Saya kepengen nambahin aja soal Tier 2 Visa. Saya tahun ini dapet Tier 2 Visa- General. Ada beberapa company yg masih mau men-sponsori ngasih Tier 2 Visa, tapi ini tergantung hoki menurut saya. Hokinya: saya keterimanya karena jalur referral, salah satu senior saya kerja di perusahaan tsb. Dapat offer job-nya Desember tahun lalu, dikasih certificate of sponsorship number, lalu ngurus visa Tier 2 ini di konsulat UK di Amsterdam, butuh 3 minggu buat keluar visa-nya. Biaya visa (EUR 450an) saya yg bayar sendiri di konsulat UK dan di-reimburse kantor (masuk relocation cost). Peraturan imigrasi yg memperketat pemberian visa itu berlaku tahun ini. Temen saya yg daftar di company yg sama bulan Maret 2011 udah ditolak dari seleksi awal (dia dapet referral dari saya), padahal menurut saya kualifikasinya diatas saya.

Saya jg kenal beberapa orang yg dapat Tier 2 Visa – General disini, yg visa-nya disponsori company. Jadi masih ada kemungkinan dapat-nya, asalkan kita bisa meyakinkan employer kita untuk ngasih sponsorship (tp ini seasonal, tergantung kebutuhan company).

Dulu yg agak ribet, soal TOEFL saya jg udah kadaluarsa. Plus mesti ngurus surat dari UK NARIC yg menyatakan bahwa gelar saya setara setidaknya dengan bachelor degree di Inggris (ini sekitar GBP 50an).

Buat informasi jelas tentang Tier 2 visa bisa dilihat disini:
http://www.ukvisas.gov.uk/en/howtoapply/infs/inf26pbsskilledworker

Tier 2 visa ini dibagi 4 kategori: General, intra-company transfer, sportsperson dan Minister of Religion. Saya dapetnya yg kategori General. Teman saya di ConocoPhillips ada yg pernah tugas di Aberdeen selama setahun dengan jalur intra-company transfer, skrg udah balik ke Indonesia. Biasanya yg masuk COPI jalur GRAD (atau skrg udah ganti nama jadi Petro Apprentice) peluangnya lebih besar untuk penugasan di luar.

Kekurangan Tier 2 UK Visa ini adalah status sponsorship-nya. Artinya kita terikat untuk bekerja di perusahaan yg men-sponsori kita. Jadi kalau kontrak di-terminate, berarti anda harus (1) pulang ke Indonesia atau (2) nyari perusahaan lain yg mau mensponsori anda (yg skrg makin sulit saja sejak imigran2 dari Eropa Timur dikasih unemployment benefit).

Seperti kata Pak Zein, hati2 sama hoax/scam. Teman saya pernah mengalami hal ini dua minggu lalu. Dia dikirimin email dari perusahaan fiktif berbasis di UK (Maylux Insurance -> mayluxinsurance.com.) yg bener2 niat banget bikin website (fiktif), etc. Mereka minta dikirimin CV (incl. nama, alamat tinggal, alamat surat, sama no hp). Sama teman saya di-track down dan ternyata web-nya terdaftar di Nigeria dan websitenya copy mentah2 salah satu insurance company di Australia -> dia kerja di Insurance company, bukan di oil and gas. Satu lagi yg perlu diwaspadai “Liat emailnya agak aneh sih karena kalo lolos akan diundang untuk 2 minggu orientation.”
Kayanya jarang ada yg ngundang buat orientation.

Satu temen saya ngambil dependant visa dulu. Istrinya kebetulan diterima kerja terlebih dahulu, dan suaminya (yg masih kuliah S2 di Eropa) nyusul. Abis itu si suami nyari2 kerja dengan dependent visa ini.

Satu cara lagi adalah post-study visa, tapi saya kurang tahu ini masih ada atau tidak ya? Mas Zein bisa mengkoreksi? denger2 sih lulusan UK dapet 2 tahun post-study visa untuk mencari kerja. Tapi bulan lalu ngobrol sama dua mahasiswa yg lagi internship 2 minggu di kantor, mereka bilang tahun ini post-study visa mau dihapuskan, CMIIW.

Kalau peluang di negara2 lain, tetap saja bisa, tapi ada kendala di bahasa. Aplikasi saya berkali2 ditolak karena bahasa Belanda saya kurang fasih (tp ini tergantung company belanda sih, ada yg nerima ada yg nggak), malah keterimanya di UK.
Kalau tertarik di Belanda, ini saya copy paste email temen.

Dulu web gw nyari intern itu di www.integrand.nl
Nah untuk perusahaan gw coba ke monsterboard.nl atau juga erasmusrecruitmentdays.nl/default.aspx?MenuID=63
Sama Rotterdam Bedrijven Dagen gw lupa webnya apa.
Cek disini juga : students/Career_Services/Jobs

Temen yg di Prancis nyari kerjanya memakai Kelly Services. Adalagi gradcracker.com buat engineering jobs di England.