Asia


Posted: Jul 8, ’08 1:50 AM

Semuanya berawal dari email seorang temen (Fita) yg pernah ikutan acara wisata budaya ke Baduy tahun lalu. Berhubung dia tahu gw emang pengen ke Baduy, dikasihlah info2 tentang Baduy ini. Oh ya, penyelenggaranya itu OI (Orang Indonesia). Buat yg ga tau OI itu apa, idem, gw juga dulu nggak tahu. Kata Fita “OI itu penggemarnya Iwan Fals yg pengen menjadikan Iwan Fals sebagai Presiden Indonesia”. Gw terbengong-bengong, dan yg pasti juga bingung. Ada ya group seperti ini.

Pre-departure

Sumpah, gw nggak kenal siapa2 pas gw berangkat. Dari email, gw cuman dapet info bahwa organizernya itu OI, kumpul di Taman Makam Pahlawan Kalibata jam 9 malem hari Jumat. Untunglah Yuni ngasih sedikit pencerahan, temen dia yg namanya Koi ikutan (namanya mirip something kan?). Setelah disana, ternyata gw tau dia punya 2 nama, dan nama dia Khoi (pake H). Untunglah, ada yg bisa ditelp and ditanyain.

Departure @ Kalibata

Hups, nyampe di kalibata jam 9 lebih dikit, dan setelah mencari2, ketemu juga dengan orang2 ini. Gw tanya panitia yang pake baru orange lengan panjang dengan tulisan “Rescue Team” OCC (artinya OI Crisis Center) yang kebanyakan gondrong dan bertampang musisi banget and ada sangar2nya (setelah kenalan baik kok mereka). Gw nukerin bukti transfer gw dengan kuitansi (yang akan berguna untuk mendapatkan kaos + makalah tentang Baduy dan nomor undian anda buat 2x doorprize). Duduk2, kenalan2, ternyata ada beberapa anak yg gw pernah ketemu pas ke Istana Merdeka. At least ada yg tampangnya gw kenal =) dan pernah kenalan, meskipun namanya gw lupa. Disini kita berangkat sekitar jam 10an dengan truk tronton. Pas nanya2 ke panitia, rupanya ada 55 orang yg ikutan (termasuk 2 orang korea yg bisa berbahasa Indonesia).
Tronton Berangkat

Trontonnya berhubung malem, gw nggak tau punya mana. Pokoknya truk tentara aja deh. Tas2 dulu semua dimasukin, gw nggak tau tas gw dimana, pokoknya asal taroh ke atas aja, biar panitia yg nyusun. Sleeping bag gw yg ungu tetap gw pegang, karena sleeping bag itu multifungsi, selain jadi sleeping bag, jg bisa buat bantal hehehe =). Terakhir gw naik tronton itu pas ospek Elektro ’01 dulu, jadi mungkin udha sekitar 7 tahun kali, sampe gw lupa rasanya naik tronton gimana. Nah, bayangin jam 10an sampe jam 3an pagi, u naik tronton, 55 orang dalem tronton, berusaha tidur (posisi duduk) dengan tronton yg gw rasa per-nya udah dol…. Huahhh, akhirnya gw bisa tidur jg, well, nggak bisa langsung tidur sih, gw telpon2an sama temen gw soal planning trip ke Pulau Tunda hehehe =) teteup…. Yup, sampe di Ciboleger sekitar jam 4an, masih gelap, dan gw masih pengen tidur. Panitia sudah menyiapkan tempat di warung yg deket banget sama jalan raya. Yg cowok di ruangan bawah (terbuka), dan para wanita di ruangan atas (2 kamar tertutup). Akhirnya sleeping bag gw digunakan juga… ngantuk booo

Ciboleger – Cibeo (14 KM, 5 jam, 5 bukit)

Pagi2nya setelah sarapan, kita jam 7-an udah pada ngantri mandi (kamar mandinya you know lah), plus jam 8an ada briefing dari panita plus penarikan doorprize dan pengenalan peserta. Jalan sekitar jam 9-an. Nah, tujuan kita ini ke daerah baduy dalem yg namanya Cibeo, and kita akan nginep di Cibeo ini =) di rumah penduduk. Pas briefing kita dibilangin perjalanan berangkat ini sekitar 14 km dan akan melewati 5 bukit =). Bukit terakhir ada yg disebut tanjakan penyesalan. Sama pantia, barang2 yg ga perlu (tiap orang beda2), itu bisa dititpkan di panitia. Gw titipin baju2 gw berapa biji plus buku dah…. Oh ya, gw termasuk orang yg paling akhir berangkat, karena pas yg lain2 udah berangkat, handuk gw malah gw titipin, jadi terpaksa ngerepotin panitia buat buka kamar lagi and ngambil handuk gw (yg mana ga gw gunain eheheh).

Ternyata teman2, ada porter, dan dodolnya dengan pedenya gw bawa bawaan gw sendiri (isinya yg berat2in itu air 3 botol 600 ml and bbrp makanan). Jadilah selama perjalanan awal, gw bermandikan keringat. Udah gitu pas jalan yg nanjak kerasa banget lagi. Porter2 nawarin gitu buat diangkat bawaannya. (ternyata murah jg, 15 rb). Nah, berhubung gw ingin menguji daya tahan gw, gengsi dong, kalo mau dari awal aja =P, jadilah selama 1.5 jam awal gw bawa sendiri. Berhubung gw inget, (tampaknya) gw masih dalam masa pertumbuhan, begitu ada porter ke sekian yg nawarin buat ngangkat tas gw (dia bawa kaya pikulan air gitu), gw mikir (why not, 15 rb aja gpp lah, yg penting gw bisa leluasa ngambil foto). Keputusan yg tak gw sesali karena pergerakan gw jadi lebih bebas dengan kamera (sampe batas ke baduy dalem sih).

Batas Baudy Dalam – Baduy Luar

Setelah 1.5 jam berjalan, sampailah kalian ke batas Baduy Dalem. Panitia udah mulai sibuk bilangin peserta, matikan segala macam alat eletronik kalian. Selama di jalan sih kita ngeliat2 1 kampung baduy luar, and foto2 hehehe, yg ini ga boleh ditinggalkan =), (apalagi buat yg udah kenal gw, sayang gw ga dapet model spt bbrp BA (artinya Business Apprentice) yg narsis2 hehehe).

Selama perjalanan, gile, salah satu tukang porter rupanya dagang minuman juga (so guys don’t worry) ada pocari sweat dan aqua (Pocari 6rb, aqua 3rb). Jalannya disini seperti biasa masih jalan tanah ya =) jadi lu mesti pake sepatu/sendal yg sesuai. Nah, pas di salah satu tempat, tinggal gw sama salah satu peserta yg udah pernah gw kenal sebelumnya (kenal nama doang), tiba2 mendengar suara kaya ada rusuh2 di bawah. Kita ngerinya ada salah satu peserta yg mengeluarkan kamera, dan ketahuan, abis itu terancam jiwanya. Horror banget deh denger teriakan2 di bawah. Pokoknya kita berdua (plus porter yg merangkap tukang jual minuman) saling berpandangan dan menduga2 apa yg ada di bawah situ. Gw ngerinya ada yg dibacok aja. Teori lainnya orang baduy lagi ikutan sabung ayam, tapi kok teriakannya seperti itu ya. Sampai di atas, gw baru tahu dari panitia bahwa mereka sedang berburu (entah ayam atau burung) pokoknya unggas deh.

Cibeo – Baduy Dalam

Nah, dari 5 jam yg dibilangin panitia, kayanya setelah 4.5 jam kita udah sampai Cibeo. Ternyata tanjakan penyesalan yg dibilangin temen gw itu ga sadis2 amat. Buktinya gw nggak ngeh, bahwa itu tanjakan penyesalan. Begitu sampe di Cibeo, gw nanya “tanjakan penyesalan” itu yg mana sih? Ternyata udah lewat dan gw nggak nyadar =P, gara2 gw ada temen ngobrol kali ya? Pokoknya pintu masuk kampungnya itu keren abisss booo, jembatan bambu gitu, dan sungainya jernih banget =) Kita sampe sekitar jam 1.30an PM. Abis itu autis bentar di sungai sebelum pintu masuk ke kampung cibeo. Gw pengen banget ngambil foto gitu, tapi berhubung konsekuensinya diusir keluar dari Baduy dalem no matter what, ya udah ga jadi deh =(

Cibeo – Day 1.

Nah, di Cibeo ini, bener2 balik ke masa lampau. Para pria memakai ROK (benar saudara2 pake ROK). Gw jadi inget orang skotland dengan Kiltnya, tapi yg ini bener2 alami banget. Warnanya cuman hitam/putih saja. Kayanya emang adat mereka ini. Oh ya, makalah yg dibagikan panitia itu guna banget lho buat mengetahui lebih dalem tentang baduy. Baduy Luar warna pakaiannya hitam2, baduy dalam warnanya putih2.

Sampe di Cibeo, gw langsung nyari backpack gw (backpack dengan logo TNI-AU, pokoknya bbrp orang inget deh dengan backpack ini). Ketemu dengan porternya (Pak Uban), bayar 15rb, done hehehe. Abis itu ke rumah penduduk. Gw kan di kelompok 1 kalo ga salah. Tapi berhubung baru 2 rumah yg ada tuan rumahnya, gw di rumah kelompok #3. Ternyata ternyata, anak2 yg lain di bawah udah pada beli nasi buat makan siang. Sedangkan gw nggak tau ada yg jual nasi di ciboleger. Jadilah gw makan pop mie (hiks). Berhubung tampang gw cukup memelas, gw dibagi nasi sama temen (yg gw baru kenal), plus ikan teri + kacang sama teman yg lain. Jadinya bener2 kenyang hehehe.

Pendapat gw tentang orang baduy, wow ada yg udah pernah ke citos dan pasar rebo. Ini baduy luar yg lagi mampir di baduy dalem. Nah, orang baduy luar anatomi kakinya berbeda lho, contoh kaki kiri orang tua yg gw perhatikan, itu jari2 kakinya ga rata, pokoknya mengarah ke kanan semua, a little bit unique menurut gw. Udah gitu ada wanita yg menurut gw masih belasan tahun, gendong bayi, gw sama temen gw saling berpandangan “itu anaknya apa adeknya?”

Udah gitu, mandinya mereka di sungai Bo, kemewahan tempat mandi itu adalah bilik yg atasnya kebuka. Jadi buat para cewek mesti punya pasukan penjaga bilik untuk mengusir anasir2 jahat (baca tukang ngintip). Nah, pernah nonton si Doel kan? Mirip2 gini lah kamar mandinya. Kalo mau pee, di sungai, kalo pup, jg disungai, jadi tahanlah kebutuhan kalian itu sampe ke ciboleger, kecuali yg pengen dapet pengalaman pup di kali (bahasa sengaja gw perhalus).

Udah gitu, para pria baduy membawa golok

, termasuk anak kecil yg berumur 4-5 tahun (beneran, gw nggak boong). Jadi jangan macem2 sama mereka guys.

Polulasi ayam akan berkurang satu, karena salah satu peserta secara tak sengaja menginjak anak ayam (poor chicken). Gw nggak tau itu akan dimintai ganti rugi apa nggak.

Souvenir

Selama menunggu tuan rumah, banyak banget orang2 yg jual souvenir. Pertama2 dijual satunya 3000. Nah, kemampuan tawar kalian akan diasah disini. Berhubung gw lagi nyari gelang tali rami titipan temen gw, gw nanya aja, “Kang, 10rb dapet 4 boleh ga”, hehe dikasih.

Ternyata setelah itu ada tukang souvenir yg lain. Yg ini dapet 10rb dapet 5 barang. Ya udah, gw beli lagi, gara2 gelang tali rami yg pertama kali gw beli itu salah. Anggep aja buat kenang2an =)

Besok paginya, ada tukang souvenir lagi, temen2 beli 5000 dapet 3 item, alias 10rb dapet 6. Huhuhu, gw nggak tau harga pasaran. Jadi teman2 kalo beli inget lho, 10rb bisa dapet 6 item. Kalo kalian belinya barengan ya heheheh =)

Di Ciboleger, ada yg jual kaos. Harganya itu rp 15rb buat ukuran M, dan 20rb buat XL. Jadi jangan dimahalin ya yg minggu dpn kesana.

Kain tenun itu 25rb. =) pokoknya dari ciboleger, naik ke atas, ketemu prasasti, masuk ke kampung baduy, abis itu jalan aja, ada di sebelah kiri yg jual2 kain tenun, yg pendek itu 25rb =), jalan lagi ke arah atas, sebelah kanan ada 2 orang yg jualan souvenir kecil2 =)

Cibeo – Day 1 (Night)

Pokoknya malem2 lu nggak bisa ngapa2in deh. Orang cuman ada cahaya lilin alamnya baduy doang. Entah dari apa tuh, kayanya dari semacam kayu2an. Makan malem di ruangan yg remang2, nggak heran orang baduy anaknya at least 4 (that’s the reason). Hiburannya apa lagi coba??? Tapi dari makalah, tampaknya mereka punya teknik khusus untuk menjaga biar nggak hamil. Pake ramuan baduy nampaknya (jadi inget ramuan madura).

Malemnya makan bareng. Disini gw rasa suasana kekeluargaan bener2 terasa. Makanan semua peserta dikumpulin jadi satu, dan kita semua makan bareng dengan tuan rumah. Inget lho, disini rupanya udah ada mangkok keramik =). Gw nggak dapet sendok =( ternyata botol akua 600 ml itu bisa dijadikan bahan baku beberapa sendok plastik. Gw pake satu (PS: Buat apprentice yg minggu depan ke Baduy, bawa sendok, garpu, etc, plus abon/ikan teri, penting lho!!!!)

Cibeo – Day 2

Pagi ini beberapa orang memenuhi panggilan alamnya di pagi hari, ketika gw mencari semak2 dan memenuhi panggilan alam, gw melihat ekor suatu mahluk, gw mikir kadal, tapi setelah mikir2 lagi OMG itu ular, buru2 deh gw selesaikan dan cabut. Ini pertama kalinya gw liat ada cowok yg kencing jongkok. Lucu jg ngeliat orang gondrong yg tampangnya sangar kencing jongkok (dari belakang) huahaha. Gw sempet hampir nginjek kadal jg.

Jam 8an kita ketemu dengan “kepala suku”-nya Cibeo. Banyak banget info dari beliau. Mengapa ga boleh gini, mengapa ga boleh gitu, pokoknya kalo dia ga bisa jawab, jawabannya pasti “Udah aturan adat” yeee…. soal perkawinan, mereka rupanya hanya sekali, yg mau dikawinin di-amprok-in, dan jadilah…. (jadi apa ya??) udah gitu ga boleh cerai, kalo cerai mesti keluar dari kampung. Agama di Baduy itu Islam Sunda Wiwitan, mereka percayanya nabi Adam (okay)…. Sesi tanya jawab ini lumayan deh, kecuali entah gimana “kepala suku” ini merasakan ada orang asing diantara kami (orang korea), dan kayanya panitia dibilangin “lain kali jangan ya” -> sumbernya cukup terpercaya.

Noted that di perjalanan pulang (1 jam sebelum sampe ciboleger), gw menemukan cendol terenak yg pernah gw rasakan. Udah gitu di kampungnya ada jual cimol lagi =). Akhirnya ada sentuhan dengan peradaban. Perjalanan pulang ini sekitar 3 jam (rancana), tapi di gw jadi 4 jam, gara2 gw sibuk2 foto2 (agak ngejomplang sih, soalnya Esti dan Khoi pake kamera SLR lensa pajang gitu, gw cuman kamera saku). Pokoknya berangkat jam 9an nyampe sekitar jam 1an

Ciboleger

Kamar mandinya kan cuman 4, pulang2 setelah ga mandi sejak sabtu pagi, kita semua banyak yg ngantri. Pengalaman gw parah banget, air tinggal dikit, udah gitu pas gw lagi mandi, gw ngeliat ada kecebong (bener ga sih??) yg bekeliaran di dasar bak (OMG), terakhir gw nemu ini pas di Lampung, pas gw sikat gigi, kok di baknya ada ikan, sumpah langsung ilfil. Mandi kali ini serasa nggak mandi =(, gw sempet malak odol dari orang lain hehehehe

OH ya, deket tempat makan kita, jalan ke arah kampung baduy ada tenunan baduy, lumayan buat oleh2.

Tronton – Ciboleger -> Jakarta

Tronton tiba di ciboleger jam 6 sore. Which is late banget, karena yg tahun lalu jam 3 sore udah sampe and anak2 udah sampe jkt jam 7an. Sebelum pulang group foto dulu dan semuanya dimasukkan ke tronton. Sumpah perjalanan pulang itu bener2 nightmare banget. Tronton itu seolah2 nggak punya per (pokoknya gw videoin tas yg digantung itu goyang2 kaya kena gempa 7 skala richter). Udah gitu terpal depan dibuka, jadilah angin malam masuk. Mana gw nggak pake jaket lagi, cuman kaos doang. Masuk anginlah awak…..

Udah gitu sebelum pulang, kepala gw sakit banget, mana paramex ada di tas lagi. (dan tas gw entah dimana). Plus berhbung masuk angin ada gejala mau dapet jackpot. Ternyata cewek di depan gw yg dapet jackpot duluan, dan jackpotnya jatuh ke orang di sebelah dia (cowok yg gw rasa jg baru kenal di trip ini). Sungguh hal yang tak akan dilupakan buat orang tsb. Tronton berenti bentar, peserta yg muntah dipindahin ke sebelah sopir. Gw turun, dan berusaha meredakan masuk angin gw. Dikasih tolak angin sama salah satu peserta + Panadol sebutir. Agak mendingan lah…. Tapi sumpah deh, itu perjalanan darat terburuk yg pernah gw alami, especially 3 jam pertama. Mana tercium bau muntahan lagi (yg berusaha dinetralisir dengan memberi minyak kayu putih di daerah bekas muntahan).

Sampe di slipi jaya, bbrp orang turun, termasuk gw, dan gw mendadak jd public enemy gitu gara2 gw nyari tas gw dan sleeping bag gw (jadi lebih lama kan berentinya). Untung ketemu. Huehhh, kalo nggak gw terpaksa turun di kalibata which is lebih jauh.

oceanebleue wrote on Jul 8, ’08

tambah foto lbh keren nih

 

el01173 wrote on Oct 11, ’08

Done, gw tambah 1 foto ya :p

 

 

Nemu email lama,
pengalaman sedeng teman exchange …..
anak2 exchange emang the best deh :P


From: *deleted*
To: *deleted*
Sent: *deleted*, March 1, 200* 7:00:49
Subject: *deleted*

Hi everyone,

Just wanted to say hi to you all because I’m happy to be alive after my little adventure in China and NOrth Korea. Here’s the story and you’ll understand why. This is just the short version I’m planning to write a longer one some day.
I went to China with a friend who is studying in China as an exchange student from as an exchange student, *deleted*.

K and I were held at gun point by North Koreans when we went to Dandong (the place which shares a border with China). We were playing on the frozen river which acts as a natural border.
I decided to climb up the banks onto the other side to have a closer look because everything looked so peaceful. There was a tiny hut about 20 metres away but it looked dead.
As we were walking back to go back to China, *deleted* screamed “there’s a man climbing the fence”.
I turned around and sure enough there was an army officer clibing the fence.
Next thing I know there are 3 guys with rifles grabbing us and telling us to climb the fence to North Korea.

After wasting a lot of time ( I didn’t want to get over the fence) they were screaming yelling pointing the rifle at us .
One took my bag and threw it over.
We finally decided to go over.
They held us for about 5 hours acking questions about our family (checking that we weren’t spies) but they were very nice to us. They actually seemed to be very curious about us.
Anyway they eventually let us go back over the fence to China.

*deleted* safe in South Korea

This year, another season has passed.
Memories have become faded.
The border between my vague dream and
reality has become blurred.

Even so, the dream I once told you of
had not a single lie in it.

Today was fun,
and tomorrow will surely be fun as well.
“These days will continue forever,”
or so I thought at the time.

Throughout the endless days I felt
as if something was missing.

I blamed it on these unnatural times,
and just gave up.

Today was very sad,
and even if I cry tomorrow,
someday the time will come that I can laugh
and remember the time we had together.

How much time must pass by,
in this finite existence of ours?
We’ll live in the now,
and what will we find?

Seasons – Ayumi Hamasaki

あなたの聲が聽こえるかしら

Sepanjang hidup saya, ada beberapa teman yang pengalamannya akan sulit sekali saya lupakan. Pengalaman-pengalaman yang unik, tidak semua orang pernah merasakannya, dan (mungkin) tidak semua orang ingin merasakannya. 

"Kurang cerdas!!, lain kali bawa tentara yaa klw mo nerobos perbatasan negara liwat belakang ;D" demikian komentar seorang teman berinisial Ft yang berpengalaman menerobos perbatasan Indonesia – Timor Leste, tanpa visa, ketika mendengar kejadian yang dialami teman saya, J. Ft ditemani tentara, sedangkan J di-interogasi tentara. Dua hal yang sangat berbeda. 

Pengalaman J bersama temannya, adalah pengalaman teman yang paling unik yang pernah saya dengar. Ketika berkunjung ke kota perbatasan China, mereka bermain2 di atas es di sungai beku yang menjadi pembatas alam antara China dan Korea Utara. Dua orang ini, karena rasa ingin tahu-nya yang besar sampai ke wilayah seberang yang sudah merupakan wilayah Korea Utara. Dodolnya beberapa saat kemudian mereka sudah "under gunpoint" beberapa tentara korea utara yang berhasil mengepung penyusup2 ini. Sempat diinterogasi beberapa jam sama tentara2 Korea Utara ini dan hokinya mereka dilepaskan karena disangka "turis tersesat". Beruntungnya mereka ini. Ini jalur ilegal, jalur legal-nya adalah mendaftar visa ke kedubes Korut di Beijing. Dapet visa yg berupa secarik kertas dan tak ditempel ke paspor (jadi tak ada bukti bahwa anda pernah ke Korea Utara. Lalu naik kereta ke Pyongyang ;)

Jalur Legal ;)

Masuk dalam kategori turis edan lainnya adalah A, manusia tambun yang pernah mengajak saya menghabiskan libur musim panas 2006 untuk backpacking ke Korea Utara (visa susah dan ogah!!!) dan Tibet (good choice). A dan temannya M, pernah backpacking ke China dan mengambil semua moda transportasi yang paling murah, termasuk rela membeli tiket berdiri Beijing – Shanghai selama 25 jam dan tidak tidur selama perjalanan. Mereka begitu ada kursi kosong, langsung di-embat, untuk kemudian diusir lagi. 25 jam yang berkesan untuk mereka, terutama lagi setelah M kehilangan kamera di dalam kereta. 

Pengalaman mereka masih ada lagi, ke kuil Shaolin dan ngemper di daerah gunung dekat kuil Shaolin selama 2 hari dengan cuaca di sekitar 0 C. Saya waktu itu "menertawakan" pengalaman mereka, dan terkena juga karma ini (kejadian di Venice). Mana sempat dipalak preman China lagi selama masa itu. Meskipun saya harus akui, foto mereka di Kuil Shaolin itu adalah salah satu foto travel terbaik yang pernah saya lihat sampai saat ini. No Pain No Gain. 

No pain no gain inilah yang dialami teman-teman yg bekerja di industri oil and gas. S, seorang teman yg bekerja di bidang migas ini pernah mengalami strip-search sekitar 2x di Amerika. Jika umumnya pemeriksaan di bandara hanya buka ikat pinggang dan buka sepatu. Dia lebih, buka semuanya, well nggak tau sampai segimana sih, tapi buat cewek dia tetap saja merasa jengah terkena stripsearch. Imigrasi Amerika pula-lah yang benar2 paranoid. Teman saya, Rm, pernah diperiksa sampai 4 jam di imigrasi dan disuruh bersumpah di atas kitab suci. 

Kembali ke teman dari Mexico, ada H yang pernah berkolaborasi dengan saya untuk jadi tameng salah satu profesor kami ketika ada keributan di salah satu restoran di Asakusa. Pemicunya, ada dua cowok mabok yang berusaha ML dengan salah satu cewek mabok di sebelah meja kami. Cewek menolak dan si cowok mabok udah mengeluarkan barangnya (yup, exhibionis sekali), sampai 2 teman kami yg wanita teriak. Sensei kesal dengan kelakuan mereka, datang ke meja sebelah, dan membentak cowok mabok yg lagi horny itu (sumpah, restoran yg dipilih sensei termasuk restoran kelas atas, tapi kenapa ada pengunjung spt itu ya?). Sensei balik ke meja kami, melewati H, saya, dan pecahlah keributan. Damn, orang mabok itu berniat memukul sensei, dan H di kursi terdepan dan saya di kursi setelahnya, lalu sensei. Artinya H dan saya jadi tameng. H sudah marah banget, mata merah, dan tangan mengepal…. ehm, plus sendok, garpu, dan pisau roti di tangan beberapa anak. Barang pecah, plus meja yg ditendang, pokoknya seru deh (pas mengingat, bukan mengalami). Polisi Tokyo datang beberapa saat kemudian (lama banget nunggu mereka datang) dan mengamankan para tersangka. Mungkin emang udah bakat jurnalistik, saya sempat memfoto beberapa kejadian disaat ini (meskipun di kemudian hari nyadar ini bahaya). 

JUSST students and Tokyo’s Police :)
*We Love Japanese Police hahaha*

Sebenarnya itulah saat kedua (dari berkali2 hahahaha) anak2 angkatan kami berhubungan dengan Polisi Tokyo. Teman yang lain Jc benar2 pernah dikejar (ini dikejar beneran, pakai acara lari-lari di jalan2 Tokyo) polisi ketika kabur dari salah satu rumah sakit di Tokyo. Penyakitnya = homesick yang parah dan ditambah diare yang parah. Ditambah lagi Jc tidak terlalu lancar berbahasa
Inggris dan Jepang. Pas stress inilah Jc lari dari rumah sakit dan berakhir dengan pengejaran di jalan-jalan Tokyo dan berhasil diringkus. Susuki sensei sampai pernah bilang angkatan kami adalah angkatan terparah dan paling bikin pusing dia sepanjang sejarah. 

Alasan kenapa Suzuki Sensei sering pusing

Bagaimana tidak parah, coba lihat H dan Rm, kedua orang ini pernah mendobrak kamar saya tengah malam sambil menghunus pisau, membawa senapan dan teriak-teriak tidak karuan. Dua teman dan saya waktu itu benar-benar kaget dengan pendobrakan ini. Bercanda ala Meksiko memang aneh-aneh sekali. Rm (early 20s) bahkan pernah nyoba nge-date sama salah satu guru bahasa jepang kami (wanita mid-30s), playboy cap kampak beneran hahaha.

Meskipun demikian mereka ini termasuk mempunyai jiwa seni yang tinggi. Media ekspresi cita rasa seni mereka adalah pintu kamar Dm yang dicorat-coret yang benar2 membuat Fukihara-san naik pitam ketika melihat hasil karya mereka. 

Citarasa Seni yang Aneh (Mexican style)

Si Korban, D, ternyata sama-sama gendeng-nya. Di lain waktu ketika H berlibur, pintu kamar dia yang kena corat-coret seni tidak jelas. Hobby lain dia yg bikin geleng-geleng adalah berjemur di balkon lantai 4 yang lumayan luas dan hanya mengenakan kolor. Meskipun jauh lebih mending dari temen dia L (mahasiswa S3) yang benar-benar polos. Pemandangan inilah yang membuat pasien2 dan suster2 di rumah sakit di sebelah dormitory kami merasa terganggu dan menelepon polisi yang akhirnya menghubungi Suzuki sensei. 

D sangat menyukai gunung, alam dan camping. Satu waktu, D, P dan saya pernah kemping di daerah Hakone. Ternyata kemping itu ilegal kalau bukan di tempat yg ditentukan (dan ketahuan). Jadi kami-pun dua malam ber-deg2an kemping ilegal. D dan P juga yang ketika memanjat Mt. Fuji hanya memakai kaos tipis dari Fuji 5th station ke puncak padahal yang lain mengenakan pakaian berlapis2 seperti menghadapi musim dingin. Komentar dia "In my country, the coldest is -40 C, this is normal". Garuk2 kepala yg nggak gatel. 

Norway – Nordkapp

Tiga tahun kemudian, D mengajak saya ikutan scandinavia road trip dia. Kali ini sama temannya V. Kegilaan mereka masih ada. Target mereka adalah berenang di Nordkapp, wilayah paling utara di benua Eropa, di Laut Arctic sambil ditemani pinguin2. Sayangnya pas sampai di Nordkapp, cuaca berkabut, sehingga gagal-lah rencana mereka. Udah gitu, di Norway, camping harus di tempat yg ditentukan. Kami camping sembarangan (awalnya saya kira normal) sampai di akhir perjalanan dikasih tahu, kalau ketahuan polisi bisa didenda ribuan Norwegian Kronor. *sigh*

Photo Hunting, terpeleset dikit, bye bye world

Perjalanan Norway itu merupakan photo hunting, umumnya berupa pemandangan alam. Tapi ada beberapa foto yang bener2 nyeleneh. D dan V bersikeras ke kota yang namanya "Bo", hanya untuk foto di plang kota tersebut dan "Bo". Definisi Bo: di mata mereka adalah semacam muntah, jadi di plang kota "Bo" itulah mereka minum air dan menyemburkannya di plang kota "Bo" sambil difoto dengan kamera V yang lensanya EUR 2000 (sigh mahal amat). Just for that. Di tempat lain, D mengeluarkan kursi dan beberapa saat kemudian sudah hanya menggunakan kolor doang berfoto dengan background gunung2 bersalju dan cuaca dingin (saya pakai jaket winter di musim panas di daerah itu). V sami mawon, foto dengan pose yg sama sambil berdiri. Tampaknya tema fotonya adalah "bertahan hidup di cuaca dingin dengan kolor" 

Background foto mereka

Foto-foto mereka yang lain pun cukup bikin orang yg ngeliat mengelus dada. Salah langkah sedikit, bye bye dunia. Rupanya inilah yang mengakibatkan suzuki sensei dulu selalu berisik tentang asuransi setiap kali anak2 JUSST mau keluar Jepang untuk liburan, he was right, anak2 JUSST perlu asuransi untuk menjamin hidup mereka, seperti dua anak JUSST yang jatuh ke sungai dan terseret arus deras (sebelum kemudian mereka berhasil menyelamatkan diri dengan berenang ke tepian). Sementara anak JUSST yang satu sibuk merekam kejadian ini dengan videonya. 

V di Norway

Meskipun banyak sekali foto bagus dari scandinavia road trip itu, mental benar2 diuji ketika perjalanan itu. V tidak mandi selama semingguan dan bau-nya cukup bikin puyeng. Kamera dan lensa-nya lebih menarik untuk dibersihkan ketimbang badan sendiri. Panggilan alam pun dilakukan di tempat2 yang tak memenuhi standard kesehatan, saya memilih WC umum yg bertebaran di Norway (ummm, kecuali sekali). Sekali waktu di ferry, V benar2 edan. "I want to wash my d*ck". Dimana? di wastafel. OMG, sinting sinting. 

Kisah tentang wastafel inilah yang membawa ingatan saya ke F dan Ry, kedua teman SMA yang terpilih mewakili sekolah untuk meninjau Asian Physics Olympiad di Karawaci. Karena mereka sakit perut, pergilah mereka berdua ke WC. Setelah selesai menunaikan panggilan alam, ternyata air di WC nggak jalan dan tak ada tissue. Mereka berunding, dan jadilah wastafel jadi pilihan utama untuk membersihkan yang harus dibersihkan. Huahahahaha…. Apakah yang akan terjadi ketika ada yg buka pintu WC dan melihat pemandangan "bizarre" itu? Teman2 yg jarang ada. 

Ngomong-ngomong soal WC, Toilet inilah yang menjadi keahlian M, salah satu personil bolat yang mempunyai spesialisasi membuat toilet darurat di pulau-pulau tak berpenghuni. Sebagai orang yang sempet mengikuti trip island-hopping bolat tiga kali, saya pernah melihat teman-teman memanfaatkan keahlian M ini untuk mengatasi panggilan alam di pagi hari. Spesialisasi yang benar-benar unik, tak heran ketika dia tak ikut trip, sering ditanyakan "M kemana?"

Anak bolat yang satu, Y, selalu punya love and hate relationship sama orang gila di depan taman anggrek dan tempat sampah. Y pernah ditabok, dijitak dan diludahi oleh orang gila di tempat yang sama di taman anggrek. Penggemar kok orang gila, nggak bener banget. Lalu Y sering sekali mengalami "kecelakaan" kerja, terutama jika Y berada di tempat yg dekat dengan tong sampah. Hidup itu memang penuh misteri. 

Beruntung atau tidak beruntungkah mempunyai teman-teman seperti ini? ;)

*) Nama-nama sengaja disamarkan, buat yang tahu inisialnya itu merepresentasikan siapa, just keep silent :)

Beberapa hari yang lalu, pas lagi ke tempat temen di Spacebox buat belajar ngotak ngatik HP baru, mampir bentar ke kost-an yg lama.Christine, penghuni baru begitu ngeliat saya langsung balik ke kamarnya dan bilang “I have one letter for you”. Hehe dia sering saya repotin buat ngasih tau saya kalo ada surat yg masih masuk ke alamat yg lama (yg kebetulan sekarang ditempatin dia). Tapi surat kali ini berbeda, kop suratnya bertuliskan “Politie“. Abis ngeliet, langsung dalam hati mikir2 “D*mn salah saya apa, kenapa bisa dapet surat dari polisi?”
Pada saat itu langsung tahu bagaimana jadi orang yg nerima surat denga logo polisi, padahal surat-surat yg saya terima biasanya logo universitas, NS (perusahan kereta), insurance atau advertisement ga jelas y g nawarin barang. Udah gitu surat polisi ini bahasa Belanda lagi “Gw salah apa ya?”. Langsung diketik di google translation di kamarnya temen, translate dan ternyata inti surat itu cuma diminta ngisi kuisioner via internet. Asem…. bikin ketar ketir aja.
Kejadian itu mengingatkan saya pada beberapa kejadian dengan polisi yang pernah saya alami. Dulu di Essen, saya dan Andreas pernah dalam sehari kena dua kali pemeriksaan sama polisi, nanyain paspor. Pemeriksaan pertama dan kedua hanya berselang beberapa menit.
Di Jepang pernah beberapa kali berinteraksi sama polisi. Sekali di deket Chofu station. Waktu itu lagi ngeliatin foto wanted list alias buronan di Jepang yang di tiap fotonya dikasih hadiah uang kalau bisa ngasih informasi yg mengarah ke penangkapan tersangka. Iseng2 saya bilang ke Beer, “Hey, that one is look like you” sambil nunjuk satu foto dan ngeliat muka dia. Rupanya tingkah laku kita mencurigakan polisi di dalam kantor polisi yang out of sudden keluar dan “mengundang” kami berdua masuk. Berhubung waktu itu saya masih belum bisa bahasa Jepang, masih bulan2 awal di Jepang, Beer yang nge-jawab pertanyaan Pak Polisi. Keluar2 dari kantor polisi Beer tampangnya bete gitu dan bilang “Next time hati2 kalo nunjuk foto kriminal”. Duh, jadi ga enak :D….
Udah gitu di Aomori central station. Lagi winter holiday dan waktu itu saya mau mengunjungi teman saya di Hokkaido. Berhubung waktu transit lumayan lama, buat nunggu kereta malam “express Hamanasu” Aomori – Sapporo, daripada bengong di dalam, saya keluar stasiun buat foto2. Pake backpack gede, bawa tripod, malem2 berkeliaran di sekitar stasiun foto2 rupanya mencurigakan. Dua polisi suddenly menghampiri saya dan menanyakan identitas. Bahasa Jepang saya masih kacau dan dua polisi muda ini nggak bisa bahasa Inggris, kombinasi yg bagus buat bahasa tarzan.
Di-“interogasi” selama 15an menit di luar stasiun, mana cuacanya dingin banget lagi (winter). Sambil interogasi mereka ngisi-ngisi formulir bahasa Jepang dan ngomong2 diantara mereka. Saya tak sengaja menangkap kata “onnanohito” yang artinya wanita di percakapan mereka. Berhubung bete di-“interogasi” saya akhirnya minta foto bareng mereka dan rupanya itu efektif buat ngusir dua polisi kurang kerjaan ini. Mereka akhirnya balikin “alien card” saya dan nyari orang lain buat diinterogasi. Ketika saya cerita ke Suwandi, dia ketawa2 dan bilang “Nald, lu disangka pervert tuh, kayanya ada orang (wanita) yang lapor ngeliat orang mencurigakan berkeliaran di sekitar stasiun”. Sialan. Rupanya di Jepang banyak pervert berkeliaran pake kamera, dan apesnya saya disangka salah satu dari mereka. Padahal kamera saya kamera saku. Parah.
Tapi pengalaman paling seru dengan polisi ketika kelas “Japanese Human Relations” kami ada acara Tokyo Excursion yang ditutup dengan acara makan2 di salah satu restoran di Asakusa. Feeling saya ketika masuk lumayan jelek karena orang yang duduk di sebelah meja kita mabuk. Satu orang bahkan mengangkat kursi dengan satu tangan dan ngomong2 nggak jelas. Sepanjang makan malam, kami terganggu dengan meja sebelah kami yang dihuni oleh orang mabuk, yang sudah dikomplain berkali-kali oleh Profesor ke pihak restoran, tetapi tidak ditanggapi dengan serius. Sekali waktu si cewek mabuk udah telentang di atas meja makan dan salah satu cowok yang mabuk tangannya masuk ke dalam rok. Si cewek terang aja nggak mau. Akhirnya si cowok bete dan memperlihatkan barang dia ke si Cewek.
Kebetulan dua teman saya (cewek) pas lagi ngeliat ke arah situ dan teriak. Batas kesabaran Profesor sudah habis dan membentak mereka. Mereka menyerbu meja kami untuk memukul Profesor kami (yang baru saja membentak mereka) dan tampaknya bentrokan fisik sudah tidak bisa dihindarkan kalau pelayan toko tidak menahan laju kedua pria mabuk tersebut. Pokoknya udah ribut banget. Dia sempat menendang meja kami sehingga salah satu teman tanganya terjepit meja. Hugo di barisan terdepan, saya di belakang dia dan semua siap2 buat tawuran. Sempat ada insiden yg berkaitan dengan pisau. Situasi sempat panas, Hugo juga mesti ditenangkan sama kita2 (ternyata orang Meksiko panasan). Polisi Jepang rupanya lambat banget datangnya. Kita sampe udah bete nungguin mereka dateng. Udah gitu pas dateng mereka bener-bener nggak ada wibawa sama sekali. Si cewek mabuk bahkan bergelayut di dada salah satu polisi setengah baya sambil ngambil topi si polisi. Udah gitu polisi2 ini cenderung persuasif, nggak ada acara borgol2an. Beda kaya polisi di Indo yang kayanya kalo kejadian kaya gini udah main hantam aja. Kesan yang kami dapatkan. Polisi Jepang lembek2. Btw foto yang pertama kali dilihat itu foto pas kejadian ini.
Lain di Jepang, lain pula pengalaman di China. Di Xian ada polisi yang memeriksa paspor setiap orang yang mau masuk ke dalam Xian Central Station. Entah apa maksudnya. Beberapa hari kemudian saya menghabiskan waktu hampir sejam di kantor polisi Shanghai. Ketika itu saya baru sampai di Shanghai setelah perjalanan 16 jam naik kereta dari Xian. Masih teler. Sambil teler karena kecapekan inilah saya mencari tourist information Shanghai, yang susah banget ditemui. Lagi capek2 gitu, saya ditabrak sama orang, dan refleks saya langsung megang kantong. Sialan, HP nggak ada di kantong. Akhirnya nyarilah kantor polisi terdekat yg kebetulan sekali ada di stasiun. Pengen bikin surat kehilangan, biar diganti sama insurance di Jepang.
Di dalam kantor polisi, untung banget ada yg bisa bahasa Inggris, tapi disuruh nunggu dulu. Pas dipanggil, duduk, ngasih liat paspor, dkk, kenapa di paha kiri ada yg ngeganjel ya. Diraba2, ternyata “lho HP gw kok bisa disitu.” Rupanya gara2 kecapean, abis telepon, saya masukin HP bukan ke kantong jeans, tapi justru diantara jeans dan long john. Dan HP itu ketahan di atas paha karena ada tas paha (yg buat jalan2). Berhubung ngerasa udah ketemu dan polisi2 ini ga tau, saya berusaha “OK sir, I’ll let it go” dan membatalkan bikin surat kehilangan HP. Polisi Shanghai rupanya kelewat ramah, “Tinggal dikit lagi, diselesaikan saja”. Dan saya langsung pengen ngeloyor pergi. Tiba2 di pintu masuk kantor polisi, HP jatuh dari balik celana jeans. Di background “You don’t loose your phone”. Aduh, tengsin banget, ngelapor hilang HP padahal HP nyelip di antara jeans dan long john. Langsung jalan tanpa ngeliat ke belakang lagi. Benar2 kehilangan muka. Udah gitu pas chatting sama Juanda di MSN, dia ngakak lagi. Apes, pas balik ke Jepang bbrp teman tahu kejadian ini. Duh…..
Lalu di Busan, Korea Selatan, saya pernah disamperin polisi pantai sambil bilang “dame, dame” yang dalam bahasa Jepang artinya “tidak boleh, tidak boleh”. Waktu itu saya lagi foto-foto di Hyeundae Beach sambil bawa tripod dan kamera. Sialnya, di Korsel, orang Jepang disangka pervert semua dan saya disangka sebagai orang Jepang. Udah gitu polisi pantai ini ngomong pake bahasa Jepang dan saya tanpa sadar reply pake bahasa Jepang juga. Nggak bener, kan ga semua orang Jepang pervert, dan saya bukan orang Jepang.
Masih di korea juga. Di DMZ alias DeMiliterized Zone, daerah perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan. Tentara berfungsi jadi tukang “ngusir” orang keluar dari kereta. Dari Seoul kami hanya bisa naik kereta ke Imjingang, lalu dari situ semua turis mesti ke semacam pos buat dapet kartu identitas yang kalo ga salah dituker sama paspor. Di satu bus, cuman saya yang satu-satunya orang non-Korea, bengong ga ngerti apa2 pas ada orang yg ngomong di depan bus. Di daerah ini entah kenapa banyak bener tentara, mungkin gara2 Korsel dan Korut statusnya masih perang kali ya.
Sebulan setelah di Korea, saya dan teman2 JUSST berlibur ke Thailand. Dalam perjalanan dari Chiang Mai ke Pai (Thailand Utara), bus kecil kami sempat dihentikan polisi/tentara yang memeriksa identitas semua penumpang. Aun sempat bilang “Disini banyak orang Myanmar yang ilegal Nald, makanya banyak pemeriksaan”. Kejadian yang sama kami alami ketika pulang dari Pai ke Chiangmai, minibus kami berkali-kali dihentikan buat diperiksa. Ternyata ketika itu ada kudeta di Thailand (19 Sept 2006) dan militer berkuasa. Sepanjang perjalanan ke Chiangmai saya melihat beberapa tank berkeliaran. Udah gitu di Chiangmai station banyak banget tentara bersenapan di dalam stasiun. Hal yang sama kami liat beberapa hari kemudian di jalan-jalan di kota Bangkok, banyak tentara. Sementara di Indo nyokap udah panik karena saya di Thailand pas kudeta (katanya sempet turun 5 kilo).
Soal tentara di stasiun ini rupanya tidak hanya di Thailand. Di Paris, ketika diadakan Paris Air Show, banyak sekali tentara berkeliaran di stasiun-stasiun di Paris. Saya sampai nanya2 ke Arryn kenapa banyak banget tentara di stasiun. Dia jg nggak tau kenapa. “Biasanya nggak kaya gini Nald”. Udah gitu pas di La Defense, pas nemenin Arryn dan Mbak Wahyu belanja, kami melihat tentara bersenapan di dalem shopping mall. Gile, ada apa ya?
Baru-baru ini, saya berurusan dengan polisi lagi ketika ikutan Traveling Summer University di Spanyol. Polisi beneran dan polisi gadungan. Di Madrid, ada orang sedeng dari Guinea Equator yg nyangka saya ngambil foto dia (padahal saya ngambil foto stasiun Madrid Atocha). Orang item, gede dan resek. Teriak-teriak di jalan. Berhubung saya nyangka di kriminal, saya teriak “policia” berusaha biar kamera saya tidak jatuh ke tangan dia dan orang2 biar ga diem aja (orang2 malah diem). Berhubung ada mobil polisi terdekat, saya kesana bareng dia, lebih aman kan daripada ngasih kamera ke orang nggak jelas. Si hitam tak bisa bahasa inggris dan saya tak bisa spanish. Jadilah ribut2 pake bahasa ga jelas sepanjang jalan ke mobil polisi itu. “I’m gonna hit you” kata dia, asem… asem…. kapan liburan saya bisa damai. Singkat cerita sampailah ke mobil polisi dan saya dan dia menceritakan versi kami sama Pak Polisi. Saya bisa membuktikan di kamera bahwa saya tidak foto dia, melainkan foto stasiun, dan tu orang bilang maaf. “African people are strange people, just stay away from them” kata Pak Polisi. Bener banget, nyebelin banget tu orang.
Beberapa hari kemudian, saya dan Lukas, sesama peserta Summer University dihentikan sama polisi gadungan di Albarracin. Tiba2 aja ada “turis” tersesat yang nanya jalan. Tak lama kemudian ada “polisi” setengah baya meminta saya, Lukas dan “turis” itu menunjukkan identitas dan uang kami. Uang? masa ada polisi yg minta kita nunjukin uang. Untungnya waktu itu di dompet saya duitnya < 10 EUR, dan “polisi” gadungan ini tak tertarik. Yang bikin curiga, ada 1 orang lagi, kayanya komplotan dia yang ikut2an meriksa kita. Mereka berdua tak berseragam. Kayanya bareng “turis” itu mereka komplotan penjahat. Untung kita
 nggak diapa-apain, padahal itu jalan yg kecil dan sempit dan jauh dari jalan raya. Hoki deh. Lalu di Barcelona, Albert nge-joke ketika di salah satu shopping street terkenal di Barcelona, dia bilang “tempat ini adalah the second most touristic place in Barcelona, after the police office”. hehe emang bener tampaknya. Spanyol lumayan banyak petty crimes, alias copet2 ini. Saya bahkan pernah ngeliat dua copet wanita mudah beraksi di dalam metro Madrid. Tapi sebagai orang Indonesia, mungkin insting bahaya kita sudah terasah kali ya, bisa merasakah aura jelek dari copet :p.
Huhhhh, moga2 nggak berurusan sama polisi lagi di masa yang akan datang.
Rencana (masih rough plan), mau balik ke Indonesia pakai jalan darat (mostly kereta). Jadi rutenya kurang lebih
Part 1: To Russia. Delft – Frankfurt – Stuttgart (Bastian) – Muenchen (Kathi) – Dresden – Krakow – Warsaw – Vilnius – Riga – Talinn (Dmitri, Vassily) – Helsinki
Part 2: Trans-Siberia Railway. St Petersburg (Lucy) – Moscow – Suzdal – Nizhny Novgorod – Kazan – Yekaterinburg – Tobolsk – Tomsk – Krasnoyarsk – Irkutsk (Lake Baikal – Olkhon Island) – Circumbaical Railway – Khabarovsk – Vladivostok
Part 3: China. Harbin (Yu Ling, Xiao Fei, Ting Ting) – Shenyang – Tianjin – Zhengzhou – Xian – Chengdu (Xiaoxin) – Chongqing (Maggie) – Guiyang – Kunming
Part 4: Southeast Asia. Hanoi – Vientiane – Da Nang – Ho Chi Minh – Phnom Penh – Angkor Wat – Bangkok (Aun, Nim, Ta, Muna) – Krabi – Kuala Lumpur – Singapore (Albertus, Billy) – Batam – Pekanbaru (Credo) – Lampung – Jakarta.
Durasi +/- 4 bulan.
Duit dari mana ya? ada yg mau sponsorin hehehe :D
Couchsurfing, banyak banget yg perlu ditebengin……
Still planning and planning….

Copy paste email2 correspondence yang akan berguna.

***

Milis IBP

2010年 3月 11日(木)2:09 am

 
Dear IBPers,
 
Aku mau tanya tentang TransSiberia Railway.
1. Kira2 budget yg diperlukan berapa banyak ya kalau mau dari Moscow ke
Vladivostok, all in?
2. Kalau mau jalannya santai (1 kota stay 3 hari, abis itu lanjut
overnight train), dari Moscow ke Vladivostok butuh brp lama?
3. Musim yang cocok kalau mau mulai dari St. Petersburg musim apa? soalnya
setahu aku winter di Siberia itu ganas, jadi pasti jangan pas winter kan?
4. Kira2 bahasa Rusia wajib tahu karakter2 penting or not? Pengalaman
pribadi, di Jepang pas bulan2 pertama kaya orang buta huruf, karena mereka
tak menggunakan alfabet. Kira2 di Rusia banyak plang yg pake karakter
Alfabet? atau hanya cyrilic saja?
5. Trans-Siberian katanya bercabang tiga, yaitu Trans-Siberia, Trans
Manchuria, dan Trans Mongolia, kira2 yg mana yg paling worth it?
6. Tentang visa, apakah sulit u/ mendapatkan visa Rusia, apakah perlu
invitation letter? bagaimana dengan visa Mongolia?
 
Sekian pertanyaannya, thanks in advance buat yg akan menjawab
 
Ronald

***

Next Page »

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.