang lebih besar dan lebih modern (ada H-Bahn – mirip2 monorail).  Satu hal lagi, disini banyak kelinci yang hanya nongol saat weekend(kok bisa ya?) Jawabannya kalo weekend mahasiswanya dikit, kampus sepi, jadi kelinci2 ini jadi berani keluar (sifat kelinci itu rada pemalu) :D.  kalo ITB banyak kucing liar dan belakangan ini udah ada gejala muncul anjing liar. 😦
Belum semua peserta summer school datang pada saat briefing itu. Peserta dari Indonesia sudah lengkap Diana (Binus), Feli (Univ. Indonesia), Anisa (Univ. Indonesia), dan Andreas (ITB). selain itu ada Alejandro (Kuba), Jelena (Serbia), Alexandra (Belanda), Tracy, Kirstin, Lauren, dan Ryan (USA). Participant dari Hongkong baru 3 yang datang (Renee, Angel, dan Winky). Masih 5 orang Hongkong lagi yang belum dateng (Phoebe, Andy, Kaho, Javier, Alan) dan 2 dari Turki (Berk dan Ceren)
Hari ini juga hari pertama dimulainya 2 minggu kelas intensif bahasa Jerman, lalu dilanjutkan 6 minggu kuliah, 2 minggu UAS dan 2 minggu compact course. Level bahasa Jerman gua? tentu saja Basic 1 alias yang paling rendah 🙂 orang baru belajar bahasa jerman di pesawat ke Dueseldorf. Umumnya semua masuk kelas Basic, kecuali Feli, Ryan, Lauren, Kirstin, Tracy, Jelena yang masuk ke intermediate (tambahan lagi nanti dari Javier)
Perbedaan utama Jerman sama indonesia? Disini air mineral yang dijual di supermarket itu pake soda, gelo, rasanya jadi aneh gitu. Air keran bisa diminum, rasanya kaya Aqua botol lagi. Udah gitu tiap student dapet semester ticket (valid untuk daerah VRR). Jadi naik ke kereta tinggal bawa ID (passport) dan semester ticket itu. Jadwal kereta bener2 teratur, jarang telat. Jangan dibandingin sama kereta di Indonesia deh, jauh banget bedanya. Selain itu, orang Jerman suka minum Beer, jadi kata Anisa, tiap weekend setengah populasi orang Jerman pada mabok 😀 kayanya dia terlalu melebih2kan.
Hal-hal yang aneh, di supermarket sini, contoh kasus ALDI, trolley mesti nyewa (1 euro) buat satu kali pemakaian, udah gitu kantong plastik mesti beli (sekitar 0.1 euro). Ada deposit buat botol (0.25 euro), jadi kita mesti bayar biaya deposit sama harga isi botol tersebut. Pertama2 mikir Jerman lebih mahal dibanding Indonesia, tapi beberapa item ternyata lebih murah atau sama, misalnya aja kentang goreng,  sama river cola (mirip2 coca cola)
Transportasi di Jerman dibagi jadi beberapa jenis U-bahn, S-bahn, Regional Bahn, Regional Express, Inter City, dan ICE (Inter City Express) temennya shinkansen Jepang. U-Bahn melayani dalam kota, misalnya aja di Bochum, U-bahn itu dari Herne schlossstrunkede sampai ke hustadt. I miss the announcement on train. S-bahn dari kota ke kota, tapi berhenti hampir di semua stasiun (semacam kereta lokal). RB dan RE agak sulit dibedakan, mereka hanya berhenti di stasiun2 gede2 aja, pokoknya yang ada Hbf (hauptbahnhof – central station). Biasanya tiap satu kota hanya punya 1 hauptbahnhof. Comparison, pake S-bahn dari Bochum Hbf – Dortmund Hbf makan waktu 30 menit sedangkan pake RE hanya butuh 10 menit, udah pindah ke lain kota :p
Ritual tiap pagi sama. Dari papagaienhaus harus keluar at least jam 7.45am buat ngejar kereta jam 7.51 dari Markstrasse (stasiun terdekat). Jam 7.59am sampai di Bochum Hbf, lalu ke Gleis Nr. 3 untuk ngambil S-Bahn ke univ. dortmund jam 8.04am. Sampai di univ dortmund jam 8.24am. Jalan ke kelas lalu sampai di kelas pas jam 8.30am. Every day :p
Banyak hal yang untuk pertama kalinya aku alami di jerman, seperti melihat lesbian ciuman di Duesseldorf (later di dalam kereta di Paris, ketemu 2 lesbian lagi ciuman dengan hot, dan mereka hanya 1 meter dari gua), ketemu first atheis (Sandro), selantai dengan orang yang kumpul kebo (Daniel dan pacarnya), selantai dengan orang Neo Nazi (the guy next door)

emirates makanannya lumayan, tapi yang lainnya
menyebalkan. Koper gede gua patah, gara2 keberatan
beban, nah handlenya gua balikin lagi, pas nyampe
jakarta handle koper gua udah hilang…. 😦 Tapi gile
juga sih, koper gede gua 32 kilo… bukunya sekitar 10
kilo. bikin berat aja. untung lolos.

udah itu di dubai gua sama hananto (temennya fajar)
bikin “masalah” setalah boarding pass kita disobek,
beberapa saat kemudian kita nyelonong keluar buat
nyari WC, dikejar sama orang emirates. Gara2 itu semua
orang diperiksain boarding passnya….. dasar emirates
resek…..