Berikut ini merupakan kompilasi diskusi anak2 Huygens 2008 via email sekitar May 2009 mengenai what’s next after graduation. Awalnya ada 4 pilihan yg tersedia: (1) PhD, (2) Kerja di Belanda, (3) Kerja di EU, (4) Balik ke Indonesia. Tapi akhirnya dapat tambahan 2 pilihan (5) Kawin dan (6) Nyampah

Email ini dikompilasi setelah bbrp temen angkatan 2009 mulai nanya2 soal zoekjaar, etc. Daripada ngulang cerita yg sama berkali2, email2an anak HSP Huygens Indonesia 2008 dicompile aja, wong isinya sama. Ada yg mau nambahin? (ditujukan ke angkatan 2008)

***

Ada yg mau berbagi info mengenai apa yg akan dilakukan setelah graduasi dari Belanda? Gw mikirnya mayoritas dari kita semua akan lulus kurang lebih 2010. Then, setelah lulus mau kemana?

Dari ngobrol sama beberapa teman (HSP Huygens + anak2 disini), kayanya ada 4 pilihan yg tersedia (kalau ada yg mau nambahin??, siapa tahu ada yg kelewat.)

1. Lanjut kuliah lagi (PhD buat yg lulus master, atau master buat yg lulus S2)

2. Kerja di Belanda

3. Kerja di EU

4. Kembali ke Indonesia / kerja di Indonesia.

5. Kawin (tambahan)

6. Nyampah (tambahan)

Menurut gue pilihan 1,2,3,4 bener2 tergantung bidang lo apa. Importantly, lo tanya2 sama orang2 yang udah advance di karir nya di bidang lo aja. (AA, 2009)

Gw setuju sama AA, fokus prioritas lo apa, fokus lo kemana, planning future lo gimana, dan semua itu tergantung interest lo dan bidang lo.Gw juga ngelempar pertanyaan yg sama ke temen2 kantor gw yg seangkatan. Jadi kurang lebih gw dapet gambaran dari 2 pihak, pihak mahasiswa (kalian + gw) dan pihak dunia kerja😉 (RAI, 2009)

Point 1. Lanjut kuliah (PhD or master). Browsing2, tanya2 temen, rupanya PhD disini dianggap kerja. PhD Candidate dapat gaji, lebih kaya orang kerja dibanding student. Ada yg ngerti lebih dalam? Yun? (RAI, 2009)

trus phd jg ok sih, cuma komitmen yg 4 taun n kudu publish at least 4-5 articles aga bikin ketar ketir ga sih? anyways, iya phd di sini emg dibayar, email trakhir soal phd offernya seinget gue 1500an buat starting salarynya, n it goes up every year. gue ga yakin itu brutto ato netto, tp bersihnya at least 1200an kl ga salah. berdasarkan curhatan ank2 phd, positif sidesnya: working timenya flexible. enak ga ada bos, hanya supervisor whom u might want to kill from time to time. trus lo bisa dibayarin kemana2 buat conference, mayan kan sambil nyari jodoh *culass* trus balik ke indo bisa jd dosen muda nan mempesona deh (apasi maaa..) (RR, 2009)

sedangkan keluh kesah mrk: uda taun ketiga tp masi ngutang publish karna papersnya pd di reject sama journals. trus facing constant deadlines jd stressnya non-stop, weekends pun berbeban. trus insurancenya bukan student lg, jd kudu bayar 100 euro per month. and yg bikin eng-ing-eng bagi gue sih what’s next di indo nya. ngajar doang kah? soalnya research di bdg gue masi krg berkembang di sono, nyari grantsnya susah.

(RR, 2009)

gue bakal fokus ke poin pertama.

Considerationnya:

1. gue pengen

2. karena gue ga puas sama prospek yang gue punya kalo gue ga lanjut kuliah.

3. belum ada lahan pekerjaan buat lulusan gue di indo.

4. mencari jodoh yang ‘on the same wavelength’ soalnya kadang2 gue suka ga nyambung sama yang di indo bwakaka

Kalo di medical science, kalo dibandingin sama negara lain, belanda tuh super duper teratur buat Phd students, also sweden and germany. Coba liat US atau UK, if you’re not lucky you have to work 24/7 and teach for hours to earn something to eat. gaji phd student yes kira2 kaya yang dibilang si neng RR sekitar 1300 bersih, pertahun naik 100-200 euroan. (AA, 2009)

Menurut g lanjut PhD is a wise thing to do. Tempo hari ngobrol sama Master student from Philipine, dia cerita klo dia coba apply kerja di BCF career event yg baru2 ini diadain di Amsterdam. Menurut dia, mostly company cari pegawai yg uda bertitel PhD. Which means, chance will be broader to have a good job here in the Netherland if you are titled PhD.

Positifnya, apply PhD ga susah2 amat klo performance kita selama master study ok (itu menurut profesor gue) dan bayarannya cukup memuaskan (temen g PhD gajinya 2000 euro dipotong pajak jadi sekitar 1300 euro gitu). Dan klo emang doyan belajar, kenapa nggak? Zaman sekarang orang bertitel master menjamur di mana2 n titel PhD bakal jadi nilai tambah yg berharga.

Negatifnya, 4 tahun itu waktu yg cukup lama lo. But in my opinion, nulis n publish paper are not that hard as long as you can find the topic that you really like and enjoy to do.

Konklusinya, bijaksanalan cari tempat internship klo mau lanjut PhD hehe.. (ngarep di-hire gitu ;p) (LY, 2009)

Bener tuh you might also call it education inflation.

Menurut gue di Indo juga mulai terjadi, yang lulusan S1 udah banyak banget kan. Tapi ya itu, kalau lulusan S3, kayanya sih peluangnya belum sebanyak di negara lebih maju, kecuali kalau berniat jadi dosen/karir di akademis.

Btw LY, gue pernah jadi technician setahun, gaji awalnya sama kaya phd student, tapi pertahun naiknya banyakan phd students. And yeah you can’t really advance in your career in research without that stupid degree called PhD (permanent head damage) =p

hayo pilih pilih x) (AA, 2009)

Gw rasa ini bergantung sama bidang studi tiap orang.LY + AA, yg bidangnya biotech + medical science gitu, kalo gw jadi kalian jg akan mikir lanjut ke PhD. RR, gw nggak tau deh soal Psikologi, bagusan kalo u PhD or not, I don’t have any clue. Kalo bidang gw, Management of Technology, di-desain kurikulumnya lebih ke arah pas lulus langsung kerja di Industri, bukannya langsung ke PhD. Gw udah ngobrol2 sama program manager gw dulu, pas orientasi, yg lanjut ke PhD hanya 5%-an. Jadi lanjut PhD or not rasanya beda buat tiap2 jurusan;) (RAI, 2009)

Kalo emang berminat berkarir di penelitian/akademisi, emang PhD bagus. Bbrp univ, contohlah almamater gw, hanya nerima dosen baru yg punya gelar PhD. And yes, banyak orang Indonesia di luar negeri yang sukses dari jalur akademis. Tapi kalo ngeliat dosen2 kuliah gw, banyak yg lulusan s3 luar, begitu di Indo, publikasinya turun, why? karena sibuk bikin dapur mereka ngepul (ngejar proyek, etc). Selain akademis, lulusan PhD emang bagusan kerja disini dibanding di Indo, karena lebih banyak peluang kerja disini.(RAI, 2009)

@LY, lama apa nggaknya tergantung suka/tidaknya u. 4 tahun bisa terasa cepat kalo u suka yg u kerjain. 1 tahun bisa terasa lama banget kalo u ga suka. It’s relative ;p (RAI, 2009)

Point 2. Setahu gw, pas ngobrol2 sama ZW + RB di kereta abis balik dari Madurodam, setelah lulus, kita akan mendapat 1 tahun visa buat nyari kerja. ZW mungkin bisa ngejelasin lebih lanjut? Info yg u cerita dulu di kereta mungkin berguna buat yg pengen kerja di Belanda. Btw ada yg bisa kasih range starting salary buat lulusan sini? Ada yg bisa ngasih gambaran kasar, kira2 berapa persen gaji bisa di-save? (RAI, 2009)

Lalu, ngobrol2 sama temen yg baru dapet kerja, skrg perusahaan2 sini lebih prefer yg bisa Dutch dengan baik (apalagi abis financial crisis). Any idea how to improve your Dutch? Tampaknya perlu belajar dari SB. (RAI, 2009)

Iya bener ini namanya zoekjaar, lo liat ini deh:

http://www.ind.nl/en/inbedrijf/wonenenwerken/kennismigranten/afgestudeerde_buitenlandse_studenten_en_de_kennismigrantenregeling.asp

http://www.ind.nl/en/inbedrijf/actueel/met_ingang_van_1_januari_2009_toelatingsregeling_voor_hoogopgeleiden.asp

http://www.ind.nl/en/inbedrijf/wonenenwerken/kennismigranten/Versnelde_procedure_voor_wetenschappelijk_onderzoekers.asp

http://www.ind.nl/en/inbedrijf/actueel/IND_verstrekt_eerste_verblijfsdocument_voor_buitenlands_toptalent.asp

buat belajar bahasa belanda lo tanya language centre university lo aja. gue sekarang ambil 2 kali seminggu avond cursus di Nijmegen. (AA, 2009)

dan kl apply kerja di prusahaan, ekspektasi mrk gede bgt katanya soalnya kudu bayar kita lebih. dan mrk expect real-life experience and application skills yg siap pakai slain research skillnya sdgkan skills gue bakalan pure research pas lulus. gua blon pernah kerja sualnye. so ya, ini lah hal2 yg ik pertimbangkan, mungkin kasusnya beda sm lo pada tp moga2 jd ada gambaran. (RR, 2009)

Ada sih beberapa temen yg habis lulus S1 di belanda trus dapet fellowship buat kerja. Nah klo kerja yg kayak gini sih ga kudu harus bisa bahasa belanda, cuma g ga tanya sih gajinya berapa (tapiindikasinya mereka masih bisa nabung, so harusnya lumayan sih). Cuma denger2 klo lulusan S1 / S2 gitu paling cuma bisa jadi technician (klo bidangnya science kayak g yah). Klo kerja di company sih emang denger2 kudu bisa bahasa Dutch dan ga tau deh prsedurnya gimana. (LY, 2009)

Sebenarnya gw kepengaruh sama temen2 gw. Misalkan u kerja di luar, misalkan saja 4 tahun. Dari segi karir akan lebih meningkat dibanding u start from zero di Indonesia. Dengan argumen, international exposure u lebih gede, dan itu bisa jadi modal awal di Indonesia buat nyari kerja yg bagus-an. Tapi kalau mau berkarir, akan lebih sulit. Kaya LY bilang, palingan jadi technician. (RAI, 2009)

Dulu pas di kereta, mau ke tempat Rio, ketemu ibu2 Indonesia yg udah 26 tahun tinggal di Belanda (merit sama orang sini). Gw tanya, enakan mana di Indo or Belanda? Di Belanda, dari lahir sampai mati di-urusin negara, hidup u akan flat, kaya belanda (plus gw mikir2 pajak gede sih). Di Indo, hidup lebih berwarna (demonstrasi, macet, etc). Pesan-nya, jangan ganti kewarganegaraan. Karena meskipun hidup di luar negeri, lebih enak masa tua di Indonesia. (RAI, 2009)

Point 3. Kerja di EU. Ada yg bisa ngejelasin lebih jauh tentang ini? Gw pernah ngobrol sama temen gw yg kuliah di Prancis, dia sendiri ga pengen kerja di Prancis, malah pengen kerja di Belanda. Kalo kerja di EU, sih gw mikirnya di UK, secara pake bahasa Inggris. Kalau negara lain any idea? (RAI, 2009)

soal kerja di EU gue krg paham, tp temen gue anak indo ada yg br kerja di luxemberg. so it is possible. secara di sono katanya mrk kekurangan tenaga kerja gt, jarang ada org yg mao tgl di sana. aga sepi dan kurang happening soalnya. haha. doi ga bs french maupun german tp ttp lolos. so if ur competent, kesempatan masi ada. (RR, 2009)

Kalo kerja di UK itu pake sistem poin, dan setelah gue itung2 susah banget buat sampe poin yang dibutuhkan. lo coba google2 dulu deh, informasi2 kaya gitu harusnya ada banyak kok di internet. (AA, 2009)

Have no idea, tapi klo nilai ok n performance pas interview bagus harusnya ga masalah sih. Paling kendala bahasa. (LY, 2009)

Point 4. Kembali ke Indonesia. Kebanyakan anak2 Delft ambil pilihan ini. Berhubung anak2 yg disini kebanyakan dapet beasiswa STUNED, Depkominfo, PLN, or institusi lain yg mensyaratkan langsung balik. kaya STUNED malah lebih jelas lagi di surat perjanjiannya, 14 hari setelah lulus, harus kembali ke Indonesia, CMIIW. Ada juga yg karena alasan pribadi mesti balik ke Indonesia, well, tiap orang kan preference-nya beda2. (RAI, 2009)

Gw sendiri mikir2 kalo balik ke Indonesia, ngeliat realitas dengan gaji lulusan S2 yg sekian, tampaknya akan butuh waktu lama kalo mau beli rumah ;)….. makanya gw mikir2 kerja brp tahun dulu disini ngumpulin duit, baru balik ke Indo🙂. Dari segi karir jg akan lebih baik kalau punya international experience. (RAI, 2009)

Plus, pengalaman pribadi, dulu di employer sebelum kesini, gw pernah terlibat pre-screening CV apprentice baru, dan salah satu pre-screening awal adalah nama universitas. S2 luar negeri, seleksi awalnya, apakah universitas dia masuk 100 besar top university di dunia. Jadi, benar2 akan tidak beruntung kalau orang yg nyeleksi blm pernah dengar nama universitas kita. (TU Delft? itu di Jerman ya?). (RAI, 2009)

trus kalo none of the above works out ya balik ke indo lah. which i really don’t mind. tinggal dipingit, trus kawin deh. haha i swear i have no obsessions with marriage whatsoever. sungguh! tp beneran, kayanya kerja di sana wouldn’t be that bad. macet bgt n gajinya emg nothing sih, tp ya kita kudu factor in gezellig nya kali ye. hehe. but then gue ga pernah kerja di sono, so what do I know🙂 tp gue akuin di sono akan sgt sulit kl mo nabung, apalagi living cost di sono uda mulai edan. huhu (RR, 2009)

Kalo mikir2 nabung, mendingan lo sekalian investasi di indo sambil kerja di luar, karena kalo ditabung toch ujungn2nya tuh duit bakal kepake. kalo ngga kepake tuh duit juga nilainya berkurang karena inflation rate.

Kalo ranking university, itu juga tergantung bidang lo apa, lo coba liat disini:

http://en.wikipedia.org/wiki/College_and_university_rankings (AA, 2009)

Tergantung bidang studi kita apa, apakah applicable di tanah air? Juga menimbang masalah macet, banjir, kriminalitas etc (merujuk ke Jakarta) plus standar gaji yg bakal bikin ngos2an buat yg uda ada planning mau merit muda, mungkin pilihan yg ini nanti dulu yah. (LY, 2009)

Sebenarnya kerja di Indo ada point2 positif dan negatifnya juga. Point2 negatif udah diangkat LY, macet, etc. Tapi sebenarnya jg ada point2 positif. Kerja di Indo kayanya jauh lebih santai dibanding disini (kecuali u kerja buat perusahaan jepang/korea). Gaji kalo dicompare sama yg disini pasti nge-jomplang. Tapi gw liat2 masih ada bbrp bidang yg dari segi salary lumayan gede lah (oil industry, telecommunication, etc). Gw dulu pernah kerja, dan it’s fine working in Indo. Macet? ada, tp bbrp kantor ada fasilitas shuttle, kriminalitas – semua tempat ada kriminalnya, ga di indo, ga di Eropa (e.g gw hilang tas di Brussels). Tp mungkin dari segi kuantitas, gedean di Indo (well, we’re 250 million people). (RAI, 2009)

Temen2 kantor gw pendapatnya lebih beragam, ada yg ngangkat isyu nasionalisme, etc

Quoted dari temen kantor gw

kalo jadi elu Rons.. gw juga bakal balik dulu.. berbakti kepada orang tua & negara..kalau lu bisa perform outstanding, kan sama aja nanti asignmentnya juga going abroad.. keknya lebih mengharukan.. huehehe.. trus nyari jodoh.. komplit lah uda..

maslah gaji.. standard S2.. yg geedhe2 banyak kok.. palagi lu dapet S2 juga beasiswa.. hehe.. tp ya itu kembali ke jodoh kerja.. kalo lu nemu perusahaan yg lg butuh spesifikasi elu & hire dgn gaji tinggi ya beruntung tooh.. kata pepatah, rejeki kagak kemane..😛

Point 5. KAWEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEENNNN!!!

now that’s another option no? haha. soal calon mah cincai lah, bisa nyari sambil nyelesein thesis. ejejej. but no seriously, ini jg predicaments yg sdg saya hadapi. nikah sama syapa ya? (loh..) ok beneran, gua bingung antara ambil zoek jaar permit yg staun itu atau yg lain. gosip2nya tuh butuh bukti diploma utk apply for the zoek jaar sblom permit kita expires. trus bayarnya 300 kl ga salah dan tinggal daftar lewat gemeente kota masing2. so if everything goes well (amen), thats definitely a valid option. bagi yg lebi paham silakan dibagi infonya. (RR, 2009)

Bole juga klo ada calon yg memuaskan hehe.. Any recommendation? ;p (LY, 2009)

Point yg menarik yg diangkat RR. RB langsung nyambung dengan “Janda kaya”-nya hehehe, tujuan hidup tiap orang kan beda2 *peace*. Pendapat gw pribadi sih, calon pasangan ini akan berperan besar dalam menentukan pilihan mana (1-4)yg akan diambil. Bagus sekali kalau emang sejalan sama jalur hidup elu, tp kalo ga sejalan, ya akan ada kompromi kan ya? win-win solution for both sides. (RAI, 2009)

@ RB: jawaban gw gak seratus persen maen2 lho.. yg mana ya? ada bbrp point tuh ;p

@ RR: masih jaman ya pingit-me-mingit? ;p … yg penting jgn dipasung aja.

@ AA: mencari jodoh yang ‘on the same wavelength’ ….bahasa u….. tapi gw setuju sih sama u…. nyari yg on the same wavelength itu susah2 gampang (apa gampang2 susah ya), terutama yg sepadan.

@ LY: Bole juga klo ada calon yg memuaskan hehe.. lho, yg di FB😉

Soal kawin ini, mungkin nanti kita akan berpikir tentang uang, eventhough money is not everything, it is still one important thing😉. Gw ngikutin milis angkatan gw, dan ini salah satu topik yg sering nongol. Ngeliat harga rumah di jkt…. mikir2, itu gaji brp tahun ya? tampaknya soal kawin+rumah ini kalo mau dibahas bisa satu thread tersendiri😉

Point 6. nyampah, tp tuh jawaban gw gak seratus persen maen2 lho..

kalo gw sih simpel, cari janda kaya aja..trus bikin perusahaan sendiri, senang2 deh sisanya, mungkin bisa jadi artis juga buat nambah penghasilan)..ahaha (jawaban seriusnya gw kasih entar ya, kalo inget) (RB, 2009)

Word of Wisdom

layak diakhiri dengan words-of-wisdom-nya LY

“It’s good to see things in different perspectives, but it’s more important to do what your heart tells u what to do. Not about money or ambition, but it’s just about your personal fulfillment to always be a better you. Set your goal and go for it and you’ll be just fine” (LY, 2009)

Epilogue

Anak2 Indonesia HSP Huygens 2008

Point 1: Lanjut PhD: 3 orang

Point 2: kerja di Belanda: 3 orang

Point 3: kerja di EU: 1 orang (karena ditolak melulu pas apply2 kerjaan di Belanda)

Point 4: balik ke Indo: 1 orang

Point 5: masih nunggu dikirimin undangan

Point 6: nyampah -> janda kaya, orangnya masih di Belanda, silahkan tanya sendiri ke ybs berhasil apa nggak dapetin janda kaya