Saatnya share balik ke milis setelah trip.

Sekedar informasi, rencana saya diubah di hari2 terakhir berdasarkan
masukan dari beberapa teman. Planning akhirnya menjadi

Day 1: Zurich
Day 2: Zurich – St. Gallen – Vaduz (Liechenstein)
Day 3: Vaduz
Day 4: Vaduz – Bernina Express (Davos -> Tirano (kota perbatasan Swiss
Italia) – St. Moritz
Day 5: St. Moritz – Zermat (pakai Glacier Express)
Day 6: Zermatt – Darmodossala (Italy) – Lucarno (Scenic Train) – Lugano
Day 7: “William Tell Express Route” (Lugano -> Fluelen -> Lucerne) –
Interlaken (sebagian Golden Panoramic Pass Route)
Day 8: (sebagian Golden Panoramic Pass Route Interlaken -> Montreaux) ->
Geneva – Interlaken
Day 9: Interlaken – Grindenwald – Interlaken – Sion – Basel
Day 10: Basel

Enam pertanyaan saya akan saya coba lengkapi jawabannya (selain jawaban
dari Mbak Betti/Mbak Tari/Esma via Japri)

1. Swiss Pass vs Interrail Pass. Awalnya berencana membeli Interrail
pass yg 6 hari flexible in 1 month. Tapi setelah ke kantor Rail Europe di
Piccadily dan nanya2 mbak-mbak yang jual, katanya Glacier Express (yang
jadi highlight trip saya) itu sebagian rute-nya nggak ke-cover. Kalo beli
interrail + ngeteng, katanya jauh lebih mahal dibandingin beli Swiss Pass
8 days. Jadinya saya memakai swiss pass (day 2 – day 9 di itinerary
saya). Keuntungan lain Swiss Pass ini: Bisa dipake buat masuk ke museum
(ini jg semacam museum pass).

2. Seperti di Nomor 1. Glacier Express bisa pakai swiss Pass. tapi mesti
bayar biaya reservasi sekitar 10 Pounds. Interrail pass valid untuk
sebagian rute glacier express.

3. Swiss itu mahal euy… bayangin aja kebab itu seharga 10 CHF (silahkan
dirupiahkan). McD jg mahal. Akhirnya saya bertahan dengan belanja makanan
di supermarket (COOP supermarket gedenya). Lumayan hemat sih (meskipun
harga di supermarket relatif lebih mahal dibanding supermarket sejenis di
negara2 Eropa lainnya)

4. Budget per hari kemarin itu sekitar 55 CHF/day. (penginapan + makan).
Ini excluding biaya transportasi yg pake swiss pass.

5. Couchsurfing. Kebetulan karena saya mepet banget, nggak dapet host.

6. Itinerary diadjust seperti diatas

7. n/a

Sebelum saya ke Swiss, sama temen dibilangin manfaatkan sebaik2nya naik
kereta kalau udah di swiss. Karena pemandangannya keren banget dari
kereta. Saya ngikutin saran dia dan sekitar 6 hari menghabiskan at least
6 jam buat nyoba2 panoramic trains-nya swiss.

List panoramic train swiss
1. Glacier Express (St. Moritz – Zermatt). Berangkat jam 9 AM dari St.
Moritz, sampe Zermatt jam 17.30
Link youtube
2. Bernina Express (Davos / Chur – Tirano). Saya kebetulan ngambil yg
dari Davos – Filisur. Di filisur itu jam 10.30 sampe Tirano jam 13.30an.
Abis itu ngambil kereta lagi buat ke St. Moritz
Link youtube
Reservasi bayar CHF 9.00
3. William Tell Express
Rutenya Lucarno/Lugano ke Lucerne. Sebenarnya terbagi dua bagian. Bagian
1 itu naik kereta dari Lucarno/Lugano ke Fluelen. Bagian 2 itu naik ferry
dari Fluelen ke Lucerne. Nah, kalau mau ikutan william tell express ini
bayar reservasinya sekitar CHF 30. Berhubung kemahalan (dibandingkan
Glacier Express / Bernina Express yglebih terkenal, saya ogah ikutan.
Sama petugasnya disaranin naik kereta reguler aja (Panoramic Train itu
gerbongnya punya kaca yang lebih gede dibanding gerbong reguler).
Pemandangan sama karena rute-nya sama, tapi beda dapet kaca gede/nggak
aja. Khusus buat William Tell Express, cuma ada first class
(kereta+ferry).
4. Golden Panoramic Pass
Ini tanpa biaya reservasi. Rutenya dari Lucerne – Interlaken – Montreaux.
Keren view-nya. Bedanya dibandingkan no 1-3, kaca jendelanya bisa
diturunin, jadi foto-nya bisa bagus (refleksi kaca itu bikin gambar jadi
jelek pas ikutan no 1-3).
5. Centovally Railway (Domodossala – Locarno)
Ini juga keren view-nya. Dari Zermatt ke Domodossala itu ada terowongan
panjang, dari Domodossala ke Locarno ada Scenic train. Isinya pegunungan2
Alps dan keretanya bener2 pelan. Reservasi CHF 2 bayar di dalam kereta.
6. Ada lagi dari Lucerne ke Romanshorn (sayangnya ga sempet coba euy, ga
keburu).
http://www.world-railways.co.uk/journeys/journey/119/

Btw kalo mau liat list Scenic Train-nya eropa bisa dilihat di
http://www.eurail.com/trains-europe/scenic-trains

Soal hostel, rate-nya sekitar CHF 30-50 per malam (dorm), tergantung
lokasi. Tempat saya nginep
Malam 1: Zurich – City Backpacker – Hostel Bieber
Malam 2: Vaduz – Schaan Youth Hostel
Malam 3: Vaduz – Schaan Youth Hostel
Malam 4: St. Moritz – Randolins
Malam 5: Zermatt – Matterhorn
Malam 6: Lugano – Hostel Montarina(deket banget sama stasiun)
Malam 7: Interlaken – Backpackers Villa Sonnenhof (the best in my view)
Malam 8: Interlaken – Backpackers Villa Sonnenhof (the best in my view)
Malam 9: Basel YMCA (deket banget sama stasiun)
Malam 10: otw back

Review singkat ttg hostel: yg agak parah di Zermatt dan Lugano. Lugano
sekamar ber-15 dan di Zermat kamarnya lampunya bermasalah dan kamar
mandinya tirai doang. Interlaken Villa Sonnenhof yang paling bagus (I’ll
definitely stay there again). Randolins sarapannya super enak dan
view-nya keren abis. Yg lain average. Basel YMCA ngasih mobility ticket
(bisa buat gunain transportasi gratis selama tgl menginap di YMCA)

Sekian sharing dari saya, semoga membantu buat yg akan ke Swiss di
kemudian hari

******************************
Rekan2 IBP,

Saya ingin mohon informasi mengenai Swiss dan Liechenstein. Saya
berencana ke Swiss selama Easter Holiday sekitar 10 hari bulan April ini.
Yang baru fix rencananya bermula di Zurich dan berakhir di Basel (tiket
pesawat aja yg baru dibeli). Rencana day to day masih di-planning.

Pertanyaannya:
1. Untuk itinerary di bawah, kira2 manakah yg lebih worthed, memakai
interrail atau swiss pass?
2. Apakah interrail/swisspass berlaku untuk glacier express?
3. Ada tips buat menghemat di Swiss? katanya mahal banget disana
4. Budget per hari kira2 berapa ya?
5. Ada yg pernah couchsurfing di swiss? jika ada, mudah-kah mencari host?
6. Ada usul in general, apakah itinerary dibawah perlu di-adjust? mungkin
dikurangi atau ditambah kota2 yg perlu dikunjungi
7. Kalau ada teman2 yg dalam waktu dekat ini akan ke Swiss, (setahu saya
Mbak Tari mau kesana jg, info2 ya, siapa tahu bisa ketemuan).

Itinerary awal (mungkin berubah)
Day 1: Zurich
Day 2: Rhine waterfall / Schauffhausen / naik ferry ke Friedrichshaven
(Jerman) – nebeng temen
Day 3: Friedrichshaven / St. Gallen
Day 4: Vaduz (Liechenstein)
Day 5: Vaduz (Liechenstein) – Davoz – St. Moritz
Day 6: Glacier Express (St. Moritz – Zermatt -> 7 jam).
http://www.glacierexpress.ch/en/Pages/default.aspx. Swiss Pass atau
Inter-rail disini berlaku nggak ya?
Day 7: Zermatt – Interlaken (Jungfrau)
Day 8: Interlaken atau Berne (??)
Day 9: Basel
Day 10: Basel