Spain


Beberapa hari yang lalu, pas lagi ke tempat temen di Spacebox buat belajar ngotak ngatik HP baru, mampir bentar ke kost-an yg lama.Christine, penghuni baru begitu ngeliat saya langsung balik ke kamarnya dan bilang “I have one letter for you”. Hehe dia sering saya repotin buat ngasih tau saya kalo ada surat yg masih masuk ke alamat yg lama (yg kebetulan sekarang ditempatin dia). Tapi surat kali ini berbeda, kop suratnya bertuliskan “Politie“. Abis ngeliet, langsung dalam hati mikir2 “D*mn salah saya apa, kenapa bisa dapet surat dari polisi?”
Pada saat itu langsung tahu bagaimana jadi orang yg nerima surat denga logo polisi, padahal surat-surat yg saya terima biasanya logo universitas, NS (perusahan kereta), insurance atau advertisement ga jelas y g nawarin barang. Udah gitu surat polisi ini bahasa Belanda lagi “Gw salah apa ya?”. Langsung diketik di google translation di kamarnya temen, translate dan ternyata inti surat itu cuma diminta ngisi kuisioner via internet. Asem…. bikin ketar ketir aja.
Kejadian itu mengingatkan saya pada beberapa kejadian dengan polisi yang pernah saya alami. Dulu di Essen, saya dan Andreas pernah dalam sehari kena dua kali pemeriksaan sama polisi, nanyain paspor. Pemeriksaan pertama dan kedua hanya berselang beberapa menit.
Di Jepang pernah beberapa kali berinteraksi sama polisi. Sekali di deket Chofu station. Waktu itu lagi ngeliatin foto wanted list alias buronan di Jepang yang di tiap fotonya dikasih hadiah uang kalau bisa ngasih informasi yg mengarah ke penangkapan tersangka. Iseng2 saya bilang ke Beer, “Hey, that one is look like you” sambil nunjuk satu foto dan ngeliat muka dia. Rupanya tingkah laku kita mencurigakan polisi di dalam kantor polisi yang out of sudden keluar dan “mengundang” kami berdua masuk. Berhubung waktu itu saya masih belum bisa bahasa Jepang, masih bulan2 awal di Jepang, Beer yang nge-jawab pertanyaan Pak Polisi. Keluar2 dari kantor polisi Beer tampangnya bete gitu dan bilang “Next time hati2 kalo nunjuk foto kriminal”. Duh, jadi ga enak :D….
Udah gitu di Aomori central station. Lagi winter holiday dan waktu itu saya mau mengunjungi teman saya di Hokkaido. Berhubung waktu transit lumayan lama, buat nunggu kereta malam “express Hamanasu” Aomori – Sapporo, daripada bengong di dalam, saya keluar stasiun buat foto2. Pake backpack gede, bawa tripod, malem2 berkeliaran di sekitar stasiun foto2 rupanya mencurigakan. Dua polisi suddenly menghampiri saya dan menanyakan identitas. Bahasa Jepang saya masih kacau dan dua polisi muda ini nggak bisa bahasa Inggris, kombinasi yg bagus buat bahasa tarzan.
Di-“interogasi” selama 15an menit di luar stasiun, mana cuacanya dingin banget lagi (winter). Sambil interogasi mereka ngisi-ngisi formulir bahasa Jepang dan ngomong2 diantara mereka. Saya tak sengaja menangkap kata “onnanohito” yang artinya wanita di percakapan mereka. Berhubung bete di-“interogasi” saya akhirnya minta foto bareng mereka dan rupanya itu efektif buat ngusir dua polisi kurang kerjaan ini. Mereka akhirnya balikin “alien card” saya dan nyari orang lain buat diinterogasi. Ketika saya cerita ke Suwandi, dia ketawa2 dan bilang “Nald, lu disangka pervert tuh, kayanya ada orang (wanita) yang lapor ngeliat orang mencurigakan berkeliaran di sekitar stasiun”. Sialan. Rupanya di Jepang banyak pervert berkeliaran pake kamera, dan apesnya saya disangka salah satu dari mereka. Padahal kamera saya kamera saku. Parah.
Tapi pengalaman paling seru dengan polisi ketika kelas “Japanese Human Relations” kami ada acara Tokyo Excursion yang ditutup dengan acara makan2 di salah satu restoran di Asakusa. Feeling saya ketika masuk lumayan jelek karena orang yang duduk di sebelah meja kita mabuk. Satu orang bahkan mengangkat kursi dengan satu tangan dan ngomong2 nggak jelas. Sepanjang makan malam, kami terganggu dengan meja sebelah kami yang dihuni oleh orang mabuk, yang sudah dikomplain berkali-kali oleh Profesor ke pihak restoran, tetapi tidak ditanggapi dengan serius. Sekali waktu si cewek mabuk udah telentang di atas meja makan dan salah satu cowok yang mabuk tangannya masuk ke dalam rok. Si cewek terang aja nggak mau. Akhirnya si cowok bete dan memperlihatkan barang dia ke si Cewek.
Kebetulan dua teman saya (cewek) pas lagi ngeliat ke arah situ dan teriak. Batas kesabaran Profesor sudah habis dan membentak mereka. Mereka menyerbu meja kami untuk memukul Profesor kami (yang baru saja membentak mereka) dan tampaknya bentrokan fisik sudah tidak bisa dihindarkan kalau pelayan toko tidak menahan laju kedua pria mabuk tersebut. Pokoknya udah ribut banget. Dia sempat menendang meja kami sehingga salah satu teman tanganya terjepit meja. Hugo di barisan terdepan, saya di belakang dia dan semua siap2 buat tawuran. Sempat ada insiden yg berkaitan dengan pisau. Situasi sempat panas, Hugo juga mesti ditenangkan sama kita2 (ternyata orang Meksiko panasan). Polisi Jepang rupanya lambat banget datangnya. Kita sampe udah bete nungguin mereka dateng. Udah gitu pas dateng mereka bener-bener nggak ada wibawa sama sekali. Si cewek mabuk bahkan bergelayut di dada salah satu polisi setengah baya sambil ngambil topi si polisi. Udah gitu polisi2 ini cenderung persuasif, nggak ada acara borgol2an. Beda kaya polisi di Indo yang kayanya kalo kejadian kaya gini udah main hantam aja. Kesan yang kami dapatkan. Polisi Jepang lembek2. Btw foto yang pertama kali dilihat itu foto pas kejadian ini.
Lain di Jepang, lain pula pengalaman di China. Di Xian ada polisi yang memeriksa paspor setiap orang yang mau masuk ke dalam Xian Central Station. Entah apa maksudnya. Beberapa hari kemudian saya menghabiskan waktu hampir sejam di kantor polisi Shanghai. Ketika itu saya baru sampai di Shanghai setelah perjalanan 16 jam naik kereta dari Xian. Masih teler. Sambil teler karena kecapekan inilah saya mencari tourist information Shanghai, yang susah banget ditemui. Lagi capek2 gitu, saya ditabrak sama orang, dan refleks saya langsung megang kantong. Sialan, HP nggak ada di kantong. Akhirnya nyarilah kantor polisi terdekat yg kebetulan sekali ada di stasiun. Pengen bikin surat kehilangan, biar diganti sama insurance di Jepang.
Di dalam kantor polisi, untung banget ada yg bisa bahasa Inggris, tapi disuruh nunggu dulu. Pas dipanggil, duduk, ngasih liat paspor, dkk, kenapa di paha kiri ada yg ngeganjel ya. Diraba2, ternyata “lho HP gw kok bisa disitu.” Rupanya gara2 kecapean, abis telepon, saya masukin HP bukan ke kantong jeans, tapi justru diantara jeans dan long john. Dan HP itu ketahan di atas paha karena ada tas paha (yg buat jalan2). Berhubung ngerasa udah ketemu dan polisi2 ini ga tau, saya berusaha “OK sir, I’ll let it go” dan membatalkan bikin surat kehilangan HP. Polisi Shanghai rupanya kelewat ramah, “Tinggal dikit lagi, diselesaikan saja”. Dan saya langsung pengen ngeloyor pergi. Tiba2 di pintu masuk kantor polisi, HP jatuh dari balik celana jeans. Di background “You don’t loose your phone”. Aduh, tengsin banget, ngelapor hilang HP padahal HP nyelip di antara jeans dan long john. Langsung jalan tanpa ngeliat ke belakang lagi. Benar2 kehilangan muka. Udah gitu pas chatting sama Juanda di MSN, dia ngakak lagi. Apes, pas balik ke Jepang bbrp teman tahu kejadian ini. Duh…..
Lalu di Busan, Korea Selatan, saya pernah disamperin polisi pantai sambil bilang “dame, dame” yang dalam bahasa Jepang artinya “tidak boleh, tidak boleh”. Waktu itu saya lagi foto-foto di Hyeundae Beach sambil bawa tripod dan kamera. Sialnya, di Korsel, orang Jepang disangka pervert semua dan saya disangka sebagai orang Jepang. Udah gitu polisi pantai ini ngomong pake bahasa Jepang dan saya tanpa sadar reply pake bahasa Jepang juga. Nggak bener, kan ga semua orang Jepang pervert, dan saya bukan orang Jepang.
Masih di korea juga. Di DMZ alias DeMiliterized Zone, daerah perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan. Tentara berfungsi jadi tukang “ngusir” orang keluar dari kereta. Dari Seoul kami hanya bisa naik kereta ke Imjingang, lalu dari situ semua turis mesti ke semacam pos buat dapet kartu identitas yang kalo ga salah dituker sama paspor. Di satu bus, cuman saya yang satu-satunya orang non-Korea, bengong ga ngerti apa2 pas ada orang yg ngomong di depan bus. Di daerah ini entah kenapa banyak bener tentara, mungkin gara2 Korsel dan Korut statusnya masih perang kali ya.
Sebulan setelah di Korea, saya dan teman2 JUSST berlibur ke Thailand. Dalam perjalanan dari Chiang Mai ke Pai (Thailand Utara), bus kecil kami sempat dihentikan polisi/tentara yang memeriksa identitas semua penumpang. Aun sempat bilang “Disini banyak orang Myanmar yang ilegal Nald, makanya banyak pemeriksaan”. Kejadian yang sama kami alami ketika pulang dari Pai ke Chiangmai, minibus kami berkali-kali dihentikan buat diperiksa. Ternyata ketika itu ada kudeta di Thailand (19 Sept 2006) dan militer berkuasa. Sepanjang perjalanan ke Chiangmai saya melihat beberapa tank berkeliaran. Udah gitu di Chiangmai station banyak banget tentara bersenapan di dalam stasiun. Hal yang sama kami liat beberapa hari kemudian di jalan-jalan di kota Bangkok, banyak tentara. Sementara di Indo nyokap udah panik karena saya di Thailand pas kudeta (katanya sempet turun 5 kilo).
Soal tentara di stasiun ini rupanya tidak hanya di Thailand. Di Paris, ketika diadakan Paris Air Show, banyak sekali tentara berkeliaran di stasiun-stasiun di Paris. Saya sampai nanya2 ke Arryn kenapa banyak banget tentara di stasiun. Dia jg nggak tau kenapa. “Biasanya nggak kaya gini Nald”. Udah gitu pas di La Defense, pas nemenin Arryn dan Mbak Wahyu belanja, kami melihat tentara bersenapan di dalem shopping mall. Gile, ada apa ya?
Baru-baru ini, saya berurusan dengan polisi lagi ketika ikutan Traveling Summer University di Spanyol. Polisi beneran dan polisi gadungan. Di Madrid, ada orang sedeng dari Guinea Equator yg nyangka saya ngambil foto dia (padahal saya ngambil foto stasiun Madrid Atocha). Orang item, gede dan resek. Teriak-teriak di jalan. Berhubung saya nyangka di kriminal, saya teriak “policia” berusaha biar kamera saya tidak jatuh ke tangan dia dan orang2 biar ga diem aja (orang2 malah diem). Berhubung ada mobil polisi terdekat, saya kesana bareng dia, lebih aman kan daripada ngasih kamera ke orang nggak jelas. Si hitam tak bisa bahasa inggris dan saya tak bisa spanish. Jadilah ribut2 pake bahasa ga jelas sepanjang jalan ke mobil polisi itu. “I’m gonna hit you” kata dia, asem… asem…. kapan liburan saya bisa damai. Singkat cerita sampailah ke mobil polisi dan saya dan dia menceritakan versi kami sama Pak Polisi. Saya bisa membuktikan di kamera bahwa saya tidak foto dia, melainkan foto stasiun, dan tu orang bilang maaf. “African people are strange people, just stay away from them” kata Pak Polisi. Bener banget, nyebelin banget tu orang.
Beberapa hari kemudian, saya dan Lukas, sesama peserta Summer University dihentikan sama polisi gadungan di Albarracin. Tiba2 aja ada “turis” tersesat yang nanya jalan. Tak lama kemudian ada “polisi” setengah baya meminta saya, Lukas dan “turis” itu menunjukkan identitas dan uang kami. Uang? masa ada polisi yg minta kita nunjukin uang. Untungnya waktu itu di dompet saya duitnya < 10 EUR, dan “polisi” gadungan ini tak tertarik. Yang bikin curiga, ada 1 orang lagi, kayanya komplotan dia yang ikut2an meriksa kita. Mereka berdua tak berseragam. Kayanya bareng “turis” itu mereka komplotan penjahat. Untung kita
 nggak diapa-apain, padahal itu jalan yg kecil dan sempit dan jauh dari jalan raya. Hoki deh. Lalu di Barcelona, Albert nge-joke ketika di salah satu shopping street terkenal di Barcelona, dia bilang “tempat ini adalah the second most touristic place in Barcelona, after the police office”. hehe emang bener tampaknya. Spanyol lumayan banyak petty crimes, alias copet2 ini. Saya bahkan pernah ngeliat dua copet wanita mudah beraksi di dalam metro Madrid. Tapi sebagai orang Indonesia, mungkin insting bahaya kita sudah terasah kali ya, bisa merasakah aura jelek dari copet :p.
Huhhhh, moga2 nggak berurusan sama polisi lagi di masa yang akan datang.
Advertisements

 

“God, lead our way”
Masih berupa sketch.

Mencari cara meng-efektifkan libur musim panas kali ini 😉

Part 1 – Scandinavia (JUSST small reunion)
Part 2 – Spain (AEGEE Summer University)
Part 3 – Central Europe (family visit)
Part 4 – TU Delft Introduction Week’s Coach

***
Part 1 – Scandinavia
estimated. 4 Jul – 18 Jul

Jul 2 (Thu) – Rotterdam (Depart 21.30) using Eurolines
Jul 3 (Fri) – Bremen (Arrive 05.30). Bremen all day. Stay in seniro.
Jul 4 (Sat) – Bremen all day. Evening go to Airport. Sleep in airport
Jul 5 (Sun) – Bremen – Tampere (06.30 – 09.30). Tampere-Oulu-Kuusamolink
Jul 6 (Mon) – Kuusamo – Partakko link
Jul 7 (Tue) – Partakko – Nasseby – Repvagstranda link
Jul 8 (Wed) – Repvagstranda – Nordkapp link
Jul 9 (Thu) – Nordkapp – Skjervoy (lakes in mountains) link
Jul 10 (Fri) – Skjervoy – Helligskogen (waterfall and lake) – Evenes link
Jul 11 (Sat) – Evenes – Bo – Moskenes (beach Vinstad) link
Jul 12 (Sun) – Moskenes (Ferry) – Bodo – Trofors (waterfall) link
Jul 13 (Mon) – Trofors – Baggastranda (waterfall) link
Jul 14 (Tue) – Baggastranda – Andalsnes – Styrin – Ramnejfellsfossen link
Jul 15 (Wed) – Stryn – Hjelle – Rjukandefossen (waterfall) link
Jul 16 (Thu) – Rjukandefossen – Oslo – between Oslo& Stockholm link
Jul 17 (Fri) – ???
Jul 18 (Sat) – Departure from Oslo Airport
Summary: Scandinavia Trip (Finland and Norway). From Tampere towards North Pole, go south towards Bergen. Road Trip with Dmitri and Vas. Sleeping bag. Tenda, mobil, etc akan diurus Dmitri.

Part 2 – Spanyol (AEGEE Summer University)link here
estimated. 18 Jul – 4 Aug

Jul 18 (Sat) – Fly to Madrid. Scandinavia Trip End. Norwegian Air (Oslo – Prague) then Wizz Air (Prague – Madrid). Status: Booked.

Jul 18 (Sat) – Madrid – Summer university dimulai.
Jul 19 (Sun) – Madrid
Jul 20 (Mon) – Madrid
Jul 21 (Tue) – Trip Madrid – Toledo – Madrid
Jul 22 (Wed) – Trip Madrid – Albarracin – Zaragoza
Jul 23 (Thu) – Zaragoza
Jul 24 (Fri) – Zaragoza
Jul 25 (Sat) – Zaragoza
Jul 26 (Sun) – Trip ZGZ – Loarre Castle – Jaca
Jul 27 (Mon) – Jaca
Jul 28 (Tue) – Jaca
Jul 29 (Wed) – Trip Jaca – Altafulla Beach – Tarragona
Jul 30 (Thu) – Tarragona
Jul 31 (Fri) – Barcelona
Aug 1 (Sat) – Barcelona
Aug 2 (Sun) – Barcelona
Aug 3 (Mon) – Barcelona – Good bye Party
Aug 4 (Tue) – Barcelona – Summer University berakhir, go to Andorra.

Part 3 – Andorra – Vienna – Bratislava – Czech
estimated. 4 Aug – 16 Aug

Aug 4 (Tue) – go to Andorra. Sleep in ???.
Aug 5 (Wed) – Andorra. Sleep in ???.
Aug 6 (Thu) – morning back to Barcelona
Aug 7 (Fri) – Flight Barcelona – Vienna (ClickAir). Status: Booked.
Aug 8 (Sat) – Bratislava (Stay in ???)
Aug 9 (Sun) – Vienna (Stay in ???)
Aug 10 (Mon) – Vienna (Stay in ???)
Aug 11 (Tue) – Vienna (Stay in ???)
Aug 12 (Wed) – Prague. Stay in Hannah/A:e
Aug 13 (Thu) – Prague. Stay in Hannah/Ale
Aug 14 (Fri) – Prague. Stay in Hannah/Ale
Aug 15 (Sat) – Prague. Stay in Hannah/Ale
Aug 16 (Sun) – WizzAir Prague – Eindhoven.

Part 4 – KBRI + Introduction Week Coach
estimated. 17 Aug – 29 Aug

Aug 17 (Mon) – Tujuhbelasan di KBRI Den Haag.
Aug 18 (Tue) – Sleep all day
Aug 19 (Wed) – Introduction Week Coach
Aug 20 (Thu) – Introduction Week Coach
Aug 21 (Fri) – Introduction Week Coach
Aug 22 (Sat) – Introduction Week Coach
Aug 23 (Sun) – Introduction Week Coach
Aug 24 (Mon) – Introduction Week Coach
Aug 25 (Tue) – Introduction Week Coach
Aug 26 (Wed) – Introduction Week Coach
Aug 27 (Thu) – Introduction Week Coach
Aug 28 (Fri) – Introduction Week Coach
Aug 29 (Sat) – Introduction Week Coach

*sigh* masih banyak yg harus dikerjakan. At least GBTP (Garis Besar Travel Plan) udah selesai. Semoga semua rencana berjalan lancar.

Budget Estimation

Kereta Delft – Rotterdam EUR 1.90
Ticket Rotterdam – Bremen EUR 14. Done
RyanAir Bremen – Tampere EUR 31.54. Done, beli 2 kali, yg pertama terpaksa di-void, ka
rena 1 day behind schedule (EUR 31.44 melayang
)
Scandinavia budget again ???? EUR
Norwegian Air Oslo – Prague EUR 59.40. Done
Wizz Air Prague – Madrid EUR 26.54. Done
Summer University in Spain EUR 240 + EUR 30 (Optional). Belum dibayar.
Click Air Barcelona – Vienna EUR 78.50. menyebalkan, beda 3 hari, harga udah naik 30 Euro =(
Wizz Air Prague – Eindhoven EUR 21.03
Kereta Eindhoven – Delft EUR 11.00

Car rent 360 EEK/day TOTAL 6480 EEK Fuel 512 liters ( 6400km, 8l/100km) * 22kr/l TOTAL 11264 EEK Ferry Tallinn – Helsinki car + 2 people ( Tallink Star) TOTAL 951 EEK Ferry Stockholm – Tallinn car + cabin ( 2 people) TOTAL 2649 EEK

To do list.

Couchsurf host2 di Finland and Norway + Barcelona, Bratislava and Vienna
Info ticket Oslo Central Station -> Oslo Airport
Info Ticket Madrid Airport – Madrid Central Station.
Info Tiket bus Barcelona – Andorra
Info Barcelona Day Card
Info Bratislava Day Card
Info Vienna Day Card
Ceko, terserah mau dibawa Hannah/Alexandra kemana.

Details

Part 1 – Scandinavia [dari Dmitri]

Finland
Utajärvi ( bridge crossing Oulujoki; national park )
Koli ( Southern Finland )
Kuusamo ( Mid Finland, said to be great place )
Kilpisjärvi ( North, crossing Norway border )

Norway
Nordkapp ( northern point )
Narvik
Lofoten ( Islands – MUST SEE )
surrounding of Stryn, Lake Loenvatnet
Jotunheimen and Rondane mountains
Nordfjord
Hardangervidda National Park -> Hardangerfjord -> Hardanger Jøkulen ( glacier ) -> Vøringfossen ( highest waterfall in Norway, 182m ) -> Måbødalen valley
Bergen is a wonderful city, full of life and culture. In this “must-visit” city, you will find Bryggen, listed by Unesco as a World Heritage site; exceptional old houses; a vibrant fish and flower market; cable cars offering stunning views; great museums; dynamic culture, and more
Lake Jolster, Loen and Stryn to Hellesylt, where you will take the ferry on the lovely Geiranger Fjord, which can easily be considered the most beautiful fjord in the world. Here you will find magnificent and impressive waterfalls, such as the Seven Sisters and Bridal Veil
Hesjadalsfossen, Vaksdal ( fossen – waterfall )
Hjelle ( SWIM TO ISLAND )
Beautiful lake in mountain region near Kipsijärvi
About 10km walk east from Straumen ( waterfall with lake )
Preikestolen, 4100 Forsand, Norway – MUST SEE
Steinsdalsfossen (also called Øvsthusfossen or Øfsthusfossen) is a waterfall 2 kilometers west of Norheimsund, Hardanger in western Norway
Rjukandefossen is a double waterfall of approximately 18 metres located in the vicinity of the village Tuv in the municipality of Hemsedal, Norway
Ramnefjellsfossen (also, known as Utigardsfossen or Utigordsfossen) is unofficially listed as the third-highest waterfall in the world
Langfossen is a waterfall located in the municipality of Etne in western Norway

Advise dari temen

Vienna – Bratislava – Prague

Hi Mar,Gw ada rencana awal-mid august ke tiga tempat tsb, nah, berhubung u udah pernah kesana, bisa kasih tips and tricks? gw alokasi 9 hari di bulan august buat ketiga tempat itu (7 Aug – 16 Aug – tentative), kira2 tiap kota perlu berapa hari buat dikunjungi ya?

Di buku u ada Cesky krumlov, sama ceske budejovice. Misalnya gw di ceko 5 hari, kira2 2 kota itu patut dikunjungi ga? (ga pernah denger soalnya hehe).


***

halo ROnald,
btw, kalo gak terlalu private, balesnya di wall aja ya, kalo di inbox suka keteteran 😛
wah, mantabb itu..
di wina kayaknya 2 hari juga cukup, praha (wajib!) 3 hari, bratislava 1 hari (kecil banget kotanya), plus Cesky Krumlov 1 hari juga cukup (plus recommended abis! tapi cesky budejovice gak, biasa aja kotanya :D), selebihnya mending ke salzburg aja mungkin?


***

gw liat saran u, wina+praha+bratislava+cesky krumlov = 2+3+1+1=7 hari. Gw alokasi waktu efektif itu 8 hari. (8 Aug – 15 Aug), soalnya tgl 7 sampe vienna malam dan cabut dari prague tgl 16 tengah hari, [ngejar 17 agustusan di KBRI Den Haag sih ;)]…. 1 hari sisa, mau dikemanain ya? apa ke Budapest aja? atau spend more time in czech, entah kota apa gitu? ada saran soal one day ticket, etc? *masih bikin financial planning hehehe*

Advise dari Ardhy

hmmm… apa ya..
untuk transport vienna-bratislava ada penawaran khusus tiket 1 hari.
klo ga salah harganya 13 euro (atau 17 euro ya..) lupa gw
yg jelas itu tiket pp berlaku 1 hari
dan gratis transport selama di bratislava (not in vienna lo ya hehehe).
btw, ngemeng2x soal bratislava
gw sempet parno abis lihat film hostel 1 dan hostel 2 (search di google)
hehehe.. :p cek aja sendiri ya..

di bratislava, yg mesti dilihat:
castle, menara ufo di jembatan sungai danube, dan city center
transport udah gratis, makanan relatif murah, tapi souvenir teteup mahal 🙂

klo di vienna, kayak paris deh, setiap sudut kota bagus
gw kemarin mengunjungi istana (summer dan winter palace)
city center, opera house, St. Stephen’s Cathedral, city center,
pokoknya banyak.

penghematan di vienna apa ya..ga ada deh kayaknya
standar, naik subway klo mau hemat tenaga dan waktu
makanan relatif mahal, mirip seperti di denmark


Website (dari Dmitri)







Things (Dmitri + Vas’ list)
thermos
tent (2?) dmit
matrases each
bbq dmit
saw
axe
shovel
sleeping bags each
laptop dmit
GPS navigator
red tape buy
baseball bat dmit
kettle
(car-electr. & usual) vas
Music vas
mini-fridge vas
toothpicks buy
tooth thread(х3) buy
this blue shit to rinse teeth buy
coal buy
flammable liquid buy
matches and lighters buy
superglue buy
ducktape buy
2 chairs dmit
list of roads
TP buy
thick gloves for bbq buy

It was a regular school day. I went to class, listening lecture, making notes and opening TU Delft blackboard. Unexpectedly I noticed news about “Summer Universities” in TU Delft blackboard. What is it? Interested, opening it, then I know more about Summer University. Excited, I browsed for more information about this program in the website. Amazing. I was a nice surprise in the morning for an international student like me. I have never heard of this kind of activity during my bachelor study in Indonesia. Then, I ended up in AEGEE Delft office; submit my application to become an AEGEE member.

Booklet TransIBERIAn Jamon Express yg dirancang Joni

Itulah awal mula saya terlibat yang namanya Traveling Summer University – Trans-IBERIAn Jamon Express 2009. Ketika itu saya sedang kuliah dan gara2 bosan membuka website Blackboard TU Delft (sarana komunikasi di TUD) dan di bagian News ada tentang Summer University. Sepanjang kuliah, saya malah sibuk melihat puluhan program yg ditawarkan di seluruh penjuru Eropa yang diadakan oleh AEGEE. Menariknya lagi, program ini durasinya sekitar 2 minggu dan biayanya sekitar 200 – 300 Euro, termasuk penginapan. Kalo jalan sendiri, mana dapet 2 minggu dengan biaya segini? Ketika saya ngobrol2 dengan organizer, ternyata tiap peserta menghabiskan 750an Euro, sisanya kita disubsidi sama universitas, pemerintah lokal dan fund-raising.

Program 1 of 4

Sekilas mengenai AEGEE, ini mirip-mirip sama AIESEC. Mengutip dari website AEGEEAEGEE is one of the biggest interdisciplinary student associations in Europe; it is represented by 15.000 students, active in 232 academic cities, in 43 countries all around Europe, which presents amazing culture variety. “ Kurang lebih mirip-mirip seperti Himpunan Mahasiswa kalau di Indonesia. Bedanya, mereka punya semacam kantor pusat dan tiap-tiap cabang (mereka sebut Antena) itu saling terhubung (jadi sering bikin acara bareng).

Program 2 of 4

Saya masih ingat hari itu hari Rabu di akhir bulan April. Deadline pendaftaran tanggal 30 April 2009, dan besok malamnya (kamis malam) saya harus meninggalkan Delft menuju Copenhagen, lagi spring break, liburan 11-an hari. Waktu itu bener-bener serba kilat. Sehabis kuliah saya langsung ke kantor AEGEE Delft, nanya prosedur pendaftaran dan langsung daftar jadi anggota. Daftar, dapet kartu anggota, dan eligible buat daftar summer university kali ini. Next task: pilih tiga diantara puluhan (kayanya sekitar 95) program yang ditawarkan.

Program 3 of 4

That’s not an easy job. Saya harus memilih sekian program yang hampir semuanya menarik. Pertama-tama pengen ikutan program-nya AEGEE Russia, Trans-Siberia Rail. Tapi setelah dipikir-pikir, ribet visanya, dan akan mengganggu jadwal summer holiday saya (Scandinavia Road Trip).

Program 4 of 4

Paling feasible dan waktunya paling cocok sama plan summer holiday saya adalah ikutanFinEst Fairy Tale, summer university yg diadakan sama AEGEE Turku dan AEGEE Talinn. Jadi begitu Scandinavian Road Trip bareng Dmitri beres, mereka dari Stockholm balik ke Estonia, dan saya lanjut langsung ke Turku naik Ferry. Jadilah itu pilihan pertama.

Pilihan kedua saya jatuh di Retro Monarchy – Rewrite History, yang diadakan AEGEE Wien (Austria) dan AEGEE Budapest (Hungaria). Berhubung saya suka sejarah, pengen tahu lebih lanjut tentang kerajaan Austro-Hungary yang di jaman dulu merupakan salah satu kekaisaran terbesar di Eropa, ini salah satu pilihan terbaik. Alasan lainnya, ini masih sejalan sama blue print summer holiday saya.

Pilihan ketiga adalah Trans-IBERIAn Jamon Express. Organizernya AEGEE Zaragoza dan AEGEE Barcelona. Awalnya ga jelas mau isi pilihan ketiga ini apa, karena sebenarnya saya berharap banget pilihan satu saya tembus. Daripada kosong, akhirnya diisi Trans-IBERIAn Jamon Express, sedikit banyak karena saya pernah dikasih Jamon sama Enny sebagai oleh-oleh ketika dia dan cowoknya ke Spanyol.

Setelah bikin pilihan, ternyata mesti bikin motivation letter pula. Semua serba mepet (typical me), Rabu siang baru daftar jadi anggota AEGEE Delft, rabu malam packing + bikin motivation letter, yang sebagian copy paste motivation letter dari motivation letter summer school di Jerman dulu + motivation letter pas daftar beasiswa. Hehe master saya lumayan banyak soal beginian. Pilihan pertama, motivation letternya masih
bagus, pilihan kedua motivation letternya masih oke. Pilihan ketiga, bisa dibilang asal jadi, udah ga konsen mau liburan spring break. It’s now or never, karena begitu saya meninggalkan Belanda, selama liburan akses internet bisa dibilang sangat terbatas, makanya semua serba kilat. Karena effectively saya hanya punya 1.5 hari untuk beresin semua hal buat summer university ini.

Universidad Politecnica de Catalunya, Barcelona

Sekian lama tidak mendengar kabar dari program ini, pertengahan Mei 2009 saya dapet email dengan subject “SU Pre-selection”. Terpilih buat pre-selection, tapi bukan di pilihan pertama, tapi pilihan ketiga, TransIBERIAn Jamon Express. Saya ingat ketika itu lagi duduk-duduk di TBM Cafe bareng Hoai dkk, entah kenapa saya dibilang hoki. Malamnya, di hari yang sama, saya dapat email dari Pablo, ketua organizernya bahwa saya diterima sebagai salah satu dari 25 participants. Di kemudian hari saya tahu dari Pablo bahwa ada sekitar 80 orang yang mendaftar program ini, dan motivation letter saya yang menurut saya berantakan (compared to pilihan pertama dan kedua) ternyata setelah dinilai dan dirangking di MS excel sama semacam evaluation committe, dapat nilai tertinggi. Ternyata karena yg lain bikinnya asal jadi hahaha….. Sutra lah….


Jamon-ers, peserta AEGEE Traveling Summer University

Secara garis besar, summer university ini di-arrange sama dua AEGEE antena, yaitu AEGEE Zaragoza dan AEGEE Barcelona. AEGEE Madrid hanya akan menbantu di awal2 ketika kami tinggal di Madrid. Jadi rute utamanya Madrid -> Zaragoza -> Barcelona. Itu kota-kota besarnya. Rute lengkap kami Madrid -> Toledo -> Albarracin -> Zaragoza -> Loarre -> Jaca -> Tarragona -> Sitges -> Reus -> Barcelona. Awalnya ketika membaca kota-kota yang akan disinggahi, pikiran bertanya-tanya, ini kota-kota apa ya? lha wong namanya aja baru denger. Madrid dan Barcelona semua orang pasti pernah dengar. Zaragoza mungkin sebagian penggemar bola tahu Real Zaragoza. Kota-kota lainnya, wallahualam ;p. Kota-kota itu akan dikunjungi selama program ini berlangsung, 18 hari dari 18 July 2009 s/d 4 Augustus 2009.

Real Madrid’s Santiago Barnebeu

Kalau sekilas melihat namanya, beberapa temen saya malah ngomong, “Nald, summer itu kan liburan, ngapain kuliah?” Sebenarnya boro-boro kuliah, nginjak kampus universitasnya aja pas hari-hari terakhir, di Barcelona. Tampaknya satu demi satu kata Traveling Summer University – TransIBERIAn Jamon Express mesti ditelaah.

Summer di Spanyol – 43 derajat Celcius

Traveling. Bisa dibilang inti dari program ini adalah traveling. Sekian kota dijabanin dalam 18 hari, mana sempet belajar. Summer. Program ini diadakan di musim panas Spanyol yang rada-rada sedeng. Temperatur maksimal yang pernah saya alami adalah 44 derajat Celcius dan setiap hari cuaca pasti diatas 30 derajat Celcius. University. Program ini di-back-up sama university. Universidad de Zaragoza dan Universidad Politecnical de Catalunya, Barcelona. Sama Universidad de Zaragoza kita disponsorin tas selempang, agenda tahunan, bolpen, pin, balon dan kondom. Kalau Universidad Politecnica de Catalunya sponsorin kami berupa ijin tinggal gratis di Gymnasium mereka. Lucunya kami sama sekali tidak pernah menginjakkan kaki di Universidad de Zaragoza. Haha kacau lah. Trans-IBERIAn Jamon Express. Rasanya ini buat catch attention orang-orang, karena Trans Siberia Railway sangat terkenal, dan ini mirip-mirip, cuman kurang huruf S-nya saja. Tapi sebenarnya marketing ini ga bisa disalahkan karena Spanyol itu terletak di semenanjung IBERIA, bedakan sama SIBERIA. Lalu soal kata Jamon, ini kurang lebih Ham-nya spanyol yang sangat terkenal, dan 100% haram menurut fatwa MUI. Express Pernah denger Orient Express dari London ke Istanbul kan? Nah Jamon Express ini dari Madrid ke Barcelona via Zaragoza.

Jamon

Pesertanya dari berbagai macam negara di Eropa, kebanyakan dari  Hungaria (5 orang), disusul Belanda (3 orang + saya yg dihitung dari Belanda jadi 4 orang), Slovakia (3 orang), Slovenia, Italy, Yunani, Austria (masing-masing 2 orang), Rusia, Turki, Ukraina, Ceko (masing-masing 1 orang). Different nationality ini emang disengaja sama AEGEE karena mereka ingin kita belajar hidup dengan kultur yang berbeda. Bagus juga niatnya.

Zaragoza – Pillar Church

Memperpendek cerita, tibalah saya di Madrid setelah 2 minggu scandinavian road trip bareng Dmitri. Karena keterima summer university inilah saya dan Dmitri+Vas pisah di menjelang akhir perjalanan. Trip rencana-nya akan selesa
i tgl 19 July 2009. Saya pisah sejak 16 July di Bergen dan mereka lanjut ke selatan. Ngeliat foto2 mereka di selatan Norway, jadi pengen. Tapi inilah yang namanya trade off. Dalam 24 jam itu benar-benar perjalanan saya yang paling panjang. Jumat malam berangkat dari Bergen naik kereta (7 jam) menuju Oslo. Dari Oslo naik Norwegian Air ke Praha, lalu lanjut naik WizzAir ke Madrid. Di Praha sempet ketemuan sama Tante Unggu and family yang lagi liburan ke Eropa sama Hannah + Alexandra, sepupu yang udah lama nggak ketemuan.


Madrid

Sampai di Madrid rupanya sudah malam. Saya satu pesawat bareng Lukas, Fanda dan Lisa. Dan di Madrid Airport ketemu sama Tatiana dan Dejan. Sempet bengong di Lago station karena nggak ada yg ngejemput kita. Ternyata kami bisa dibilang kelompok terakhir. Setelah kami masih ada 1 gadis Italia yg sampai menjelang tengah malam di Madrid. Hari pertama, udah langsung dibawa ke salah satu club di Madrid, pulang-pulang metro udah nggak ada lagi sampai kita pake taksi. Ternyata taksi di Madrid lumayan murah jg, ber-empat dari city center ke hostel cuman kena EUR 12, jadi seorangnya cuma kena 3 euro-an. Ga nyangka. Hari-hari berikutnya diwarnai pulang naik taksi karena udah ga ada subway buat ke hostel

Madrid

Acara kami seperti biasa dimulai di pagi hari, sekitar jam 10. Salah satu budaya Spanyol yang mirip-mirip sama Indonesia = ngaret. Dibilang berangkat jam 10, jam 10 baru baru dikit yang nongol, dan jam 10.30 baru berangkat. Ada teman yang pernah bilang, orang-orang di laut mediterania (Spanyol, Prancis Selatan, Italia dan Yunani), lebih cenderung menikmati hidup dan akibatnya hobby ngaret).

Lukas’ Angels

Di Spanyol pula-lah saya semakin mengerti bahwa orang Eropa suka bertelanjang dadameskipun kadarnya berbeda-beda tergantung gender dan lokasi. Biasanya cowok lebih suka telanjang dada dibanding cewek. Panas dikit langsung buka kaos, saya yang ngeliat mikir mereka ini agak mirip-mirip juga sama kuli di Jakarta, suka buka baju. Kalau ceweknya biasa-nya telanjang dada di daerah pantai, semakin dekat laut semakin banyak yang telanjang dada, di barcelona malah saya ngeliat dua pasang (iya dua cewek dan dua cowok) yang telanjang dada lagi main volley, silahkan dibayangkan ;p.

Hidup bersama orang-orang Eropa di 18 hari ini benar-benar mengajari saya beberapa hal. Perbedaan kultur yang sangat terasa adalah banyak dari mereka yang senang party. Party kalau bahasa Indonesia = pesta, di mereka lebih mirip ke arah dugem, jadi lebih ke arah night life. Jadilah tiap malam, night activity kita itu pub crawling, dari satu pub ke pub lainnya dan nyoba-nyoba minuman, beer, tequila, sangria, vodka, semua minuman beralkohol yang bisa anda sebut. Berhubung saya termasuk yang anti-alkohol, terutama beer karena rasanya yang tak sesuai di lidah, disini jadi beda sendiri. Minuman pertama masih boleh-lah alkohol, minuman kedua saya, pasti milih yang light saja. Kalau kebanyakan minum, efek sampingnya adalah mabuk. Banyak banget peserta yang mabuk tiap malam. Saya hanya senang mengamati kelakuan orang mabuk yang biasa-nya lucu-lucu.

Barcelona

Waktu tidur yang tidak teratur, terutama di malam hari membuat banyak peserta jatuh sakit di pertengahan program. Bagaimana tidak, baru berangkat dari dorm/asrama/hostel buat ke club sekitar jam 11PM (not AM), disana beberapa jam, saya termasuk yang ngantuk-nya paling cepet, jam 2 AM udah mulai nyari temen buat balik bareng, jadilah saya pengikut kloter pertama buat pulang. Beberapa ada yang kuat sampai jam 5 AM. Halah gile bener….. Kuat banget ya mereka, padahal acara pagi kan mulainya jam 10 pagi.

Lalu soal pasangan. Orang Eropa cenderung cepet pacaran. Baru kenal beberapa hari bisa jadian. Akhirnya summer university ini jadi tempat ajang cari jodoh. Sampai akhir program, tercipta 5 pasangan, 3 pasangan organizer – peserta, dan 2 pasangan murni peserta. Ketua organizernya, Pablo, malah sempet ngomong, Traveling Summer University pertama kali yg dia ikuti pasangan yg tercipta ada 20. Anehnya pesertanya cuman 25-an orang (kalo ngitung2 maksimal kan 12.5 pasangan). Ternyata sering ada gonta-ganti pasangan. A bisa dengan B bbrp hari ini, lalu di hari2 selanjutnya dengan C. Wajar lah.

Salah satu yg sempet bikin heboh, adanya sepasang peserta di malam-malam yang kepergok telanjang di Gymnasium Barcelona oleh salah satu organizer. Organizer ini, sebutlah namanya O, melihat dua tubuh cowok dan cewek tanpa busana di malam hari. Cerita selanjutnya simpang siur. Kondom yg dibagikan di welcome bag Univ. Zaragoza ternyata berguna jg buat mereka hahaha. Kesimpulan, ternyata bbrp orang Eropa itu cepet jadian, cepet ciuman dan cepet naik ranjang.

UPC Gymnasium, tempat kami ber-30 tidur selama 4 hari terakhir di Barcelona

Masih nyambung dikit, ternyata mereka kalo ganti pakaian cuek aja di depan orang. Masih pake daleman sih, tapi tetap aja kaget kalo ada cewek ganti baju di depan u. Udah gitu kadang-kadang be
rkeliaran apartemen dengan pake handuk aja, atau pake daleman aja dari kamar mandi ke ranjang dia. Emang sih jarang-jarang ada cewek buka celana di depan cowok di Asia. Tapi disini kayanya biasa aja tuh. Bahkan di pas mau “selusur gua” sempet ada yg ganti beha di sungai, ckckck…. cuek lah.

Villanua – sebelum cave exploring

Copet termasuk salah satu hal yang cukup terkenal di Madrid. Saya sempat melihat dua orang copet (wanita) beraksi di dalam metro Madrid. Dua-duanya cewek bule lagi. Pablo bahkan dalam seminggu sempat melihat dua kali copet beraksi. Di Barcelona sami mawon, pas kami berada di shopping street ternama disana, Albert berkata, “this is one of the most touristic place in Barcelona, the other one is police station”. Secara implisit mengatakan daerah ini banyak copet.

Selain copet, disini saya sempat “berurusan” dua kali sama polisi. Sekali di Madrid, ketika saya ribut sama orang Afrika yang marah-marah ke saya karena menyangka saya ngambil foto dia. Ge-er banget tuh orang, padahal saya saat itu mengambil foto Central Station Atocha. Ribut ribut, dan biar aman saya mencari polisi terdekat. “Orang Afrika emang aneh2” ujar polisi tersebut. Bukannya rasis, tapi saya tidak suka sama orang Afrika, terutama setelah tas saya hilang di Brussel dengan suspect utama orang negro. Interaksi kedua dengan polisi, ketika mobil polisi menghampiri saya di Jaca, ketika tengah malam nyari Adam karena kunci apartemen kami di dia. Ditanyain, nyasar ya? saya waktu itu bilang nggak. Dodol, mestinya bilang “iya” aja, siapa tahu dapet tumpangan gratis dan ga perlu jalan kaki ke apartemen.

Military Complex di sebelah kampus UPC Barcelona

Ada polisi, ada pula tentara. Pagi-pagi abis mandi saya muter2 di sebelah kampus Universidad Politecnica de Catalunya. Ada bangunan bagus, saya kira itu gereja. Cuek aja masuk, padahal di bagian jalan ada rantai. Ke parkiran mobilnya, foto-foto bentar, lalu keluar dari daerah itu. Tiba-tiba aja dari bangunan itu ada dua tentara keluar dan mengarah ke arah saya. Nggak sadar, saya cuek2 aja foto, sampai kedua tentara itu mengelilingi saya, dan meminta saya menghapus semua foto-foto yang ada hubugannya dengan bangunan tersebut. Damn. Bbrp hari kemudian, di bagian lain kompleks itu saya melihat sign “Do not enter, Military Zone”. Telat ngeliatnya hehehe. Foto boleh dihapus, tapi kan masih ada kesempatan bikin foto2 yg sama, spt gambar diatas 😉

Barcelona – Gaudi

Secara umum, banyak sekali kesan-kesan yang didapat selama summer university ini. Tambahan teman dari berbagai negara, pengalaman-pengalaman yang hanya ada di spanyol, ngeliat banyak orang mabuk dalam satu periode, mengunjungi tempat-tempat yang namanya sama sekali asing di telinga saya (ternyata bagus juga lho), salah masuk klub (kami pernah salah masuk ke klub lesbong), interaksi bareng copet, polisi dan tentara, kepanasan (jadi inget Jakarta), cultural shock. At the end, kita semua harus belajar menerima hal-hal yang baru, menerima perbedaan, dan membicarakannya 😉

AEGEE People……

*********************************************************************************************************

Dear Ronald 

The result of the preselection for your application for Summer Universityis: ZarBarTSU: Trans-IBERIAn Jamon Express

Let's hope that the local organisers will select you!

Kind Regards,

San DiepPresident of AEGEE-DelftSU Outgoing responsible

*****************************************

Subject: Trans-IBERIAN Jamon Express 2009 Final Selection!!!

Hi everybody, good news are coming!

If you are able to read this email that means…. you have been SELECTED!!!!

Now I need you to confirm your attendance as soon as possible

, if you can’t come to our TSU because exams, work, illness, wedding, martian attack, etc please tell me right now to let other participants to be selected. If you need a VISA invitation please tell me as well.

Once you confirm we will invite you to a mailing list to let you know each other and we will put our program and helpful info at our website www.aegee-zaragoza.org

From: R
To: N
Sent: Friday, July 31, 2009 0:12:48
Subject: Re: Hello Ronald!!

Hi ….

When I open email…. there is one from you… .haha what a nice surprise =)….. it is good to hear news from you ….. also it always good to back to home (mexico in your case hehe)…..

Currently I am in Spain, attending Summer University…. studying…. haha joking…. I attend Traveling Summer University, no study at all, just traveling :p….

I went to travel with Dmitri on 5th – 17th July in Finland and Norway, Road trip and camping…. after that I go to spain…..

I will finished my trip on 16 Aug 2009, 45 days in total… probably the longest trip I have ever made (last one was thailand trip, about 22 days), now I am on day 29 in Tarragona, tomorrow I will go to Barcelona……

my email <******@students.ee.itb.ac.id> is already inactive. anyway, do you have facebook? if yes, add me in ***** 😉

what a long email from me hehe…..

Have a nice day

R

From: R
To: D
Sent: Saturday, July 25, 2009 18:59:41
Subject: Re: ca va..?

Hi D,

gw masih di zaragoza nih, besok ke jaca ngeliat castle yg ada di film kingdom of heaven. Foto2 spain tunggu sampe gw sampe ke prague ya, limited internet access nih.

oleh2 apa nih? wah boleh deh hahaha…. gw menerima oleh2 apapun :p

R

***
From: D
To: R
Sent: Thursday, July 23, 2009 10:55:28
Subject: ca va..?

om!
apa kabar..? ca va..? gimana skandin trip elo? sukses berat yaa? gw suka poto2nyaaaaa.. beruntungnya elo! gimana juga summer school di barcelona? gw pengen ke sana lagiiii…
nald, gw balik minggu depan.. oleh2 yang udah pernah gw bilangin itu gw kirim setelah sampai perancis yaaaa… lewat si dwi tampan itu.. gw kirim k alamatnya dia. masih inget kok ada janji ma elo.. heheheee…

salam hangat dari jakarta,
D

ps: gw gak sempet ketemuan ma temen2 COPI.. kok males ya..? tar aja nunggu elo balik. A dah balik for good ke sini..

From: Pablo
Date: Sun, 12 Jul 2009 13:09:39 +0200
Subject: [SUtrans-iberian] Madrid Meeting point for incoming participants
To: SUtrans-iberian

Hi, as you can see I have attached the subway map of Madrid. In any of the four Airport Terminals you can find a station, so you have to take line number 9 (Pink) until it’s final stop at “Nuevos Ministerios”, there you have to change to line number 10 (Dark Blue, direction “Puerta del Sur”) until “LAGO” (Lake) stop. There, at “LAGO” stop we will meet you. One subway ticket from the airport to LAGO It’s 2 Euro.

Raquel, Alejandro and me will arrive to Madrid Friday morning around 10:00 to “Atocha” train Station, late in the evening Albert and Alex will join us. So as you take the subway at the airport please send us a SMS and we will be ready to go to LAGO Stop to wait you.

If there is any communication problem this is the hostel address:

“Richard Schirmann Youth Hostel, Casa de Campo s/n, 28011, Madrid” (“Casa the Campo” It’s a very big Park in Madrid, the hostel is 800 meters from LAGO stop)

Now finally I only want to remember you that AEGEE is a volunteering association, this summer university has been organized during the last 8 months by students like you, not professionals, we don’t earn any Euro. We are doing our best to have a wonderful SU but It’s impossible to do all perfect, living and moving together 30 persons from sometimes very different cultures is a great deal, so I have to appeal to your comprehension and your collaboration during all the summer to create a good “climate” between all the participants, and also to help us the organizers to develop the summer activities, meals, cleaning, etc, that will lead us to have a great summer experience.

One more thing I would like to share with you It’s the real cost of the summer, It’s true that out TSU is one of the most expensive ones this year, 240€, but the real cost for each participant is estimated around 750€, so you are saving 68% money thanks to a great fund-rising work, specially this year when with the excuse of the crisis, budgets and subventions had been cut down. Now, don’t worry, I stop writing!

Looking forward to meet you all !

## AEGEE – Zaragoza
## Travel Summer University Coordinator 09
## Internet & Tecnologies Responsible
## www.aegee-zaragoza.org

From: R
To: F
Sent: Tuesday, May 19, 2009 10:58:32
Subject: Yatta, Spain here I come

sebagai teman traveling gw yg baik, elu mendapat kehormatan pertama buat dapet kabar ini. Gw keterima ikutan summer university di Madrid 2 minggu. Yatta…. 18 July sampe 4 August.

Kurang lebih gw bakalan ikutan seperti di link ini 04.gif
http://www.karl.aegee.org/su.nsf/dba49d8d74141778c1256fac005c1023/57b40e1b2ce926d9c1257540007e04d7?OpenDocument

Nyari2 ticket stockholm madrid nih skrg…. soalnya gw planning scandinavia lagi tgl 6-20 July (jadi mesti di-pendekin jadi 18 July) bareng temen2 dr Jepang dulu. Start dari helsinki, ke north pole, abis itu turun ke selatan di norway, ends up in stockholm 🙂

Anyway, summer plan yg telah tersusun rapi jali buat eropa timur, kayanya dikalahkan oleh AEGEE ini :). Jangan comment di Facebook ya, baru dikit yg tahu hehehe ;p

R

***
From:
Date: Mon, 18 May 2009 23:03:07 +0200
Subject: Trans-IBERIAN Jamon Express 2009 Final Selection!!!
To:
Hi everybody, good news are coming!

If you are able to read this email that means…. you have been SELECTED!!!!

Now I need you to confirm your attendance as soon as possible, if you can’t come to our TSU because exams, work, illness, wedding, martian attack, etc please tell me right now to let other participants to be selected. If you need a VISA invitation please tell me as well.

Once you confirm we will invite you to a mailing list to let you know each other and we will put our program and helpful info at our website www.aegee-zaragoza.org

see you soon!

## AEGEE – Zaragoza
## Travel Summer University Coordinator 09
## Internet & Tecnologies Responsible
## Tf: +34-620-519-184 (orange)
## www.aegee-zaragoza.org
## itaegee