“You’ve been to Nagasaki, but you haven’t visited Jindaiji?” kata Beer keheranan. (Beer: sensei traveling di Jepang)

“Nop”, jawab saya sambil menggeleng karena saya belum pernah mengunjungi salah satu kuil terkenal di Tokyo ini yang hanya berjarak 3 km dari kampus dentsudai, sedangkan jarak Nagasaki hampir 1400 km dari Tokyo. Perlu dua night train, Moonlight Nagara dan Moonlight Kyushu ditambah 4 jam kereta dari Hakata untuk mencapai Nagasaki. Jindaiji? palingan hanya 10 menit naik sepeda. Dan saat itu Jindaiji belum saya kunjungi. Hal itu membuktikan salah satu sifat saya: menunda2 mengunjungi tempat yg dekat, karena mikir kan deket, bisa kapan2 aja dan memprioritaskan tempat2 yang lebih jauh.

Sebenarnya itu bukan yg pertama kali. Kebun binatang di sebelah ITB, yang literally cuman dipisahin jalan Tamansari baru saya kunjungi setelah empat tahun kuliah di ITB. Sebelumnya cuman ngeliat doang, “oh disitu ada kebun binatang”. Tanpa ada niat masuk ke kebun binatang itu. Akhirnya sebelum ke Jepang saya mengunjungi kebun binatang ini supaya “at least pernah ngunjungin”.

Hal yang sama berulang 4 tahun kemudian, di Delft. Ketika turis-turis dari penjuru Eropa datang ke Delft untuk melihat Delft Blue factory (De Koninklijke Porceleyne Fles), saya sama sekali belum pernah masuk ngeliat factory-nya, padahal Delft Blue ini letaknya sebelahan sama TU Delft, palingan cuman kurang dari lima menit jalan kaki dari gedung TBM. Tiap hari dilewatin, sekalinya masuk kesitu pun cuman ke souvenir shop, bukan ngeliat cara Delft Blue ini dibikin. Dulu mikir, “ah, nanti juga kan bisa”, nanti-nanti ini nggak pernah ditindaklanjuti. The Art of Procrastination :D.

Satu lagi yang kelewatan di Delft adalah naik ke menaranya Nieuwe Kerk. Sebenernya dulu udah hampir naik sih, tapi kebetulan pas dikunjungi lagi tutup buat ke atas. Yo wis lah, belum jodoh. Moga2 pas nanti ke Delft akhir July ini kesampaian naik ke atas menara.

Ada Nieuwe Kerk (New Church), pasti ada juga Oude Kerk (Old Church). Oude Kerk Delft sih sebenernya udah pernah dikunjungin, tapi ada satu hal yang kelewatan, ziarah di makamnya William of Oranye, bapak bangsa-nya Belanda yang mati dibunuh sama Balthasar Geerards (bukan Baltahsar van der Polweg ya). Masukin di List.

Satu lagi yang terkenal dari Delft, Vermeer si pelukis “The Girl with the pearl earrings” yang sekarang dipajang di Mauritshuis Den Haag. Katanya sih di Delft ada Vermeer Center, tapi itu dimana ya? kayanya nggak pernah liat meskipun tinggal 2.5 tahun di Delft. Kelewatan kali ya?

Saatnya bikin hit list, dari Delft ada bbrp tempat yang perlu dikunjungi (ada lagi yg kelupaan nggak?)

  • Royal Delft
  • Nieuwe Kerk
  • Makamnya William van Oranye
  • Vermeer Center (ini dimana ya?)

Dari Delft, pindah ke kota tetangga, Den Haag. Kayanya hampir semua tempat disini udah dikunjungi deh. Wong Den Haag jadi tempat favorit buat dikunjungi pas weekend kalo lagi pengen keluar dari Delft. Ada satu tempat yg belum kesampaian dikunjungi: Ridderzaal (Knight Hall) di Binnenhof. Ini tempat Ratu Belanda ngasih pidato pas Prinsjesdag. Nggak sempet kesana pas bulan Januari kemarin. Masukin di list deh.

Di kota tetangga yang lain, Rotterdam, ada satu tempat wajib yang sampai sekarang masih belum dikunjungi: Kinderdijk. Padahal deket banget gitu yah. Masukin di list. Ada lagi tower yang namanya Euromast, ini tampaknya jg perlu dikunjungi. Almamater superviser 1 thesis di Erasmus Universiteit Rotterdam juga rasanya perlu dimasukin ke list. Sering denger nama sekolahnya tapi blm pernah ngeliat. Apa lagi ya di Rotterdam? perlu ke stadionnya Feyenoord ndak ya? di Rotterdam jg katanya ada Zoo yang lumayan gede. Let’s see lah. Dulu aja di Tokyo, Ueno Zoo nggak sempet dikunjungi.

Ke “Dam” yang lain alias Amsterdam. Masi ada Anne Frank House yg sampai sekarang belum dikunjungi, padahal dari 2005 udah masuk ke list gara2 pas pertama kali mau kesana sama Feli gagal total, antriannya panjang pisan euy. Perlu ke Volendam lagi nggak ya? foto sendirian pake baju tradisionalnya Belanda. Disini jg saya blm pernah bener-bener masuk ke stadion-nya Ajax Amsterdam, padahal tempat internship dulu sebelahan sama stadion ini.

Leiden rasanya udah tamat, mungkin yg kelupaan cuma ngunjungin tempat yg ada panekuk raksasa itu. Yg lain2 rasanya udah pernah. Tanya Ainil aja apa lagi yg menarik di Leiden.

Kalo ke selatan, Eindhoven palingan cuman mau ngunjungin Mentari-nya Desiree-Mas Zalfany. Stadion PSV Eindhoven kayanya bisa jg dikunjungi tuh. Sama tempat bowling raksasa itu, itu dimana sebelah mana ya?

Utrecht, udah sering sih kesini. Apa ke tempatnya Marcela aja ya? apa ke tempat Syafri?

Daerah tengah: Wageningen, Arnhem dan Nijmegen juga blm pernah sekalipun dikunjungi. Julian lagi shift malem dan nggak bisa nge-host (lucunya lagi ex-housemate yg lain, Fredy, baru sampai Belanda tgl 31 July, sehari setelah saya akan balik ke London, dulu juga dia ke Michingan sehari setelah saya ke London, emang ni anak jago bikin timing). Yuni nawarin ikutan BBQ-nya ISC Wageningeng tgl 23 July, tapi saat itu rasanya saya lagi kolaps setelah naik bus 10 jam dari London (demi cap visa imigrasi Prancis, complicated deh). Di Nijmegen jg ada siapa ya? atau lebih cocok, ada apa yg justified buat ngunjungin kota tsb. Denger2 ada museum WWII di salah satu kota ini, operation market garden-nya band of brother.

Kota-kota di Belgia bagian utara: Ghent, Brugge, Antwerp juga blm pernah dikunjungi. Kayanya nggak sempet deh. Maybe next time.

So little time, so much thing to do…… apa lagi ya yang belum masuk list? tapi yg jelas kunjugan ke Delft ini mesti ngeberesin hal-hal yang utama: deregister dari Gementee Delft (minta uitreksel 60), cancel NS discount card, beresin telepon T-Mobile, moga-moga boleh perpanjang paspor di KBRI Den Haag, ngambil backpack/sleeping bag/perlengkapan traveling yg masih tertinggal di Balpol 462, kirim buku2 yang masih tersisa ke Indonesia, ngasih barang2 warisan entah ke siapa, ngambil salib-nya ISC Delft, jangan lupa juga cancel hostel Paris yg tgl 26-28 July, makan Fat Kee. Wahhhh list-nya panjang bener……

Ada yg perlu ditambahin di list? dan yg paling penting, ada yg mau pinjemin sepeda tgl 23-30 July? šŸ˜€