Posted: Jul 8, ’08 1:50 AM

Semuanya berawal dari email seorang temen (Fita) yg pernah ikutan acara wisata budaya ke Baduy tahun lalu. Berhubung dia tahu gw emang pengen ke Baduy, dikasihlah info2 tentang Baduy ini. Oh ya, penyelenggaranya itu OI (Orang Indonesia). Buat yg ga tau OI itu apa, idem, gw juga dulu nggak tahu. Kata Fita “OI itu penggemarnya Iwan Fals yg pengen menjadikan Iwan Fals sebagai Presiden Indonesia”. Gw terbengong-bengong, dan yg pasti juga bingung. Ada ya group seperti ini.

Pre-departure

Sumpah, gw nggak kenal siapa2 pas gw berangkat. Dari email, gw cuman dapet info bahwa organizernya itu OI, kumpul di Taman Makam Pahlawan Kalibata jam 9 malem hari Jumat. Untunglah Yuni ngasih sedikit pencerahan, temen dia yg namanya Koi ikutan (namanya mirip something kan?). Setelah disana, ternyata gw tau dia punya 2 nama, dan nama dia Khoi (pake H). Untunglah, ada yg bisa ditelp and ditanyain.

Departure @ Kalibata

Hups, nyampe di kalibata jam 9 lebih dikit, dan setelah mencari2, ketemu juga dengan orang2 ini. Gw tanya panitia yang pake baru orange lengan panjang dengan tulisan “Rescue Team” OCC (artinya OI Crisis Center) yang kebanyakan gondrong dan bertampang musisi banget and ada sangar2nya (setelah kenalan baik kok mereka). Gw nukerin bukti transfer gw dengan kuitansi (yang akan berguna untuk mendapatkan kaos + makalah tentang Baduy dan nomor undian anda buat 2x doorprize). Duduk2, kenalan2, ternyata ada beberapa anak yg gw pernah ketemu pas ke Istana Merdeka. At least ada yg tampangnya gw kenal =) dan pernah kenalan, meskipun namanya gw lupa. Disini kita berangkat sekitar jam 10an dengan truk tronton. Pas nanya2 ke panitia, rupanya ada 55 orang yg ikutan (termasuk 2 orang korea yg bisa berbahasa Indonesia).
Tronton Berangkat

Trontonnya berhubung malem, gw nggak tau punya mana. Pokoknya truk tentara aja deh. Tas2 dulu semua dimasukin, gw nggak tau tas gw dimana, pokoknya asal taroh ke atas aja, biar panitia yg nyusun. Sleeping bag gw yg ungu tetap gw pegang, karena sleeping bag itu multifungsi, selain jadi sleeping bag, jg bisa buat bantal hehehe =). Terakhir gw naik tronton itu pas ospek Elektro ’01 dulu, jadi mungkin udha sekitar 7 tahun kali, sampe gw lupa rasanya naik tronton gimana. Nah, bayangin jam 10an sampe jam 3an pagi, u naik tronton, 55 orang dalem tronton, berusaha tidur (posisi duduk) dengan tronton yg gw rasa per-nya udah dol…. Huahhh, akhirnya gw bisa tidur jg, well, nggak bisa langsung tidur sih, gw telpon2an sama temen gw soal planning trip ke Pulau Tunda hehehe =) teteup…. Yup, sampe di Ciboleger sekitar jam 4an, masih gelap, dan gw masih pengen tidur. Panitia sudah menyiapkan tempat di warung yg deket banget sama jalan raya. Yg cowok di ruangan bawah (terbuka), dan para wanita di ruangan atas (2 kamar tertutup). Akhirnya sleeping bag gw digunakan juga… ngantuk booo

Ciboleger – Cibeo (14 KM, 5 jam, 5 bukit)

Pagi2nya setelah sarapan, kita jam 7-an udah pada ngantri mandi (kamar mandinya you know lah), plus jam 8an ada briefing dari panita plus penarikan doorprize dan pengenalan peserta. Jalan sekitar jam 9-an. Nah, tujuan kita ini ke daerah baduy dalem yg namanya Cibeo, and kita akan nginep di Cibeo ini =) di rumah penduduk. Pas briefing kita dibilangin perjalanan berangkat ini sekitar 14 km dan akan melewati 5 bukit =). Bukit terakhir ada yg disebut tanjakan penyesalan. Sama pantia, barang2 yg ga perlu (tiap orang beda2), itu bisa dititpkan di panitia. Gw titipin baju2 gw berapa biji plus buku dah…. Oh ya, gw termasuk orang yg paling akhir berangkat, karena pas yg lain2 udah berangkat, handuk gw malah gw titipin, jadi terpaksa ngerepotin panitia buat buka kamar lagi and ngambil handuk gw (yg mana ga gw gunain eheheh).

Ternyata teman2, ada porter, dan dodolnya dengan pedenya gw bawa bawaan gw sendiri (isinya yg berat2in itu air 3 botol 600 ml and bbrp makanan). Jadilah selama perjalanan awal, gw bermandikan keringat. Udah gitu pas jalan yg nanjak kerasa banget lagi. Porter2 nawarin gitu buat diangkat bawaannya. (ternyata murah jg, 15 rb). Nah, berhubung gw ingin menguji daya tahan gw, gengsi dong, kalo mau dari awal aja =P, jadilah selama 1.5 jam awal gw bawa sendiri. Berhubung gw inget, (tampaknya) gw masih dalam masa pertumbuhan, begitu ada porter ke sekian yg nawarin buat ngangkat tas gw (dia bawa kaya pikulan air gitu), gw mikir (why not, 15 rb aja gpp lah, yg penting gw bisa leluasa ngambil foto). Keputusan yg tak gw sesali karena pergerakan gw jadi lebih bebas dengan kamera (sampe batas ke baduy dalem sih).

Batas Baudy Dalam – Baduy Luar

Setelah 1.5 jam berjalan, sampailah kalian ke batas Baduy Dalem. Panitia udah mulai sibuk bilangin peserta, matikan segala macam alat eletronik kalian. Selama di jalan sih kita ngeliat2 1 kampung baduy luar, and foto2 hehehe, yg ini ga boleh ditinggalkan =), (apalagi buat yg udah kenal gw, sayang gw ga dapet model spt bbrp BA (artinya Business Apprentice) yg narsis2 hehehe).

Selama perjalanan, gile, salah satu tukang porter rupanya dagang minuman juga (so guys don’t worry) ada pocari sweat dan aqua (Pocari 6rb, aqua 3rb). Jalannya disini seperti biasa masih jalan tanah ya =) jadi lu mesti pake sepatu/sendal yg sesuai. Nah, pas di salah satu tempat, tinggal gw sama salah satu peserta yg udah pernah gw kenal sebelumnya (kenal nama doang), tiba2 mendengar suara kaya ada rusuh2 di bawah. Kita ngerinya ada salah satu peserta yg mengeluarkan kamera, dan ketahuan, abis itu terancam jiwanya. Horror banget deh denger teriakan2 di bawah. Pokoknya kita berdua (plus porter yg merangkap tukang jual minuman) saling berpandangan dan menduga2 apa yg ada di bawah situ. Gw ngerinya ada yg dibacok aja. Teori lainnya orang baduy lagi ikutan sabung ayam, tapi kok teriakannya seperti itu ya. Sampai di atas, gw baru tahu dari panitia bahwa mereka sedang berburu (entah ayam atau burung) pokoknya unggas deh.

Cibeo – Baduy Dalam

Nah, dari 5 jam yg dibilangin panitia, kayanya setelah 4.5 jam kita udah sampai Cibeo. Ternyata tanjakan penyesalan yg dibilangin temen gw itu ga sadis2 amat. Buktinya gw nggak ngeh, bahwa itu tanjakan penyesalan. Begitu sampe di Cibeo, gw nanya “tanjakan penyesalan” itu yg mana sih? Ternyata udah lewat dan gw nggak nyadar =P, gara2 gw ada temen ngobrol kali ya? Pokoknya pintu masuk kampungnya itu keren abisss booo, jembatan bambu gitu, dan sungainya jernih banget =) Kita sampe sekitar jam 1.30an PM. Abis itu autis bentar di sungai sebelum pintu masuk ke kampung cibeo. Gw pengen banget ngambil foto gitu, tapi berhubung konsekuensinya diusir keluar dari Baduy dalem no matter what, ya udah ga jadi deh =(

Cibeo – Day 1.

Nah, di Cibeo ini, bener2 balik ke masa lampau. Para pria memakai ROK (benar saudara2 pake ROK). Gw jadi inget orang skotland dengan Kiltnya, tapi yg ini bener2 alami banget. Warnanya cuman hitam/putih saja. Kayanya emang adat mereka ini. Oh ya, makalah yg dibagikan panitia itu guna banget lho buat mengetahui lebih dalem tentang baduy. Baduy Luar warna pakaiannya hitam2, baduy dalam warnanya putih2.

Sampe di Cibeo, gw langsung nyari backpack gw (backpack dengan logo TNI-AU, pokoknya bbrp orang inget deh dengan backpack ini). Ketemu dengan porternya (Pak Uban), bayar 15rb, done hehehe. Abis itu ke rumah penduduk. Gw kan di kelompok 1 kalo ga salah. Tapi berhubung baru 2 rumah yg ada tuan rumahnya, gw di rumah kelompok #3. Ternyata ternyata, anak2 yg lain di bawah udah pada beli nasi buat makan siang. Sedangkan gw nggak tau ada yg jual nasi di ciboleger. Jadilah gw makan pop mie (hiks). Berhubung tampang gw cukup memelas, gw dibagi nasi sama temen (yg gw baru kenal), plus ikan teri + kacang sama teman yg lain. Jadinya bener2 kenyang hehehe.

Pendapat gw tentang orang baduy, wow ada yg udah pernah ke citos dan pasar rebo. Ini baduy luar yg lagi mampir di baduy dalem. Nah, orang baduy luar anatomi kakinya berbeda lho, contoh kaki kiri orang tua yg gw perhatikan, itu jari2 kakinya ga rata, pokoknya mengarah ke kanan semua, a little bit unique menurut gw. Udah gitu ada wanita yg menurut gw masih belasan tahun, gendong bayi, gw sama temen gw saling berpandangan “itu anaknya apa adeknya?”

Udah gitu, mandinya mereka di sungai Bo, kemewahan tempat mandi itu adalah bilik yg atasnya kebuka. Jadi buat para cewek mesti punya pasukan penjaga bilik untuk mengusir anasir2 jahat (baca tukang ngintip). Nah, pernah nonton si Doel kan? Mirip2 gini lah kamar mandinya. Kalo mau pee, di sungai, kalo pup, jg disungai, jadi tahanlah kebutuhan kalian itu sampe ke ciboleger, kecuali yg pengen dapet pengalaman pup di kali (bahasa sengaja gw perhalus).

Udah gitu, para pria baduy membawa golok

, termasuk anak kecil yg berumur 4-5 tahun (beneran, gw nggak boong). Jadi jangan macem2 sama mereka guys.

Polulasi ayam akan berkurang satu, karena salah satu peserta secara tak sengaja menginjak anak ayam (poor chicken). Gw nggak tau itu akan dimintai ganti rugi apa nggak.

Souvenir

Selama menunggu tuan rumah, banyak banget orang2 yg jual souvenir. Pertama2 dijual satunya 3000. Nah, kemampuan tawar kalian akan diasah disini. Berhubung gw lagi nyari gelang tali rami titipan temen gw, gw nanya aja, “Kang, 10rb dapet 4 boleh ga”, hehe dikasih.

Ternyata setelah itu ada tukang souvenir yg lain. Yg ini dapet 10rb dapet 5 barang. Ya udah, gw beli lagi, gara2 gelang tali rami yg pertama kali gw beli itu salah. Anggep aja buat kenang2an =)

Besok paginya, ada tukang souvenir lagi, temen2 beli 5000 dapet 3 item, alias 10rb dapet 6. Huhuhu, gw nggak tau harga pasaran. Jadi teman2 kalo beli inget lho, 10rb bisa dapet 6 item. Kalo kalian belinya barengan ya heheheh =)

Di Ciboleger, ada yg jual kaos. Harganya itu rp 15rb buat ukuran M, dan 20rb buat XL. Jadi jangan dimahalin ya yg minggu dpn kesana.

Kain tenun itu 25rb. =) pokoknya dari ciboleger, naik ke atas, ketemu prasasti, masuk ke kampung baduy, abis itu jalan aja, ada di sebelah kiri yg jual2 kain tenun, yg pendek itu 25rb =), jalan lagi ke arah atas, sebelah kanan ada 2 orang yg jualan souvenir kecil2 =)

Cibeo – Day 1 (Night)

Pokoknya malem2 lu nggak bisa ngapa2in deh. Orang cuman ada cahaya lilin alamnya baduy doang. Entah dari apa tuh, kayanya dari semacam kayu2an. Makan malem di ruangan yg remang2, nggak heran orang baduy anaknya at least 4 (that’s the reason). Hiburannya apa lagi coba??? Tapi dari makalah, tampaknya mereka punya teknik khusus untuk menjaga biar nggak hamil. Pake ramuan baduy nampaknya (jadi inget ramuan madura).

Malemnya makan bareng. Disini gw rasa suasana kekeluargaan bener2 terasa. Makanan semua peserta dikumpulin jadi satu, dan kita semua makan bareng dengan tuan rumah. Inget lho, disini rupanya udah ada mangkok keramik =). Gw nggak dapet sendok =( ternyata botol akua 600 ml itu bisa dijadikan bahan baku beberapa sendok plastik. Gw pake satu (PS: Buat apprentice yg minggu depan ke Baduy, bawa sendok, garpu, etc, plus abon/ikan teri, penting lho!!!!)

Cibeo – Day 2

Pagi ini beberapa orang memenuhi panggilan alamnya di pagi hari, ketika gw mencari semak2 dan memenuhi panggilan alam, gw melihat ekor suatu mahluk, gw mikir kadal, tapi setelah mikir2 lagi OMG itu ular, buru2 deh gw selesaikan dan cabut. Ini pertama kalinya gw liat ada cowok yg kencing jongkok. Lucu jg ngeliat orang gondrong yg tampangnya sangar kencing jongkok (dari belakang) huahaha. Gw sempet hampir nginjek kadal jg.

Jam 8an kita ketemu dengan “kepala suku”-nya Cibeo. Banyak banget info dari beliau. Mengapa ga boleh gini, mengapa ga boleh gitu, pokoknya kalo dia ga bisa jawab, jawabannya pasti “Udah aturan adat” yeee…. soal perkawinan, mereka rupanya hanya sekali, yg mau dikawinin di-amprok-in, dan jadilah…. (jadi apa ya??) udah gitu ga boleh cerai, kalo cerai mesti keluar dari kampung. Agama di Baduy itu Islam Sunda Wiwitan, mereka percayanya nabi Adam (okay)…. Sesi tanya jawab ini lumayan deh, kecuali entah gimana “kepala suku” ini merasakan ada orang asing diantara kami (orang korea), dan kayanya panitia dibilangin “lain kali jangan ya” -> sumbernya cukup terpercaya.

Noted that di perjalanan pulang (1 jam sebelum sampe ciboleger), gw menemukan cendol terenak yg pernah gw rasakan. Udah gitu di kampungnya ada jual cimol lagi =). Akhirnya ada sentuhan dengan peradaban. Perjalanan pulang ini sekitar 3 jam (rancana), tapi di gw jadi 4 jam, gara2 gw sibuk2 foto2 (agak ngejomplang sih, soalnya Esti dan Khoi pake kamera SLR lensa pajang gitu, gw cuman kamera saku). Pokoknya berangkat jam 9an nyampe sekitar jam 1an

Ciboleger

Kamar mandinya kan cuman 4, pulang2 setelah ga mandi sejak sabtu pagi, kita semua banyak yg ngantri. Pengalaman gw parah banget, air tinggal dikit, udah gitu pas gw lagi mandi, gw ngeliat ada kecebong (bener ga sih??) yg bekeliaran di dasar bak (OMG), terakhir gw nemu ini pas di Lampung, pas gw sikat gigi, kok di baknya ada ikan, sumpah langsung ilfil. Mandi kali ini serasa nggak mandi =(, gw sempet malak odol dari orang lain hehehehe

OH ya, deket tempat makan kita, jalan ke arah kampung baduy ada tenunan baduy, lumayan buat oleh2.

Tronton – Ciboleger -> Jakarta

Tronton tiba di ciboleger jam 6 sore. Which is late banget, karena yg tahun lalu jam 3 sore udah sampe and anak2 udah sampe jkt jam 7an. Sebelum pulang group foto dulu dan semuanya dimasukkan ke tronton. Sumpah perjalanan pulang itu bener2 nightmare banget. Tronton itu seolah2 nggak punya per (pokoknya gw videoin tas yg digantung itu goyang2 kaya kena gempa 7 skala richter). Udah gitu terpal depan dibuka, jadilah angin malam masuk. Mana gw nggak pake jaket lagi, cuman kaos doang. Masuk anginlah awak…..

Udah gitu sebelum pulang, kepala gw sakit banget, mana paramex ada di tas lagi. (dan tas gw entah dimana). Plus berhbung masuk angin ada gejala mau dapet jackpot. Ternyata cewek di depan gw yg dapet jackpot duluan, dan jackpotnya jatuh ke orang di sebelah dia (cowok yg gw rasa jg baru kenal di trip ini). Sungguh hal yang tak akan dilupakan buat orang tsb. Tronton berenti bentar, peserta yg muntah dipindahin ke sebelah sopir. Gw turun, dan berusaha meredakan masuk angin gw. Dikasih tolak angin sama salah satu peserta + Panadol sebutir. Agak mendingan lah…. Tapi sumpah deh, itu perjalanan darat terburuk yg pernah gw alami, especially 3 jam pertama. Mana tercium bau muntahan lagi (yg berusaha dinetralisir dengan memberi minyak kayu putih di daerah bekas muntahan).

Sampe di slipi jaya, bbrp orang turun, termasuk gw, dan gw mendadak jd public enemy gitu gara2 gw nyari tas gw dan sleeping bag gw (jadi lebih lama kan berentinya). Untung ketemu. Huehhh, kalo nggak gw terpaksa turun di kalibata which is lebih jauh.

oceanebleue wrote on Jul 8, ’08

tambah foto lbh keren nih

 

el01173 wrote on Oct 11, ’08

Done, gw tambah 1 foto ya :p