Di milis ada yang nulis bener2 salah pilih universitas kalo datang ke Delft dengan memasukkan opsi jalan-jalan.

Bener-bener perlu dikomentarin nih :))

Pengen ngomentarin yang berwarna biru

bener2 salah pilih universitas kalo datang ke Delft dengan memasukkan opsi jalan-jalan.
Kerja part-time hanya dalam kondisi yg sangat terpaksa saja, trust me guys… part-time work is not going to get you anywhere (based on true story)

so please dont make your life harder than it should be.

tertulis nanti di verbliftvergunning kalian (kartu residence permit ) status tinggal kita adalah: Full-time Student.
Full-time student means Full-time study šŸ™‚ simple and clear.

Tenang aja, buat yg datang ke Delft dengan opsi jalan-jalan, masih ada harapan kok. *ini ngomongin tentang anak2 TU Delft ya*
Dengan status full time student, berarti dalam setahun anda mendapatkan jatah 2 minggu libur Christmas and New Year di Desember, 11 hari spring break di akhir April-awal May, 4 hari easter break di awal April dan 2 bulan summer holiday July-August. Ini dalam satu tahun ajaran (case study tahun ajaran 2008-2009, mungkin skrg berubah, cek ke International Office).

Rajin-rajin aja ngecek international office buat acara jalan2 apa untuk International student: dulu sih ada ke Keukenhoff, Delta Works, Zaanse Schans, Musum van Gogh dan Canal Trip Amsterdam. Kalau mau yg local, ada friday night events.

Belum lagi weekend itu masih bisa digunakan untuk meng-explore South Holland (Delft/Den Haag/Rotterdam/ Leiden) ataupun North Holland (Amsterdam) di bulan-bulan awal. Kalau udah agak lamaan Groningen/Maastricth/Eindhoven bisa dikunjungi. Buat yg deket-deket beli tiket kereta biasa aja (jangan lupa apply Discount card-nya NS, berlaku setahun terakhir kayanya 55 Euro, worth it kalo suka jalan2).

Kalau buat yang jauh (e.g Maastricht / Groningen) bisa pake tiket Blokker/Kruidvat/HEMA/Albert Heijn mengenai one day ticket ke seluruh Netherlands (harganya variasi dari EUR 12.5 s/d EUR 15).

Kalo bosen sama Belanda pas weekend, masih bisa lho weekend trip ke Paris / Brussel / London / Jerman bagian barat (provinsi North Rhein Westphalia, kota2nya antara lain: Bonn, Dortmund, Duesseldorf). Berangkat jumat malam, sampai tujuan sabtu pagi. Sabtu dan minggu jalan seharian. Minggu malam pulang, senin pagi sampai Delft, abis itu ikut kuliah deh. http://www.eurolines.nl

Dengan status full time student pula, anda bisa bergabung dengan organisasi2 mahasiswa seperti AEGEE Delft, BEST Delft, AIESEC. Mereka punya program2 summer yang OK punya di seluruh penjuru Eropa. AEGEE yg punya 300-an Antena (cabang) di seluruh Eropa dan sering mengorganize acara2 seperti Traveling Summer University, Language Course, etc selama 2-3 minggu dan biayanya
200an Euro. Summer 2009 saya pusing milih pilihan 1, 2 & 3 untuk disubmit ke AEGEE Delft karena ada 90an program yg semua sama2 menarik, termasuk Trans-Siberia Tripnya AEGEE Moskwa….. (yg paling susah seleksinya tuh).
Link AEGEE Delft http://www.aegee-delft.nl/joomla/index.php

Link Summer University AEGEE http://www.projects.aegee.org/suct/su2011/

Kalau buat anak teknik ada yg namanya BEST. Mereka bikin competition, course (tentunya berkaitan sama kuliah dan having fun) dan biayanya sekitar 50an Euro buat seminggu (incl. Accomodation).
http://www.bestdelft.com/

Tambahan lagi dari AIESEC, temen ada tuh yg sampai ke Kenya, volunteering sama kegiatannya AIESEC di summer 2009.
http://www.aiesec.nl/

Mau yang diorganize sama student organization? di TBM ada Curius yang tiap tahunnya ngadain trip entah kemana (2009 ke Barcelona dan 2010 ke Moscow). Biayanya? 150 Euro karena biaya lainnya disubsidi perusahaan/universitas.

Mau yang dari YES!Delft? ada kunjungan ke China bulan april 2010, tahun sebelumnya ke Silicon Valleynya california. 500-am euro buat 2 minggu all in. Emang sih pake seleksi, tapi worth to try kan?

Lalu program2 exchange sama partner universities baik short term (1 minggu) di seluruh penjuru Eropa. Tinggal pilih kota mau Budapest , Istanbul, Leuven, Lisbon , Madrid, Milan, Munich, Paris , Prague , Thessaloniki, Trondheim, Vienna, atau Warsaw. Namanya ATHENS Programme dan selama setahun ada dua kali kesempatan untuk ikuta program ini (Bulan November dan Maret). Case Study: ATHENS program di Paris -> program introductionnya? 2 hari keliling Paris dan wajib hukumnya, lalu 5 hari kuliah (jam 9-5) setelah jam 5? keliling Paris lah…..
http://www.tudelft.nl/live/pagina.jsp?id=a125e032-e486-4eee-ad6b-b10a1dca4804&lang=en

Kalau mau yg long term (1 semester / 1 tahun) ada pilihannya kok di seluruh penjuru dunia (Norway, Brisbane, Paris, Ekuador, Singapore, Ann Arbor, Pitssburgh, Zurich, Tokyo etc), saya kadang2 cukup melihat foto2 facebook teman2 yg ikutan untuk “mengunjungi” negara2 lain. Apalagi ketika mereka ikutan exchange cukup rajin posting foto2 traveling mereka :). Tempat thesis pun kadang2 ajaib seperti Kenya atau Afrika selatan. Malah ada yg sampai ke India. Anak2 Management of Technology cohort 2008, 1/4nya ikutan exchange. Angkatan 2007, 1/2nya ikutan exchange.

Bingung nginep dimana? cari hostel, atau kalo mau yg gratisan gunakanlah alumni network buat nebeng, ikutan couchsurfing / hospitality club, atau kalo kepepet tidur di bandara/stasiun/lobby hotel/taman.

Buat yang ke TU Delft, mungkin perlu diingat bahwa network TU Delft dengan universitas lainnya sangat bagus. Manfaatkanlah……

“bener2 salah pilih universitas kalo datang ke Delft dengan memasukkan opsi jalan-jalan.”

Semoga memberi pencerahan :) happy

R
~ ex-part time student ~
PS: satu2nya kelemahan Delft untuk jalan2 adalah tidak ada bandara RyanAir di deket2 sini

Advertisements