Norway


Summary:
Delft – Den Haag: Kereta NS
Den Haag – Copenhagen : Bus Eurolines
Copenhagen – Malmo – Helsingor – Helsingborg: Kereta Oresund Ticket
Helsingborg – Oslo: Bus SweExpress
Oslo – Bergen: Kereta NSB
Bergen – Oslo: Kereta NSB
Oslo – Stockholm: Bus SweExpress
Stocholm – Eindhoven: Pesawat RyanAir
Eindhoven – Delft: Kereta NS

Total Cost All In Delft – Den Haag 1.50 Den Haag – CPH 29.00 Hamburg 0.50 Scandinavia RAI 511.38 Ryanair 33.80 Eindhoven Kebab 3.20 Eindhoven Delft 11.00 Stipenkaart 6.81 Pulsa 3.78 Oslo Bergen PP 79.05 All in per orang EUR 680.02
Durasi: 13 Hari (23 April – 6 May)
Rute: Delft – Den Haag – Copenhagen – Malmo – Lund – Helsingor – Helsingborg – Oslo – Stockholm – Eindhoven – Delft
Note: Akomodasi 0 EUR (scandinavia emang mahal)

Pengeluaran Euro

Kamis 26 Feb 29.00 Eurolines Den Haag – Kopenhagen

Kamis 23 1.50 Tiket Delft – Den Haag one way April Jumat 24 0.50 Toilet Hamburg April

Rabu 6 3.20 Kebab Eindhoven Station May 11.00 Tiket Eindhoven – Delft one way 7.30 Stripenkaart Eindhoven Station

Pengeluaran Denmark Kronor (DKK)

Day Date Cash In Cash Out Details RAI Part RT Part Friday 24 1000 1000 DKK = 136.21 EUR Copenhagen 170 Clipkoort 3 Zone 85 85 April 130 Clipkoort 2 Zone 65 65 40 Locker (Number 26-08) 20 20 14 Postcard RAI 14 0 55 Braente Mandler (Kacang Manis) 28 28 20 Neng-neng Vivaldi 10 10 36 Dinner Ayam deket tempat Ardhy 18 18 Saturday 25 4 Toilet Nyhavn 2 2 Copenhagen 120 Canal Tour Copenhagen 60 60 April 158 Buffet Lunch 79 79 178 Souvenir RT 0 178 71 Souvenir RAI 71 0 570 Tivoli Entrance All Rides 285 285 40 Tivoli Aquarium 20 20 100 Dinner KFC Copenhagen 50 50 266 Bus Helsingborg – Oslo (DKK 133 per person) 133 133 386 Bus Oslo – Stockholm (SEK 267+SEK 284) 193 193 Sunday 26 2200 2200 DKK = 299.68 EUR Copenhagen April 40 Sosis deket City Hall 20 20 2 Pengamen 1 1 36 Dinner Doner Copenhagen (Ardhi’s advice) 18 18 27 18 Prangko RAI 18 0 April 318 Oresund Ticket 159 159 19 Roti 7-11 9.5 9.5 Tuesday 28 130 Hamlet Castle 65 65 Helsingor 3 Postcard RAI 3 0 April 9 Prangko RAI 9 0 60 Ice Cream 30 30 7 Sisa Coin Denmark 3 4 200 Tukar 200 DKK = 245.5 SEK 100 100 RAI DKK 1568 RT DKK 1632

DKK -> EUR 435.89 RAI Euro 213.59 RT Euro 222.30 Breakdown Transport Luar 970 Transport Inner 300 Admission 860 Food 504 Post Stuff 44 Souvenir 249 Locker etc 66 Sisa 207 Breakdown Percentage Transport etc 39.69% Admission etc 28.94% Food etc 15.75% Souvenir etc 9.16% Sisa 6.47%

Pengeluaran Norwegian Kronor (NKK)

Day Date Cash In Cash Out Details RAI Part RT Part Wednesday 29 3000 3000 NOK = 345.52 EUR Oslo 10 Toilet 5 5 April 40 Coin Locker Oslo Station 20 20 352 Oslo Pass 176 176 7 Postcard RAI 7 0 15 Buku Viking Museum RT 0 15 24 Prangko RAI 24 0 12 Postcard RAI 12 0 182 Dinner Burger King 91 91 28 Bekal Burger King sarapan 14 14 81 Belanja 40.5 40.5 Thursday 30 1870 Norway in a Nutshell 935 935 Bergen 70 Museum Art (student price) 35 35 April 30 McD deket rumah miring 15 15 15 Hotdog RAI 15 0 140 Kereta miring Floibanen 70 70 87.5 Belanja makanan 43.75 43.75 Friday 1 1000 1000 NOK = 115.67 Nutshell 154 Souvenir RT 0 154 May 80 Souvenir RAI 80 0 17 Postcard RAI 17 0 24 Prangko RAI 24 0 150 Belanja makanan buat dinner 75 75 Saturday 2 40.5 Belanja Makanan 20.25 20.25 May 50 Tram Ticket to Solerud 2 person 25 25 Sunday 3 130 One day transportation pass Oslo 65 65 May 120 Kebab deket stasiun Oslo 60 60 220 Dinner two person 110 110 1 Coin Norway 1 0 50 Sisa Notes Norway 25 25

RAI NOK 2005.5 RT NOK 1994.5 NOK -> EUR 461.19 RAI Euro 231.23 RT Euro 229.96 Breakdown Transport Luar 1870 Transport Inner 672 Admission 70 Food 954 Post Stuff 84 Souvenir 234 Locker etc 65 Sisa 51 Breakdown Percentage Transport etc 63.55% Admission etc 3.38% Food etc 23.85% Souvenir etc 7.95% Sisa 1.28%
Pengeluaran Swedia Kronor (SEK)

Day Date Cash In Cash Out Details RAI Part RT Part 27 1000 1000 SEK = ??? EUR Monday RT 48 Perangko RAI 48 0 Malmo-Lund April 20 Toilet Malmo Station 10 10 6 Postcard RAI 6 0 30 Coin Locker Malmo Station 15 15 30 Coin Locker Lund Station 15 15 5 Postcard RAI 5 0 33 Kopi bertiga 16.5 16.5 27 Naik bus berdua 13.5 13.5 50 Kebab Rekomendasi Rika 25 25 Tuesday 28 60 Kopi di temennya Christian 30 30 Helsingborg April 170 Ferry Helsingborg – Helsingor PP + Lunch 85 85 245.5 Tukar 200 DKK = 245.5 SEK FOREX 108 Belanja bareng Christian 54 54 Monday 4 180 Tiket Stripenkart Kereta buat berdua 90 90 200 One day ticket berdua 100 100 May 20 Postcard RAI 20 0 11 Mentos 5.5 5.5 2 Postcard RAI 2 0 12 Prangko RAI 12 0 119.5 Souvenir RT 0 119.5 45 Souvenir RAI 45 0 8 Postcard RAI 8 0 Tuesday 5 1000 1000 SEK = 94.41 EUR RAI 200 One day ticket berdua 100 100 May 198 Bus Stockholm – Skavsta Airport 99 99 100 Vasamuseet 50 50 Wednesday 6 240 Extra Luggage RT 0 240 3 Coin Swedia 2 1 May 4.5 Coin Collateral Exchange 1.5 3 315.5 Exchange SEK to EURO (???) di RT 157.75 157.75

SEK -> EUR 187.45 RAI Euro 83.70 RT Euro 103.75 Breakdown Transport Luar Kota 368 Transport Inner City 607 Admission 100 Food 262 Post Stuff 101 Souvenir 164.5 Locker etc 320 Sisa 323 Breakdown Percentage Transport etc 43.42% Admission etc 18.70% Food etc 11.67% Souvenir etc 11.82% Sisa 14.38%

Advertisements
Pertanyaan dari AD

mau tanya soal SIM belanda, just in case tau infonya.
di belanda bisa konversi sim indonesia ke sim belanda gak yah?
kalau bisa, prosedurnya gimana?
saya sekarang lagi di norway dan di sini bisa konversi sim indonesia ke sim norway asalkan di tahun pertama tinggal di norway.
biasanya disuruh ambil practice course 2 jam, terus ambil driving exam, total kira2 sekitar euro 500.
tetapi, di norway sekarang antrian untuk practice coursenya saja, terutama utk foreigner sedang dipersulit, belum lagi nanti antri driving exam.
saya antri dari januari, sampai sekarang belum ada driving school yg ngasih jadwal practice course.
kalau di belanda bisa konversi juga, dan gak dipersulit kayak di norway sekarang, saya mau coba di belanda.
Jawaban dari JS

mau tanya soal SIM belanda, just in case tau infonya.
di belanda bisa konversi sim indonesia ke sim belanda gak yah?
kalau bisa, prosedurnya gimana? Di belanda tidak ada konversi sim indonesia.. di belanda harus ambil kursus nyetir dan bisa lebih dari 2 jam (aku waktu itu lebih dari 10 jam.. per jam 30euro) lalu tes teori 120an euro lalu tes praktek 300an euro) kalau lulus baru dapat sim belanda… Di belgie bisa konversi sim dr indonesia.. tapi utk persyaratannya saya kurang tau.
Jawaban dari FH

Saya tidak tahu begitu banyak tentang konversi ini, namun sabtu kemarin sempet ngobrol-ngobrol sama orang indonesia yang sudah lama disini. Kata beliau, dulu (tidak tahu sejak kapan) memang belanda bisa melakukan konversi ini dari sim indonesia ke sim belanda, namun sejak ada homogenisasi peraturan di eropa (EU), belanda mengubah sistemnya menjadi seperti sekarang.
Ada cara lain yaitu, membuat sim internasional di indonesia dan dapat digunakan di belanda selama 6 bulan maksimum. Lebih dari itu sim internasional harus diperbaharui lagi (berarti balik lagi ke indo :p). Segitu aja, mungkin info ini blm terlalu jelas keakuratannya, tapi semoga bisa membantu
Jawaban dari IH

Indonesia tidak termasuk salah satu negara yang mendapatkan fasilitas untuk menukar SIM. Ada perkecualian untuk hal ini, yaitu untuk orang-orang yang direkrut langsung dari Indonesia untuk bekerja di Belanda (dengan pengalaman kerja sekian tahun). Prosedur memperoleh SIM Belanda yang normal akan sangat mahal dan lama, dan tidak ada jaminan pasti berhasil.
Jawaban dari B

Jawabannya gak bisa. SIM Indonesia gak dianggap di Belanda, harus ikut ujian teori dan ujian praktek. sebenernya kalau pede sih gak perlu kursus lama2 buat ujian prakteknya. Yang jelas harus lulus teori dulu baru praktek. Di belanda gak ada waiting list buat kursus setir setau saya, tinggal telepon aja sekolahnya satu persatu.
Jawaban dari DB

sekedar melengkapi,
Untuk mutasi SIM indo ke SIM Eropa, kalo ga salah bisa dilakukan di Belgia (lupa persyaratannya, coba googling aja)
SIM Indo sudah tidak bisa dimutasi ke Belanda, kecuali jika orang itu bekerja di perusahaan international (terutama oil company)
bener kata fadly, SIM international hanya bisa dipakai 6 bulan setelah tiba di belanda, setelah itu ya bisa dipakai untuk negara di luar belanda
N then, kalo mau ikut tes sim butuh sekitar 350 eur untuk tes praktek dan 175 eur untuk tes tulis, ini biasanya dilakukan dalam bahasa Belanda, jika mau mau tes bahasa Inggris, harus dilakukan di DH atau Amsterdam, biasanya tes diadakan 2-3 bulan sekali
selengkapnya bisa dilihat di link ini

 

“God, lead our way”
Masih berupa sketch.

Mencari cara meng-efektifkan libur musim panas kali ini ūüėČ

Part 1 – Scandinavia (JUSST small reunion)
Part 2 – Spain (AEGEE Summer University)
Part 3 – Central Europe (family visit)
Part 4 – TU Delft Introduction Week’s Coach

***
Part 1 – Scandinavia
estimated. 4 Jul – 18 Jul

Jul 2 (Thu) – Rotterdam (Depart 21.30) using Eurolines
Jul 3 (Fri) – Bremen (Arrive 05.30). Bremen all day. Stay in seniro.
Jul 4 (Sat) – Bremen all day. Evening go to Airport. Sleep in airport
Jul 5 (Sun) – Bremen – Tampere (06.30 – 09.30). Tampere-Oulu-Kuusamolink
Jul 6 (Mon) РKuusamo РPartakko link
Jul 7 (Tue) РPartakko РNasseby РRepvagstranda link
Jul 8 (Wed) –¬†Repvagstranda – Nordkapp¬†link
Jul 9 (Thu) –¬†Nordkapp – Skjervoy (lakes in mountains)¬†link
Jul 10 (Fri) РSkjervoy РHelligskogen (waterfall and lake) РEvenes link
Jul 11 (Sat) РEvenes РBo РMoskenes (beach Vinstad) link
Jul 12 (Sun) РMoskenes (Ferry) РBodo РTrofors (waterfall) link
Jul 13 (Mon) РTrofors РBaggastranda (waterfall) link
Jul 14 (Tue) РBaggastranda РAndalsnes РStyrin РRamnejfellsfossen link
Jul 15 (Wed) РStryn РHjelle РRjukandefossen (waterfall) link
Jul 16 (Thu) РRjukandefossen РOslo Рbetween Oslo& Stockholm link
Jul 17 (Fri) – ???
Jul 18 (Sat) – Departure from Oslo Airport
Summary: Scandinavia Trip (Finland and Norway). From Tampere towards North Pole, go south towards Bergen. Road Trip with Dmitri and Vas. Sleeping bag. Tenda, mobil, etc akan diurus Dmitri.

Part 2 – Spanyol (AEGEE Summer University)link here
estimated. 18 Jul – 4 Aug

Jul 18 (Sat) – Fly to Madrid. Scandinavia Trip End. Norwegian Air (Oslo – Prague) then Wizz Air (Prague – Madrid). Status: Booked.

Jul 18 (Sat) – Madrid – Summer university dimulai.
Jul 19 (Sun) – Madrid
Jul 20 (Mon) – Madrid
Jul 21 (Tue) – Trip Madrid – Toledo – Madrid
Jul 22 (Wed) – Trip Madrid – Albarracin – Zaragoza
Jul 23 (Thu) – Zaragoza
Jul 24 (Fri) – Zaragoza
Jul 25 (Sat) – Zaragoza
Jul 26 (Sun) – Trip ZGZ – Loarre Castle – Jaca
Jul 27 (Mon) – Jaca
Jul 28 (Tue) – Jaca
Jul 29 (Wed) – Trip Jaca – Altafulla Beach – Tarragona
Jul 30 (Thu) – Tarragona
Jul 31 (Fri) – Barcelona
Aug 1 (Sat) – Barcelona
Aug 2 (Sun) – Barcelona
Aug 3 (Mon) – Barcelona – Good bye Party
Aug 4 (Tue) – Barcelona – Summer University berakhir, go to Andorra.

Part 3 – Andorra – Vienna – Bratislava – Czech
estimated. 4 Aug – 16 Aug

Aug 4 (Tue) – go to Andorra. Sleep in ???.
Aug 5 (Wed) – Andorra. Sleep in ???.
Aug 6 (Thu) – morning back to Barcelona
Aug 7 (Fri) – Flight Barcelona – Vienna (ClickAir). Status: Booked.
Aug 8 (Sat) – Bratislava (Stay in ???)
Aug 9 (Sun) – Vienna (Stay in ???)
Aug 10 (Mon) – Vienna (Stay in ???)
Aug 11 (Tue) – Vienna (Stay in ???)
Aug 12 (Wed) – Prague. Stay in Hannah/A:e
Aug 13 (Thu) – Prague. Stay in Hannah/Ale
Aug 14 (Fri) – Prague. Stay in Hannah/Ale
Aug 15 (Sat) – Prague. Stay in Hannah/Ale
Aug 16 (Sun) – WizzAir Prague – Eindhoven.

Part 4 – KBRI + Introduction Week Coach
estimated. 17 Aug – 29 Aug

Aug 17 (Mon) – Tujuhbelasan di KBRI Den Haag.
Aug 18 (Tue) – Sleep all day
Aug 19 (Wed) – Introduction Week Coach
Aug 20 (Thu) – Introduction Week Coach
Aug 21 (Fri) – Introduction Week Coach
Aug 22 (Sat) – Introduction Week Coach
Aug 23 (Sun) – Introduction Week Coach
Aug 24 (Mon) – Introduction Week Coach
Aug 25 (Tue) – Introduction Week Coach
Aug 26 (Wed) – Introduction Week Coach
Aug 27 (Thu) – Introduction Week Coach
Aug 28 (Fri) – Introduction Week Coach
Aug 29 (Sat) – Introduction Week Coach

*sigh* masih banyak yg harus dikerjakan. At least GBTP (Garis Besar Travel Plan) udah selesai. Semoga semua rencana berjalan lancar.

Budget Estimation

Kereta Delft – Rotterdam EUR 1.90
Ticket Rotterdam – Bremen EUR 14. Done
RyanAir Bremen – Tampere EUR 31.54. Done, beli 2 kali, yg pertama terpaksa di-void, ka
rena 1 day behind schedule (EUR 31.44 melayang
)
Scandinavia budget again ???? EUR
Norwegian Air Oslo – Prague EUR 59.40. Done
Wizz Air Prague – Madrid EUR 26.54. Done
Summer University in Spain EUR 240 + EUR 30 (Optional). Belum dibayar.
Click Air Barcelona – Vienna EUR 78.50. menyebalkan, beda 3 hari, harga udah naik 30 Euro =(
Wizz Air Prague – Eindhoven EUR 21.03
Kereta Eindhoven – Delft EUR 11.00

Car rent 360 EEK/day TOTAL 6480 EEK Fuel 512 liters ( 6400km, 8l/100km) * 22kr/l TOTAL 11264 EEK Ferry Tallinn – Helsinki car + 2 people ( Tallink Star) TOTAL 951 EEK Ferry Stockholm – Tallinn car + cabin ( 2 people) TOTAL 2649 EEK

To do list.

Couchsurf host2 di Finland and Norway + Barcelona, Bratislava and Vienna
Info ticket Oslo Central Station -> Oslo Airport
Info Ticket Madrid Airport РMadrid Central Station.
Info Tiket bus Barcelona – Andorra
Info Barcelona Day Card
Info Bratislava Day Card
Info Vienna Day Card
Ceko, terserah mau dibawa Hannah/Alexandra kemana.

Details

Part 1 РScandinavia [dari Dmitri]

Finland
Utajärvi ( bridge crossing Oulujoki; national park )
Koli ( Southern Finland )
Kuusamo ( Mid Finland, said to be great place )
Kilpisjärvi ( North, crossing Norway border )

Norway
Nordkapp ( northern point )
Narvik
Lofoten ( Islands – MUST SEE )
surrounding of Stryn, Lake Loenvatnet
Jotunheimen and Rondane mountains
Nordfjord
Hardangervidda National Park -> Hardangerfjord -> Hardanger J√łkulen ( glacier ) -> V√łringfossen ( highest waterfall in Norway, 182m ) -> M√•b√łdalen valley
Bergen is a wonderful city, full of life and culture. In this ‚Äúmust-visit‚ÄĚ city, you will find Bryggen, listed by Unesco as a World Heritage site; exceptional old houses; a vibrant fish and flower market; cable cars offering stunning views; great museums; dynamic culture, and more
Lake Jolster, Loen and Stryn to Hellesylt, where you will take the ferry on the lovely Geiranger Fjord, which can easily be considered the most beautiful fjord in the world. Here you will find magnificent and impressive waterfalls, such as the Seven Sisters and Bridal Veil
Hesjadalsfossen, Vaksdal ( fossen – waterfall )
Hjelle ( SWIM TO ISLAND )
Beautiful lake in mountain region near Kipsijärvi
About 10km walk east from Straumen ( waterfall with lake )
Preikestolen, 4100 Forsand, Norway – MUST SEE
Steinsdalsfossen (also called √ėvsthusfossen or √ėfsthusfossen) is a waterfall 2 kilometers west of Norheimsund, Hardanger in western Norway
Rjukandefossen is a double waterfall of approximately 18 metres located in the vicinity of the village Tuv in the municipality of Hemsedal, Norway
Ramnefjellsfossen (also, known as Utigardsfossen or Utigordsfossen) is unofficially listed as the third-highest waterfall in the world
Langfossen is a waterfall located in the municipality of Etne in western Norway

Advise dari temen

Vienna – Bratislava – Prague

Hi Mar,Gw ada rencana awal-mid august ke tiga tempat tsb, nah, berhubung u udah pernah kesana, bisa kasih tips and tricks? gw alokasi 9 hari di bulan august buat ketiga tempat itu (7 Aug – 16 Aug – tentative), kira2 tiap kota perlu berapa hari buat dikunjungi ya?

Di buku u ada Cesky krumlov, sama ceske budejovice. Misalnya gw di ceko 5 hari, kira2 2 kota itu patut dikunjungi ga? (ga pernah denger soalnya hehe).


***

halo ROnald,
btw, kalo gak terlalu private, balesnya di wall aja ya, kalo di inbox suka keteteran ūüėõ
wah, mantabb itu..
di wina kayaknya 2 hari juga cukup, praha (wajib!) 3 hari, bratislava 1 hari (kecil banget kotanya), plus Cesky Krumlov 1 hari juga cukup (plus recommended abis! tapi cesky budejovice gak, biasa aja kotanya :D), selebihnya mending ke salzburg aja mungkin?


***

gw liat saran u, wina+praha+bratislava+cesky krumlov = 2+3+1+1=7 hari. Gw alokasi waktu efektif itu 8 hari. (8 Aug – 15 Aug), soalnya tgl 7 sampe vienna malam dan cabut dari prague tgl 16 tengah hari, [ngejar 17 agustusan di KBRI Den Haag sih ;)]…. 1 hari sisa, mau dikemanain ya? apa ke Budapest aja? atau spend more time in czech, entah kota apa gitu? ada saran soal one day ticket, etc? *masih bikin financial planning hehehe*

Advise dari Ardhy

hmmm… apa ya..
untuk transport vienna-bratislava ada penawaran khusus tiket 1 hari.
klo ga salah harganya 13 euro (atau 17 euro ya..) lupa gw
yg jelas itu tiket pp berlaku 1 hari
dan gratis transport selama di bratislava (not in vienna lo ya hehehe).
btw, ngemeng2x soal bratislava
gw sempet parno abis lihat film hostel 1 dan hostel 2 (search di google)
hehehe.. :p cek aja sendiri ya..

di bratislava, yg mesti dilihat:
castle, menara ufo di jembatan sungai danube, dan city center
transport udah gratis, makanan relatif murah, tapi souvenir teteup mahal ūüôā

klo di vienna, kayak paris deh, setiap sudut kota bagus
gw kemarin mengunjungi istana (summer dan winter palace)
city center, opera house, St. Stephen’s Cathedral, city center,
pokoknya banyak.

penghematan di vienna apa ya..ga ada deh kayaknya
standar, naik subway klo mau hemat tenaga dan waktu
makanan relatif mahal, mirip seperti di denmark


Website (dari Dmitri)







Things (Dmitri + Vas’ list)
thermos
tent (2?) dmit
matrases each
bbq dmit
saw
axe
shovel
sleeping bags each
laptop dmit
GPS navigator
red tape buy
baseball bat dmit
kettle
(car-electr. & usual) vas
Music vas
mini-fridge vas
toothpicks buy
tooth thread(—Ö3) buy
this blue shit to rinse teeth buy
coal buy
flammable liquid buy
matches and lighters buy
superglue buy
ducktape buy
2 chairs dmit
list of roads
TP buy
thick gloves for bbq buy

From: R
To: D
Sent: Saturday, July 25, 2009 18:59:41
Subject: Re: ca va..?

Hi D,

gw masih di zaragoza nih, besok ke jaca ngeliat castle yg ada di film kingdom of heaven. Foto2 spain tunggu sampe gw sampe ke prague ya, limited internet access nih.

oleh2 apa nih? wah boleh deh hahaha…. gw menerima oleh2 apapun :p

R

***
From: D
To: R
Sent: Thursday, July 23, 2009 10:55:28
Subject: ca va..?

om!
apa kabar..? ca va..? gimana skandin trip elo? sukses berat yaa? gw suka poto2nyaaaaa.. beruntungnya elo! gimana juga summer school di barcelona? gw pengen ke sana lagiiii…
nald, gw balik minggu depan.. oleh2 yang udah pernah gw bilangin itu gw kirim setelah sampai perancis yaaaa… lewat si dwi tampan itu.. gw kirim k alamatnya dia. masih inget kok ada janji ma elo.. heheheee…

salam hangat dari jakarta,
D

ps: gw gak sempet ketemuan ma temen2 COPI.. kok males ya..? tar aja nunggu elo balik. A dah balik for good ke sini..

Jika ada satu kata yg bisa melukiskan Scandinavia Road Trip, kata itu adalahpicturesque. Sebenarnya trip kali ini di rencana awalakan melewati 4 negara, bermula di Estonia (karena dua travelmate saya orang Estonia), naik ferry ke Finland, lalu jalan darat ke arah Nordkapp (titik paling utara Eropa di Norway), kemudian turun ke selatan via Trondheim, Bergen lalu ke selatan lagi dan balik melalui Oslo dan Stockholm. Durasi awal tgl 4 Juli 2009 s/d 19 Juli 2009, kurang lebih dua minggu. Tapi masih adanya satu dan lain hal yang harus diurus di Delft, saya join tanggal 5 July 2009 di Tampere, Finland, jadi melewatkan bagian Estonia (yg menurut Dmitri nggak ada yg bisa dilihat) dan keluar trip lebih awal, tgl 16 July 2009, di Bergen karena mesti ngejar pesawat buat ikutan summer university di Spanyol.

Perencanaan trip ini sebenarnya dimulai sejak saya dan Dmitri (teman exchange program di Jepang) chatting mengenai rencana summer holiday 2009 di MSN Massanger di akhir tahun 2008. Ketika itu saya sudah merencanakan summer holiday ini sekitar 1-2 bulan dan akan dimulai dari Finlandia dan turun ke negara2 baltik, mampir ke Talinn, Estonia (tempat Dmitri), lalu lanjut ke poland dan negara2 central europe, but plan can change.


Original Plan dari Dmitri ketika chatting di MSN

Awalnya ketika Dmitri ngomongin soal Scandinavia Trip di summer bareng temen dia (Vas), saya kurang tertarik, lha wong scandinavia udah dialokasikan buat dijelajahi di Spring Break, akhir April – awal Mei 2009, ketika TU Delft lagi libur 10 hari. Dari kurang tertarik menjadi sangat tertarik ketika Dmitri membagi plan trip dia yg agak beda buat orang Indonesia. It will be a road trip. Rencana awal adalah sewa mobil dari Talinn, lalu dari situ on the way ke Nordkapp baru turun ke selatan sebelum balik ke Talinn. Where to stay? tents. Mandi dkk? “There’s a lot of lakes and waterfall there”. Lumayan menantang buat saya yang seumur2 tidak pernah bergabung menjadi mahasiswa pecinta alam. Budget awal katanya 600 Euro buat 2 minggu. Not bad untuk scandinavian countries (meskipun di tengah2 planning budget ini membengkak jadi 1000an Euro dan pas dilaksanakan habis sekitar 600/700 Euro).


Berhubung sudah pasti summer holiday akan dimulai di Finland, either I’ll join their trip or not, mulailah masa2 berburu tiket. Sialnya dari Eindhoven (bandara di Belanda yang ada RyanAir) tidak ada rute ke Finland, browsing2, akhirnya ketemu bahwa di Bremen ada flight ke Tampere (170an KM utara Helsinki). Akhirnya dibookinglah buat Senin, 6 July 2009, early morning flight. Lumayan murah, sekitar 30-an Euro. Then, mikir2 ke Bremen-nya gimana ya? jawabannya terletak di Eurolines, bus dari Rotterdam ke Bremen one way 14 EUR. Good offer.

Setelah chatting, bisa dibilang bbrp bulan berikutnya tidak ada aktivitas yg berarti. Ketika itu saya berencana join sampai akhir trip, tapi ketika mereka naik ferry Stockholm – Talinn, saya pisah buat naik ferry Stockholm – Turku then Helsinki baru ke Talinn, nginep di tempat mereka dan melanjutkan rencana semua, negara2 baltik dan central europe. Rencana ini akhirnya berubah karena saya keterima ikutan Traveling Summer University di Spanyol (akan dibahas di posting yg lain).

Rencana mulai intens dibicarakan di akhir Mei, kita share plan kita viaGoogledocs, dan sialnya asumsi awal saya mereka tgl 6 July di sekitar tampere, ternyata salah. Ada 2 pilihan, dari Tampere naik kereta ke Oulu, 400 KM di sebelah utara Tampere, dan ketemu mereka di Oulu, atau mengubah flight ke tgl 5 July, dan mereka akan meng-adjust rencana mereka. Ternyata merubah jadwal penerbangan RyanAir itu justru lebih mahal dibanding beli tiket baru, dan anggap tiket yg lama itu buang sial. Terpaksa saya mesti beli tiket lagi,buat tgl 5 July 2009.


Untuk mempersingkat cerita, tibalah saya di Tampere tgl 5 July 2009 pagi via Bremen dan di Airport udah dijemput Dmitri dan Vas. Ketika tinggal diBremen nginep di Mas Condro, alumni EL98 ITB. Di Tampere tepar, soalnya di Bremen Airport ga tidur sama sekali gara2 ga pengen ketinggalan pesawat. OK, kalau mau cheap flight ada dua pilihan, kalo fligh-nya nggak kepagian, ya kemalaman. Ada harga ada kualitas hehehe. Sampai2 langsung ngubah jam karena ada 1 hour difference antara Finland dan Belanda


Perjalanan hari pertama buat saya di Scandinavia (dan hari kedua buat mereka) diwarnai dengan tidur seharian di mobil (karena nggak tidur di Bremen Airport). Dari Tampere Airport, kita nge-set destination sebuah kota bernama Kuusamo untuk bermalam. 800 KM perjalanan darat, mungkin di Indonesia lebih dikit dari jarak Jakarta – Surabaya (700 KM). Dmitri dan Vas yg gantian nyetir, karena SIM saya tidak berlaku di Eropa.

Berhubung ini road trip, pastilah mobil dibutuhkan. Rencana awal mau nyewa mobil dari Estonia. Tapi sebelum berangkat kami dapat kabar gembira, adeknya Dmitri mau pinjemin Honda CRV dia buat trip kali ini. Jadi komponen nyewa mobil di cost kita bisa dicoret, diganti jadi maintenance mobil yg jauh lebih murah. Jadi bisa dibilang cost kita buat trip kali ini hanya makanan + bensin + biaya toll/tunner + biaya ferry. Akomodasi bisa dicoret (untunglah, karena komponen ini yg paling gede), karena kita nginep di tenda.

Polar day pertama di Norway, dekat perbatasan Finland

The fourth traveler. Sebelum perjalanan ini dimulai, kami bertiga sibuk mencari orang ke-4 untuk perjalanan kali ini. Biar sharing cost-nya lebih murah kalau lebih banyak orang. Dmitri maunya cewek, jadi target pertama adalah Jullietta dan Poli, dua teman cewek yg juga pernah ikutan exchange program bareng kita di Jepang. Jullietta (Korean РAustralian) nggak bisa, alasannya bokek dan agak ribet jg kalo ngurus flight dari Seoul ke Finland. Poli lagi kerja di  daerah pegunungan di Prancis dan tidak bisa ikut juga. Akhirnya saya ngajak bbrp teman dari Belanda, zero result, masing2 udah punya rencana musim panasnya masing2. Di perjalanan dari Tampere РKuusamo inilah saya diperkenalkan sama the fourth traveler, Carl. Carl ini adalah frozen-shit-nya Dmitri yg dibuat musim dingin lalu di balkon hotel di Praha. Sinting. Sepanjang perjalanan Carl nangkring dengan tenang di bawah dashboard dan udah ga bau lagi. Awalnya saya kira Dmitri bercanda tentang frozen shit ini, tapi setelah diamati, ternyata beneran. Giling.

Lapland’s Deer

Sepanjang perjalanan ke daerah utara Finlandia, daerah Lapland (Santa Claus hometown), kiri kanan seringkali melihat banyak danau. Finlandia ini terkenal sama danau-danaunya.


Midnight Sun

Perjalanan kami ke arah utara ini mau tidak mau akan melewati Artic Circle, 66¬į 33‚Ä≤ 39‚Ä≥ North. It means one thing, we will experience Polar Day, hari-hari dimana matahari tidak pernah tenggelam, alias ada matahari selama 24 jam. Artic Circle di Finland ini dilewati tgl 6 July 2009 sekitar jam 12.00. Hari ke-2. Lucunya tanda “Anda telah melewati Artic Circle” cuman berupa plang di jalan dan saya tidak sadar kita telah melewati artic circle, sampai Vas ngomong “We just crossed the artic circle”, saya langsung reply “How do you know?”, “There was a sign about it. Anyway yg di Norway jauh lebih bagus.
Nordkapp – The Northernmost point of Europe
Di hari inilah rencana kami berubah. Rencana-nya Nordkapp akan dicapai lusa, tapi karena ada perubahan, Nordkapp bisa dicapai keesokan harinya. Di Karigasniemi, tujuan diubah ke Lakselv (Norway). Artinya kami hanya menghabiskan kurang dari 2 hari di Finland. Jam 20.00 kami tiba diFinland – Norway border. Sempet diperiksa agak lama, gara2 pas ditanya petugas Dmitri bilang kami bawa Vodka.
Pertama kali mengalami¬†polar day agak aneh juga. Karena jam 11.30 malem kok masih lumayan terang, kaya jam 5 sore di Jakarta. Tepat jam 12 malem, nggak ada bulan, tapi cuman ada terang aja, meskipun mataharinya nggak keliatan dimana. Bener2 spt kata Vas, “Somehow you cannot differentiate whether it is 10 in the morning or 10 in the night”. Sama2 terang soalnya.

Naik mobil di Finland bakalan sering nemu¬†empat ¬†hal ini,¬†ngelewatin fjord,¬†jalan berkelok2 diantara gunung, ¬†tunnel, sama naik ferry. Pertama kali pas ke Norway, tujuan utama emang ngeliat¬†fjord, jadilah spring break kemarin Rahmadi dan saya ke Norway buat ngeliat fjord. Kita ikutan program yg namanya “Norway in a nutshell”, mahal sih, tapi it’s worth it. Nah, versi “NOT” in a nutshellnya Dmitri, Vas dan saya lakukan pada trip kali ini sampai pada satu titik fjord yg dilihat udah jadi biasa aja. Wong tiap hari pasti ngeliat fjord, jadi kebal pokoknya. Bukti nyata dari jumlah foto-foto yg saya ambil. Awal-awal di Norway fotonya banyak banget, tiap liat fjord foto berkali-kali. Menjelang akhir perjalanan udah agak males foto-foto fjord lagi. Norway NOT in a nutshell.

Gara2 fjord ini, jalan-jalan di Norway dibuat berkelok-kelok mengikuti lekukan gunung. Jadi kalo ditarik garis lurus palingan cuman 100 KM, tapi kalo ngeliat jalannya yg berkelok2, pasti lebih banget dari 100 KM.

Selain jalan berkelok ini, ada juga terowongan (tunnel) yg menembus gunung. Entah berapa puluh terowongan yang kami lewati sepanjang trip ini. Kadangkala terowongan itu gratis, kadang-kadang bayar. Terowongan paling panjang yang kami temuin itu 24 KM, yg kata Vas terowongan terpanjang di Norway, kata Luc (temen saya yg di Belanda), itu terowongan terpanjang di dunia. Nggak sempet masuk sih, cuman foto2 di depan terowongan doang (dasar orang Indo). Lagian udah bosen masuk terowongan, dan kalo ga lewat terowongan masih bisa ngeliat pemandangan, di terowongan apa yg dilihat? Belum lagi sempet ada kecelakaan di salah satu terowongan di daerah Flam. Kalo kejebak di dalam kan nggak lucu.

Laerdalstunnelen – The longest tunnel in Norway (24.5 KM)

Jangan lupakan juga Ferry. Entah kenapa banyak banget pulau di Norway. Jadi nyangka negara ini seolah2 negara pulau kecil-kecil, terutama di Lofoten islands (ada fjord bagus banget disini). Berhubung kita camping, masuk ferry seolah2 masuk apa gitu, ada WC dan wastefel yg layak. Akhirnya ada air hangat, setelah sekian lama mandi air dingin di sungai/danau. Bener jg kalo orang kepepet kreatiftasnya berkembang. Tempat favorit = tempat buat orang2 disabled. Untung ga banyak yg disabled. Berbekal tupperware + shampo + wastafel = creambath (salah, keramas). Wastafel ternyata bisa jg dipakai jadi tempat mencuci pakaian. Waktu benar2 berharga disini, begitu tahu ferry ini bakalan 15 menit, langsung kalkulasi brp baju yg bisa dicuci :)), bener2 low life banget.  Paling afdol ferry dari Lofoten ke Bodo (nama kota yg unik), 4 jam. Puas deh di dalem WC. Kebanyakan baju jadi bersih. Bersih dalam kriteria darurat hehe.

Ada dua orang yg patut diucapkan terima kasih banyak-banyak. BangMauritz (ketua PPI Trondheim) dan Hans (anak KL01). Bang Mauritz mau nampung kita bertiga di Trondheim, tanpa pernah kenal kami, setelah 7 hari berada di jalan. Rasanya benar2 enak jg bisa mandi air hangat dengan normal, ketemu internet (ternyata ada email penting dari panitia summer univ ;p), transfer2 file dari kamera ke HDD External. Pokoknya, seperti kata Vas “It feels good to be human again”. Dipikir2 bener jg, kita udah 7 hari di jalan (ketika itu), tidur tiap malam di tenda. Kadang2 jam 1 malem masih di jalan, nyari tempat yg cocok buat camping yg terlindung dari pandangan orang2 (camping di sembarang tempat di Norway = Ilegal, bisa kena denda). Pernah jam 3 subuh kita baru dapet tempat camping. Semua udah pada teler kurang tidur.

Hans Panjaitan, temen pas kuliah di kampus gajah dulu bener2 channel ke Trondheim. Dia-lah yg ngenalin ke Bang Mauritz, dan dulu pernah nge-host Rahmadi dan saya pas spring break di Bergen. Lalu nge-host saya lagi summer ini (pisah dengan Dmitri dan Vas yg lanjut ke Preikestolen, sedang saya mesti ke Madrid buat summer university).
Preikestolen (from Dmitri’s or Vas’ camera)

(to be continued)

Day 1 – Tampere -> Kuusamo
Day 2 – Kuusamo -> Lakselv
Day 3 – Lakselv -> Nordkapp -> Atta
Day 4 – Atta-> Skjervoy -> Setermoen

Day 5 – Setermoen -> Evenes -> Melbu

Day 6 – Melbu -> Lofoten -> Bodo

Day 7 – Bodo -> Trofors -> Trondheim

Day 8 – Trondheim -> Kristiansund -> Vestnes

Day 9 – Vestnes -> Oppstyrin

Day 10 – Oppstyrin -> Lom

Day 11  РLom -> Kaupanger -> Voss

Day 12  РVoss -> Bergen

From: R
To:
Sent: Sunday, June 7, 2009 23:55:47
Subject: Scandinavia Road Trip

Guys, anybody interested?
kalo iya, please reply via japri ya, not reply to all, jangan via FB jg.

mobil + bensin sekitar 20.000 EEK (1300 EUR), dibagi jumlah orang yg ikut. kalo u ikut berarti dibagi 4 (300an euro kalo ber4). EEK – Estonian Kroni

gw beli tiket den haag bremen – 14 EUR, abis itu bremen – tampere pake pesawat 34 EUR.

biaya lain2 (makan dkk) blm dihitung, tapi kita rencananya hemat2. Dmitri pernah travel bareng gw di Jepang, gw tau dia anaknya termasuk hemat.

Budget gw sih 500 EUR, tp mungkin akan lebih… gw blm tahu brp lebihnya…..

R

***

interested in Scandinavia Road? Trip. We are looking for the fourth person.

Route: Talinn – Helsinki – Tampere, towards north, then go south via bergen – oslo – stockholm – Talinn (see attachment for rough plan).
Date 4 July 2009 – 20 July 2009 (I joined 5-18 July)
Travelmate: R, V, D
We will rent a car: Dmitri + Vas (my Estonian friend) who will take care of it
Accomodation: We will camp, so inside tents

I will meet them in Tampere Airport, 5 July 2009. I will take RyanAir Bremen – Tampere. If you interested, I will send you the detail ūüėČ

R

***

From: D
To: R
Sent: Sunday, June 7, 2009 12:04:41
Subject: Re: Scandinavia – the fourth person?

Hi, yes, sure, you can ask him. so far it’s only 3 of us.
> D,
>
> Have you found the fourth person? anyway, who is going to join this trip. Only me, you and V right?
>
> If you want to, I can ask whether one of my friends here in the Netherlands would like to join.
> R
>

Akhirnya scandinavia trip selesai juga. Salah satu trip yang berkesan untuk saya, terutama untuk pemandangan alam di deket Bergen. Top banget, tempat yg pasti akan saya datangi kembali suatu saat nanti.
Semua moda transportasi yang ada dipakai, dari bus (termasuk bus malam,sama dalam kota), subway, metro, trem, kereta (termasuk scenic train dan kereta dengan kemiringan 26 derajat), ferry lintas negara, nebeng mobil host dan ditutup dengan maskapai murah meriah yang pas mendarat ada suara terompet (kaya tahun baruan aja) alias RyanAir. Perjalanan dengan jenis2 transportasi paling lengkap selama ini. Lupa naik becak aja kali ya ;p
The Beginning
Awalnya bisa di-trace back ke bulan Desember 2008. Pas lagi chatting sama Widita, dia nanya, spring break mau kemana. Berhubung masih anak baru dan belum begitu familiar dengan libur2 yg ada di TU Delft, saya buka blackboard, dan ternyata, liburnya lumayan juga ya, 11 hari. Langsung deh searching2 tiket murah. Tiket yg pertama dibeli justru RyanAir Stockholm – Eindhoven. Bener2 impulsif saat stress nggak kemana2 winter holiday kemarin. Soal cara ke Stockholm, waktu itu pikirannya, masih ada tiga bulan-an buat mikirin.
Rencana awal, jalannya sendirian. Tapi setelah mencari umat, Christian, anak Total Scholarship Prancis mau bergabung, dan Rahmadi, anak TUD jg interested. Sayangnya Christian batal di saat2 terakhir karena bokek abis liburan ke Yunani (kadang2 saya pengen jadi anak Total, kerjanya jalan2 melulu, bikin mupeng aja)

Copenhagen – Day 1 – 3

Akhirnya dibuat perjalanan via darat. Copenhagen jadi tujuan pertama kami. Ada Ardhy yang dengan baik hatinya menampung kami selama di Copenhagen. Plus kasih2 advice cara menghemat uang, terutama di bagian transportasi.
kesan mengenai copenhagen
  • cewek-cewek copenhagen bener2 cantik2. Potongan barbie-like, blonde, mata biru, dan bodi bagus. Sampai2 Rahmadi banyak foto candid cewek2 Copenhagen, saya yang mau ngambil candid mesti mengelus dada dengan kemampuan kamera yg seadanya. Bener2 SLR dibutuhkan disini. Komentar Rahmadi yg saya ingat “Nald, gw udah mulai ga bisa bedain yang mana warga biasa, yang mana model”. Beruntungnya Ardhy. Komentar2 lain “Gila Nald, tukang sampah aja cantik”. gw “Setuju, semoga yg di Stockholm lebih cantik -> tapi kecewa pas di Stockholm”.
  • Bule Copenhagen suka berjemur di jembatan istana. Kami menspot tiga bule cantik dengan celana jeans + bra sedang berjemur.
  • Orang denmark suka kencing di semak2, kalo ga percaya dateng aja ke Royal Park. Ga cowok ga cewek, sering masuk semak2 dan menghilang, abis itu nongol lagi.
  • 20 Kronors story (detail nanti)
  • Keretanya bagus banget, interior kereta terbaik yang pernah saya lihat, meskipun bikin sakit kantong. Kereta mereka sangat peduli lingkungan, abis itu kita bisa ngeliat stasiun awal – akhir dalam bentuk LED display. Bener2 keren.
  • Diwawancara sama wartawan di deket patung Little Mermaid, tentang rencana pemindahan patung ke China dalam rangka World Expo selama 6 bulan.
Malmo – Day 4
Kota swedia yang paling deket Copenhagen ini, turning torso-nya yang terkenal. Bangunan yang dibuat oleh arsitek yg kesannya, iseng amat ini orang. Tapi sama Mas Sigit dibela dengan¬†“hehe ini bukan iseng… but really great construction… designed by genious Spanish Architect, Santiago Calatrava”. Informasi yg berguna, karena saya awalnya tak tahu apa2 tentang bangunan ini.
Lund – Day 4
Kota ini sekilas mirip banget sama Delft, university town. Terlintas mengunjungi tempat ini setelah ngeliat foto2nya Bang John yg sempet kesini juga. Di-guide sama Rika, yang baru kenal, abis saya email-in ketua PPI Swedia, minta tolong siapa tahu ada yg bisa guide kami berdua pas di Swedia (Malmo, Lund, Helsingborg, dan Stockholm). Dapet 3 nama, 1 di Lund (Rika) dan 2 di Stockholm. Cuma Rika doang yg ada waktu buat nge-guide kita2.
Salah satu tempat unik yg dikunjungi disini adalah kuburan Swedia. Pas lewat kuburan, Rahmadi memperoleh dorongan untuk melihat nisan2 orang Swedia. Itu kuburan biasa, sambil jalan Rahmadi sibuk mengomentarin tahun kematian orang2 itu.
Helsingborg – Helsingor – Day 5
Helsingborg, tujuannya transit doang sebelum ke Oslo dan Helsingor. Helsingborg – Helsingor itu bener2 kota kembar, tapi yg satu punya Swedia, yang satu punyanya Denmark. Jaraknya cuman dipisahkan 20 KM sama laut. Bisa ngeliat dari kota tetangga dari tepi pantai, padahal udah beda negara. Tinggal di tempat Christian, host Couchsurfing kami. Tujuan utama kesini sih ke Hamlet Castle (yup, Hamlet-nya Shakespeare). Kastilnya sih biasa, tapi dungeonnya bagus.


Di kota ini Rahmadi mengalami “pelecehan”, pake tanda kutip. Abis nuker duit Denmark Kronor di Forex, tiga orang menghampiri kami (saya, Rahmadi dan Christian). 1 tampang bule dan 2 tampang asia. Ngobrol2 bentar, sambil praktekin Mandarin dan Jepang, kirain mereka emang ramah (biasa kan orang asia
ramah2). Ternyata Christian senyum2 pas si Bule (yg ternyata blasteran Jepang – Swedish) ngomong ke dia dalam swedish yg isinya kurang lebih: “Is he (maksudnya Rahmadi) gay? I want to take him home and eat ¬†him”. Awalnya kita ga tau dia ngomong apa sama Christian, tiba2 mereka bertiga ngomong “We are homosexual” dan kayanya si bule blasteran ini ngasih sinyal2 positif ke Rahmadi. Huahahahaha….. apalagi pas mereka udah pergi dan Christian ngasih tahu ke Rahmadi apa yg dibicarakan oleh mereka :)) Seharian tampang dia bete abis.
Oslo – Day 6
Pertama kali nyampe Oslo, udah disambut dua orang “suspected” criminal di WC. “Orang-orang Unta”, demikianlah sebutan Echa buat mereka. Tampang mencurigakan, gerak gerik mencurigakan. Untung kami berdua. Kalo sendirian kayanya udah habis dipalak tuh.
Seharian habis di museum2 di daerah Bigdoy. Beli Oslo pass buat sehari. Lumayan hemat juga pake Pass2 kaya gini. Malemnya (meskipun masih terang) ke Vigeland Sculpture Park. Pokoknya taman ini isiny
a patung telanjang semua, cowok, cewek, dari bayi sampe kakek-nenek.Lengkap. Hans malah ga inget namanya. Comment dia, “Udah ke taman patung telanjang belum pas di Olso”, pas kami ketemuan di Bergen.
Di Oslo ini bener2 arti kelaparan bisa dihayati. Berhubung berhemat karena scandinavia mahal banget, kita cuman makan roti. Jam 7 PM sudah mulai kerasa efek hanya makan roti 4 potong sebagai brunch. Sakit kepala – gara2 kurang makan + sakit kantong pas ngeliat makanan harganya ga kira2. Masa paket McD atau Burger King itu 81 NOK (kira2 12 Euro-an). Udah gitu kalo makan di dalam restorannya kena extra 5 NOK. Sedeng….Orang yg bilang Jepang negara termahal di dunia pasti belum pernah ke Norway.
Bergen Day 7-8
Pas pagi hari nyampe di Bergen ini bener2 kami tepar. Kemarin paginya baru nyampe di Oslo pake bus malam, seharian jalan, malamnya udah mesti naik kereta malam ke Bergen.
Dapet kepastian tempat tinggal di Bergen pun dua hari sebelum sampai di Bergen. Hans yang dihubungi via email, ga ngejawab. Via email facebook ga ngejawab. Akhirnya ngejawabanya setelah send wall post ke dia. Habis ngeliat komputer Hans, terang aja ga dibales, email dia bejibun gitu, banyak unread massagenya. Untung ada facebook hehe. Anyway, Hans sama saya satu almamater dan satu angkatan dulu pas di institut cap gajah duduk. Hans ambil Kelautan, saya ambil Elektro. Anyway, selama trip ini saya ketemu sama tiga rekan satu almamater, Hans (Kelautan), Ardhy (Elektro) dan Desiree (Elektro) yang dulu seangkatan. Banyak pertukaran cerita pas ketemu :).
Bergen rupanya lagi masa-masa graduasi SMU. Tradisinya, merangkak sepanjang jalan utama di Bergen. Awalnya saya nggak tau tradisi ini, tapi berhubung pengen tahu, tanya2 sama dua orang yg lagi menemani 2 cewek merangkak. Interogasi berhasil dan mereka cerita banyak soal tradisi ini. Plus dua orang yg merangkak mau difoto. Photo of the day.
Intinya bergen itu the most beautiful city in Norway. Mirip2 Bandung, dikelilingi gunung2. Bedanya ini jg dibatasi oleh laut. Pemandangan dari Floibahnenya bagus, apalagi menjelang senja.
Norway in a Nutshell – Day 8
Ini bener2 highlight trip kali ini. Awalnya Bergen ini ga masuk dalam hitungan buat dikunjungi buat spring break kali ini. Tapi Ardhy promosinya kenceng banget soal Bergen + Norway in a nutshell ini (thanks Dhy), sampe2 saya akhirnya merubah travel plan.
Trip ini dijual 935 NOK (120an Euro). Mahal, tapi it’s worth it. Foto2 saya yang bagus diperoleh dari satu hari ini. Meskipun kameranya, kamera saku biasa, tapi berhubung objeknya emang bagus banget, jadilah foto2 yang bagus.
Intinya ini tour yg diorganized, tapi kita dapet tiket transportasi doang. Rutenya Bergen – Voss – Gudvangen – Flam – Myrdal – Voss – Bergen. Kata Ardhy, ikutan tour ini, bukan tujuannya yg penting, tapi perjalanannya yang berkesan. He’s totally right.
Gudvangen РFlam naik ferry di sekeliling fjord ditemani camar2  yang terbang di sekitar ferry kami. Bener-bener indah banget. Ini videonya link. Ini trigger kedua yang membuat saya mau beli SLR. Apalagi pas ngeliat foto-foto dari SLR-nya Bayu  yang ada di laptop Ardhy, keren banget foto camar2 ini (beneran namanya camar ga ya?)
Nanti-lah khusus cerita tentang ini. Link ke Foto
Scenic Train Bergen – Oslo PLUS Oslo – Day 9 – 10
Rute kereta Oslo – Bergen ini, menurut LP Scandinavia pinjeman temen saya, salah satu dari three scenic route in Norway. Bagus banget pemandangan sepanjang perjalanan. Bener-bener butuh kamera yang bagusan dikit, soalnya ngambil gambar sering banget berbayang. Satu lagi, lupa bawa handycam buat ngerekam perjalananan ini. Worthwhile buat direkam soalnya.
Sampe jam 5 sorean. Nginep di rumah Bjorn, salah satu host Couchsurfing kami. Ada kesepakatan saya dan Rahmadi, akomodasi Copenhagen – Helsingor – Bergen – Oslo itu responsibility saya, akomodasi Stockholm itu responsibility dia. Bjorn ini atheist yang punya satu anjing kelewat ramah. Nempel melulu sama tamu. Tinggal di tempat Bjorn sekilas tinggal di tempatnya dukun heavy metal. Berasap + motor gede + Jaket preman + loud music.
Stockholm – Day 11 – 12
Di Stockholm nginep di rumah om Tom Ilyas, kenalannya Rahmadi. Sepanjang perjalanan, di backpack Rahmadi terseliplah “Bika Ambon” yang terbungkus dalam kantong plastik khusus. Inilah titipan temen2 om Ilyas yang di Belanda. Rahmadi jadi semacam kurir gitu.
Berhubung hari senin nyampe di Stockholm, semua museum tutup. Kita hanya bisa ke kawasan istana, ngeliat guard changing. Ada orang Tamil lagi demo deket istana. Foto2 horror dipasang. Ada kasur disitu buat orang yg mogok makan (kurang kerjaan amat sih). Pas bengong2 gitu, akhirnya kita ke KTH (ITB-nya Swedia), iseng2 aja, ga tau mau kemana lagi.
Sama Om Ilyas (mantan ketua PPI China tahun 1960an), dia lebih banyak cerita kejadian 1965, sampai harus kehilangan kewarganegaraan karena “at the wrong place at the wrong time”. Saya jadi mikir2, berat juga ya nasib mereka, benar2 terlunta2. Gimana kalo sekarang di Indonesia muncul Partai Anti Belanda, dan semua lulusan belanda dicabut paspornya. Males deh.
Hari selasa-nya ke Vasa Museum, ngeliat kapal perang viking yg berhasil diangkat setelah terbenam di laut selama 333 tahun. Lama bener ya, dan kayunya nggak lapuk lagi. Abis itu ke Nobel Musem, yg hokinya lagi gratisan. Hari  yang bisa dibilang tidak efektif.
Stockholm – Eindhoven – Delft – Day 13
Yup, ini hari bolos saya. Kuliah dimulai hari ini, tapi berhasil ngebujuk temen buat nge-rekamin kuliah. Jadinya aman. Faktor U (uang) bener2 mempengaruhi kenapa baliknya tanggal ini. Tgl 5 harga tiketnya 2x dibanding Tgl 6. Bolos sehari gpp lah.
Seharian habis di jalan Berangkat dari rumah om Ilyas, buat ke stockholm, abis itu naik bus ke Svasta Airport. Di Skavsta, tas Rahmadi kegedean buat masuk bagasi, makanya dia kena extra charge buat bagasi. Untung dapet petugas yg baik, ga seresek yg disebelah.
di Eindhoven ketemuan sama Desiree + Mas Zalfany (suaminya). Temen kuliah dulu yg udah ga ketemu sejak tahun 2005, sama kaya Ardhy, yg lama ga ketemu juga. Dibuatin makan malem (thank Des, perlu belajar bikin tahu spt itu ;p). Balik ke Delft udah jam 11an malem. Tak sabar menunggu summer holiday.
Rute Scandinavia Trip

Next Page »