Masih nyari2 Informasi

Rekan2, (reply-nya japri aja ya) Saya dan Halim (plus maybe 2 orang lagi) berencana backpacking di Inggris, terutama wilayah England dan Wales, akhir april/awal May nanti selama 10 hari. Bisa minta sarannya? terutama tentang itinerary berhubung kalian pernah jalan2 di Inggris.
Rencana kami Hari 1: London (Royal Wedding), malamnya naik bus/kereta malam ke Glasgow Hari 2: Glasgow, nginep di Glasgow Hari 3: Tour High-Land, nginep di Glasgow Hari 4: Day trip ke Edinburgh, Nginep di Glasgow Hari 5: Leeds, Nginep di Leeds Hari 6: Liverpool - Manchaster, nginep di Manchaster Hari 7: Nottingham, nginep di Nottingham Hari 8: Birmingham - Oxford, nginep di Oxford Hari 9: Oxford - London Hari 10: London Rencana kami masih rough, jadi blm fix. ada yg berminat ngasih ide? plus, di daerah scotland ada-kah Network Railway Card? gw nemu yg diskon 33% (bayar GPB 25 per tahun, hanya buat off peak time saja). Denger-denger ada semacam membership card buat National Express? ada yg bisa ngasih info ttg ini nggak ya? Rencana kami di awal may, apakah cuaca-nya bersahabat? Plus, berhubung kalian pernah jalan2 di Inggris, bisa minta planning-nya yg dulu? japri aja ya =D
Thanks Ronald
Advise dari Laura
Ronald,

London itu gede, dan banyak bgt museum bagus-bermutu-gratis... jd, tergantung lo ke London mo ngapain. gw di London waktu itu 4 hr, masi brasa kurang buat ke museum nya... soalnya London gede n menarik banget.
Oxford oke banget,,, I like! kalo suka ama JR Tolkien ato CS Lewis, jangan lupa mampir ke pub Eagle & Child, tempat duo penulis tersebut suka hang-out bareng....

Dulu siy gw di UK skitar 2 minggu...
4 hr (3 mlm) di London, 2 hari (1 mlm) Oxford, lalu nginep di rmh temen di Cheltenham. Weekend nyewa mobil, nyetir ke stonehenge, salsbury, the costwolds (ini villages gitu, menarik banget, soalnya cute :p ), Bristol, Birmingham, Glochester. lalu 2 hari (1mlm) di Cambridge.

Enjoy UK!!!

Btw, lo uda lulus kan? skrg sibuk ngaps, kerja dmn...? ada list prusahaan di Blanda ga? japri ke gw donk :p

Advise dari Djohan


Aku dulu sih pakai young person card. Waktu itu masih dibawah 25 tahun. Tapi sekarang udah liwat ^^.

Ini card2 yang ada di UK
http://www.nationalrail.co.uk/times_fares/railcards-discounts/railcards_national.html

Kalok mau naik bus cari funfare.
http://www.nationalexpress.com/coach/Offers/funfares.cfm

Perasaan awal Mei bakalan lumayan sudah an. Gitu doank saran ku … Soal tempat yang mau dikunjungin kayak nya Shenny lebih tau banyak.

Advise dari Petra

Gue ngasih masukan yg bagian scotland aja. Kmr gue highland trip itu 3hr 2 malem ke oban, inverness, elgin, loch ness..naik mobil. Tp ada sih emang tour yg highland trip 1 hr. Ada di internet seharusnya. Edinburgh jelas bisa dalam 1 hari. Cuaca..wah, gue belom pernah ngerasain bulan mei disini😀 tp sepertinya bakal tak terprediksi seperti biasa :p

Selamat membuat plan!🙂

Sent from my PinkieBerry®

Advise dari Fadly

Jgn lupa ke windsor dan bath.
Untuk member national express ga tau tuh, tp klo mau coba jg megabus.com, itu jg operator bis, lebih murah dr national express

Advise dari Rahmadi

Pengalaman gua gak sejauh itu.. intinya sih transportasi lumayan mahal di sana.. memang biaya hidup lebih tinggi sih ya di sana.. Gak mendingan London dijadikan beberapa hari langsung aja? Biar sekalian gitu..🙂

 

Advise dari Shenny

Royal Wedding, km hrs liat jam yg tepatnya spya ngga kepagian/ kesiangan.
Glasgow, ga terlalu ada apa2, kecuali gedung BBC kli y. ga usa lama2 dsana2.
Highland ok. ak dl ikut tru dr edinburgh, sama aja la kl ambil dr glasgow. cuacanya dingin.
Edinburgh bagus. lbh bagus dr glasgow.
Leeds, ak blm prnh pergi tp ya katanya, another big city, ngga terlalu spesial. saranku lbh baek km ke york/ durham. jauh lbh bagus dr leeds.
liverpool – manchester, blm prnh pergi, tnya yudha itu. dia dah prnh pergi kyknya.
nottingham, ngga terlalu spesial cuma ada patung robin hood doank.
birmingham, biasa aja, pling cuma ada bull ring and square tp bisa ktmuan ma djohan tuh;p
oxford, lmyn okay. km jg bisa ke cambridge jg.
daerah south london jg bnyk yg bisa dikunjungi. tp mngkn asumsiku km smntara mau ke daerah north dl.

 

 

 
Advise dari Ardhy


Nald,

kapan itu loe tlp skype ya ? gw tidur🙂
mau chat lagi malem ini(Selasa 8 maret 2011) ? klo 21.00 waktu helsinki gmn ?
loe ada dimana skr ?
gw 2 minggu ini ada di helsinki urusan kantor.

klo ga bisa, ya..ntar pas gw balik ke cph, baru gw buka2 lagi itenary gw pas ke london dan edinburg.

 

 

 
 
Advise dari Ronald Halim




planning yang mantap, g sebenernya pingin banget ngunjungi cambridge, semoga nanti kesampaian.

nald, g udah ngomongin pribadi ke Kukuh dan Ramanda. Kukuh masih menunggu perkembangan sampai akhir Maret untuk memutuskan berlibur atau tidak. Dia juga punya rencana ke Swedia dan Finland seperti yang dia rencanakan, ada kemungkinan juga dia mau gabung ke Inggris. Ramanda sementara ini skip dl rencana liburan.

Advise dari Santi

Aku dulu cuma ngunjungi Scotland (Aberdeen, Edinburgh, May 2010) sama England (London, Oxford, Agust 2010). jadi gak terlalu banyak juga lah ya.
Mengenai Scotland, itu juga perginya bareng2 temen2 TG TU Delft, udah diaturin semua ama mereka termasuk hostel, bus dan semua. Waktu itu bayarnya cuma 110 euro (termasuk pesawat :P), maklum ada sponsor, jadinya gak bisa kasi masukan buat harga2an.

Abeerden ya kota minyak. Bagus2 aja sih, tapi kayaknya gak ada yang terlalu istiwewa. Tapi seneng aja liat rumah2 yang berdinding abu2 dimana2. Kesannya Eropa banget dan elegan.

Edinburgh itu lebih menarik –> Edinburgh castle ataupun keliling2 di centrum-nya. Rame dan emang kota turis banget. Aku dulu sempat naik bus hop on nop off bareng temen2. salah satu tempat pemberhentiannya ada di salah satu bukit kecil yang deket ama castle apa gitu (lupa semua namanya)..nah itu kayaknya juga worth dikunjungi. banyak yang naik ke sana dan bisa ngeliat view Edinburgh dari atas. Aku gak ke sana karena udah kecapean dan lebih memilih leyeh2 di taman dekat Edinburgh Castle, tapi sekarang nyesel gak jadi, ternyata view di bukit itu emang bagus!

pas malamnya aku ikut tur bawah tanahnya Mary King’s Close. Mary King itu pedagang wanita dari Edinburgh yang punya ruang2an bawah tanah di bawah Edinburgh, lucu2 horor sih, tapi lumayan juga buat seru2an. Selain ini, ada lagi beberapa tour, temenku ada yang ikut ghost tour segala.

O, iya, mungkin di web2 udah dibilangin kalo jalan2 di Edinburgh itu naik turun, aku dulu gempor juga, makanya naik hop on hop off aja😛

England
waduh, trip yang ini bener2 koboi, alias gak ada persiapan apa2. Lima dari di England, aku cuma ke London ama Oxford. Nginap di rumah temen makanya kadang2 abis Shubuh tidur lagi, pokoknya niatnya gak bener2 buat traveling. Sesekalinya ikut temenku malah diajak nge-mall😛
Tapi aku sempat ngunjungin beberapa:
London
Emirates Stadium dan Stamford Bridge –> Lumayanlah, gak masuk sih, cuma foto2 dan beli oleh2.
Yang lainnya palace2an
London Bridge –> buat foto2 dong
London Tower –> kalo kata aku ini historis banget buat England dan UK. Anne Boleyn dipenggal juga di sini😛. Aku sih gak masuk, bokek😀
yang lainnya gitu2 aja nothing special.
tapi kalo misalnya ada Royal Wedding kayaknya mungkin menarik ya..
Atau mungkin mau ke King’s Cross Stasiun di platform 9 3/4 Harry Potter kayak gini:

St. Pancras station – in the Harry Potter movies this is filmed as King’s Cross station because it looks a lot more interesting than King’s Cross

england15di8.jpg

Oxford
Ke Oxford University
Liatin Dining Hall-nya Hogwarts di Christ Church’s
OxfordChristChurch2006_lg.jpg
ternyata dining hall-nya gak segede yang di liat di film!

kalo gak salah dulu aku berangkat ke Oxford dari St. Pancras. Mungkin bisa juga dari stasiun lain.

Kalo tentang tiket2an, aku gak tau, soalnya emang kurang persiapan dan temen2ku ternyata juga gak tau dan mereka gak punya membership apapun😛

Tentang cuaca awal May…aku dulu ke Scotland juga bulan May, and it was perfect.

Kayaknya segitu aja, Nald.
Udah reply-nya telat, gak membantu juga😀

Sukses ya traveling-nya, ditunggu cerita2dan foto2nya nanti…

PS. Apa gak berminat ke Cardiff, kata temenku sih bagus…

Advise dari Ririn IBP

 

 

Hi Ronald, September - Nov kemarin aku di UK ( termasuk england, scotland and wales ). di antara waktu itu aku 1 bulan backpack. Semua transportku train ( beli jauh jauh hari sehingga dapat lebih murah ) kecuali dari London ke Edinburgh ( karena kota ini adl base - ku ketika di Scotland ) aku pakai National express. karena aku cuma pakai sekali jadi tidak pakai beli membership dan menurutku, harganya lebih murah daripada dengan train Kemudian 2 hari ngiterin Edinburgh ( dan masih kurang ternyata, karena terlalu banyak yang bagus ). Aku join trip yg diadakan starbucks,free cuma sukarela bayar guide-nya untuk tahu raugh tourist places di Edinburgh dan ada apa di dalamnya. karena sayang kan kalau dah masuk beli tiket ternyata di dalamnya ga ada apa apa. sekalian juga tambah kenalan buat jalan solo di Edinburgh. trus join wild in scotland trip selama 7 hari. Asyik Hostel di edinburgh juga banyak yang terjangkau, meskipun jujur aku rekomendasikan Oban sebagai tujuan wisata scotland dengan biaya hidup yg lebih murah daripada Glasgow dan Edinburgh tapi kita dapt taste-nya Scotland. Karena ada traditional dance and music, pelabuhan, beer brewery juga whisky dist. Jadi bisa ke beberapa tempat. Hostel juga sangat terjangkau di Oban. Saya di Liverpool 3 hari karena ada beberapa tempat yg menarik buat dikunjungi, seperti hope street, beatles - things, old buildings, anfiled, liverpool one, albert docks dll. Saya tidak ke Manchester tetapi ke Chester. tidak jauh dari Manchester tapi banyak history-nya. Ada 1 pub yg very nice di Chester. Chester seperti little York. Oxford bagus banget dan enak buat jalan. I like it, tapi belum pernah nginep di sana karena tempat ini tidak jauh dari rumah temanku. Selama 2,5 bulan di sana rasanya belum puas dan ingin balik lagi someday,tapi kalau kamu berencana beberapa kali ke UK atau kamu tinggal di UK tentu trip satu satu yg lebih asyik. Misalnya, england selatan saja. England utara saja etc trus Wales saja atau Scotland saja. Jadi waktu explore-nya lebih panjang dan biaya mungkin lebih irit. Itu dari saya Thanks, Ririn
Advise dari Mbak Ambar IBP
1. Railcard akan sangat berguna jika sering travel di UK. Tapi kalau hanya satu dua kali rasanya sayang. Karena ongkos membershipnya juga lumayan. Ada alternatif seperti Mega Train (masih satu induk dengan Mega Bus). Bisa dilihat disini http://uk.megabus.com/megatrain.aspx# Tapi offering diskonnya juga sangat temperamental walau jargonya sih £1 one way, butuh hunting yang lumayan intens (biasanya off peak, off weekend). Mega Train (diskon) ini melayani rute2 kereta jalur: East Midlands Trains, South West Trains, Virgin Trains, National Rail. Kalau rute dari London ke Glasgow via Midlands (Birmingham) biasanya memakai Virgin Train. Yang agak bikin pusing adalah kereta di UK itu dioperasikan oleh banyak operator dengan sistem pembayaran yang "kurang terpadu". Jadi boleh dibilang kereta di UK adalah paling mahal di Eropa. So silakan dicek sendiri yaks.. 2. Membership National Express sepertinya ditujukan untuk kaum tua (pensioners), students full time, dan anak muda usia 16-26th. Saya tidak tahu apakah students disini berlaku untuk non UK resident (asumsi saya sih European student masih termasuk, tapi coba aja ditanyakan). Harga membershipnya £10 untuk satu tahun. Lumayan kalau sering naik bis kemana-mana. Dalam perspektif saya, ngebis (coach) lebih ekonomis ketimbang kereta untuk travel di UK. Silakan dibaca di tautan diskon membership http://www.nationalexpress.com/coach/Offers/StudentCoachDeals.cfm 3. Info kereta di UK bisa dilihat di http://seat61.com/UK-train-travel.htm Kebetulan si empunya website Mark Smith adalah mantan Manajer Stasiun di Inggris. So cukup comprehensif isinya. Salam anak kereta, Ambar
Advise dari Lia IBP
> mas ronald, > mau sharing info aja, kebetulan saya kemaren dapet tiket megabus dari london-glasgow promo cima 1pounsterling =) > dan tiket edinburgh-london juga cuma 5.5 pounsterling, untuk perjalanan bulan depan, coba cek aja webnya megabus kali kali masih ada.. > > regards, > mia.