March 2011


Berikut ini merupakan kompilasi diskusi anak2 Huygens 2008 via email sekitar May 2009 mengenai what’s next after graduation. Awalnya ada 4 pilihan yg tersedia: (1) PhD, (2) Kerja di Belanda, (3) Kerja di EU, (4) Balik ke Indonesia. Tapi akhirnya dapat tambahan 2 pilihan (5) Kawin dan (6) Nyampah

Email ini dikompilasi setelah bbrp temen angkatan 2009 mulai nanya2 soal zoekjaar, etc. Daripada ngulang cerita yg sama berkali2, email2an anak HSP Huygens Indonesia 2008 dicompile aja, wong isinya sama. Ada yg mau nambahin? (ditujukan ke angkatan 2008)

***

Ada yg mau berbagi info mengenai apa yg akan dilakukan setelah graduasi dari Belanda? Gw mikirnya mayoritas dari kita semua akan lulus kurang lebih 2010. Then, setelah lulus mau kemana?

Dari ngobrol sama beberapa teman (HSP Huygens + anak2 disini), kayanya ada 4 pilihan yg tersedia (kalau ada yg mau nambahin??, siapa tahu ada yg kelewat.)

1. Lanjut kuliah lagi (PhD buat yg lulus master, atau master buat yg lulus S2)

2. Kerja di Belanda

3. Kerja di EU

4. Kembali ke Indonesia / kerja di Indonesia.

5. Kawin (tambahan)

6. Nyampah (tambahan)

Menurut gue pilihan 1,2,3,4 bener2 tergantung bidang lo apa. Importantly, lo tanya2 sama orang2 yang udah advance di karir nya di bidang lo aja. (AA, 2009)

Gw setuju sama AA, fokus prioritas lo apa, fokus lo kemana, planning future lo gimana, dan semua itu tergantung interest lo dan bidang lo.Gw juga ngelempar pertanyaan yg sama ke temen2 kantor gw yg seangkatan. Jadi kurang lebih gw dapet gambaran dari 2 pihak, pihak mahasiswa (kalian + gw) dan pihak dunia kerja ๐Ÿ˜‰ (RAI, 2009)

Point 1. Lanjut kuliah (PhD or master). Browsing2, tanya2 temen, rupanya PhD disini dianggap kerja. PhD Candidate dapat gaji, lebih kaya orang kerja dibanding student. Ada yg ngerti lebih dalam? Yun? (RAI, 2009)

trus phd jg ok sih, cuma komitmen yg 4 taun n kudu publish at least 4-5 articles aga bikin ketar ketir ga sih? anyways, iya phd di sini emg dibayar, email trakhir soal phd offernya seinget gue 1500an buat starting salarynya, n it goes up every year. gue ga yakin itu brutto ato netto, tp bersihnya at least 1200an kl ga salah. berdasarkan curhatan ank2 phd, positif sidesnya: working timenya flexible. enak ga ada bos, hanya supervisor whom u might want to kill from time to time. trus lo bisa dibayarin kemana2 buat conference, mayan kan sambil nyari jodoh *culass* trus balik ke indo bisa jd dosen muda nan mempesona deh (apasi maaa..) (RR, 2009)

sedangkan keluh kesah mrk: uda taun ketiga tp masi ngutang publish karna papersnya pd di reject sama journals. trus facing constant deadlines jd stressnya non-stop, weekends pun berbeban. trus insurancenya bukan student lg, jd kudu bayar 100 euro per month. and yg bikin eng-ing-eng bagi gue sih what’s next di indo nya. ngajar doang kah? soalnya research di bdg gue masi krg berkembang di sono, nyari grantsnya susah.

(RR, 2009)

gue bakal fokus ke poin pertama.

Considerationnya:

1. gue pengen

2. karena gue ga puas sama prospek yang gue punya kalo gue ga lanjut kuliah.

3. belum ada lahan pekerjaan buat lulusan gue di indo.

4. mencari jodoh yang ‘on the same wavelength’ soalnya kadang2 gue suka ga nyambung sama yang di indo bwakaka

Kalo di medical science, kalo dibandingin sama negara lain, belanda tuh super duper teratur buat Phd students, also sweden and germany. Coba liat US atau UK, if you’re not lucky you have to work 24/7 and teach for hours to earn something to eat. gaji phd student yes kira2 kaya yang dibilang si neng RR sekitar 1300 bersih, pertahun naik 100-200 euroan. (AA, 2009)

Menurut g lanjut PhD is a wise thing to do. Tempo hari ngobrol sama Master student from Philipine, dia cerita klo dia coba apply kerja di BCF career event yg baru2 ini diadain di Amsterdam. Menurut dia, mostly company cari pegawai yg uda bertitel PhD. Which means, chance will be broader to have a good job here in the Netherland if you are titled PhD.

Positifnya, apply PhD ga susah2 amat klo performance kita selama master study ok (itu menurut profesor gue) dan bayarannya cukup memuaskan (temen g PhD gajinya 2000 euro dipotong pajak jadi sekitar 1300 euro gitu). Dan klo emang doyan belajar, kenapa nggak? Zaman sekarang orang bertitel master menjamur di mana2 n titel PhD bakal jadi nilai tambah yg berharga.

Negatifnya, 4 tahun itu waktu yg cukup lama lo. But in my opinion, nulis n publish paper are not that hard as long as you can find the topic that you really like and enjoy to do.

Konklusinya, bijaksanalan cari tempat internship klo mau lanjut PhD hehe.. (ngarep di-hire gitu ;p) (LY, 2009)

Bener tuh you might also call it education inflation.

Menurut gue di Indo juga mulai terjadi, yang lulusan S1 udah banyak banget kan. Tapi ya itu, kalau lulusan S3, kayanya sih peluangnya belum sebanyak di negara lebih maju, kecuali kalau berniat jadi dosen/karir di akademis.

Btw LY, gue pernah jadi technician setahun, gaji awalnya sama kaya phd student, tapi pertahun naiknya banyakan phd students. And yeah you can’t really advance in your career in research without that stupid degree called PhD (permanent head damage) =p

hayo pilih pilih x) (AA, 2009)

Gw rasa ini bergantung sama bidang studi tiap orang.LY + AA, yg bidangnya biotech + medical science gitu, kalo gw jadi kalian jg akan mikir lanjut ke PhD. RR, gw nggak tau deh soal Psikologi, bagusan kalo u PhD or not, I don’t have any clue. Kalo bidang gw, Management of Technology, di-desain kurikulumnya lebih ke arah pas lulus langsung kerja di Industri, bukannya langsung ke PhD. Gw udah ngobrol2 sama program manager gw dulu, pas orientasi, yg lanjut ke PhD hanya 5%-an. Jadi lanjut PhD or not rasanya beda buat tiap2 jurusan;) (RAI, 2009)

Kalo emang berminat berkarir di penelitian/akademisi, emang PhD bagus. Bbrp univ, contohlah almamater gw, hanya nerima dosen baru yg punya gelar PhD. And yes, banyak orang Indonesia di luar negeri yang sukses dari jalur akademis. Tapi kalo ngeliat dosen2 kuliah gw, banyak yg lulusan s3 luar, begitu di Indo, publikasinya turun, why? karena sibuk bikin dapur mereka ngepul (ngejar proyek, etc). Selain akademis, lulusan PhD emang bagusan kerja disini dibanding di Indo, karena lebih banyak peluang kerja disini.(RAI, 2009)

@LY, lama apa nggaknya tergantung suka/tidaknya u. 4 tahun bisa terasa cepat kalo u suka yg u kerjain. 1 tahun bisa terasa lama banget kalo u ga suka. It’s relative ;p (RAI, 2009)

Point 2. Setahu gw, pas ngobrol2 sama ZW + RB di kereta abis balik dari Madurodam, setelah lulus, kita akan mendapat 1 tahun visa buat nyari kerja. ZW mungkin bisa ngejelasin lebih lanjut? Info yg u cerita dulu di kereta mungkin berguna buat yg pengen kerja di Belanda. Btw ada yg bisa kasih range starting salary buat lulusan sini? Ada yg bisa ngasih gambaran kasar, kira2 berapa persen gaji bisa di-save? (RAI, 2009)

Lalu, ngobrol2 sama temen yg baru dapet kerja, skrg perusahaan2 sini lebih prefer yg bisa Dutch dengan baik (apalagi abis financial crisis). Any idea how to improve your Dutch? Tampaknya perlu belajar dari SB. (RAI, 2009)

Iya bener ini namanya zoekjaar, lo liat ini deh:

http://www.ind.nl/en/inbedrijf/wonenenwerken/kennismigranten/afgestudeerde_buitenlandse_studenten_en_de_kennismigrantenregeling.asp

http://www.ind.nl/en/inbedrijf/actueel/met_ingang_van_1_januari_2009_toelatingsregeling_voor_hoogopgeleiden.asp

http://www.ind.nl/en/inbedrijf/wonenenwerken/kennismigranten/Versnelde_procedure_voor_wetenschappelijk_onderzoekers.asp

http://www.ind.nl/en/inbedrijf/actueel/IND_verstrekt_eerste_verblijfsdocument_voor_buitenlands_toptalent.asp

buat belajar bahasa belanda lo tanya language centre university lo aja. gue sekarang ambil 2 kali seminggu avond cursus di Nijmegen. (AA, 2009)

dan kl apply kerja di prusahaan, ekspektasi mrk gede bgt katanya soalnya kudu bayar kita lebih. dan mrk expect real-life experience and application skills yg siap pakai slain research skillnya sdgkan skills gue bakalan pure research pas lulus. gua blon pernah kerja sualnye. so ya, ini lah hal2 yg ik pertimbangkan, mungkin kasusnya beda sm lo pada tp moga2 jd ada gambaran. (RR, 2009)

Ada sih beberapa temen yg habis lulus S1 di belanda trus dapet fellowship buat kerja. Nah klo kerja yg kayak gini sih ga kudu harus bisa bahasa belanda, cuma g ga tanya sih gajinya berapa (tapiindikasinya mereka masih bisa nabung, so harusnya lumayan sih). Cuma denger2 klo lulusan S1 / S2 gitu paling cuma bisa jadi technician (klo bidangnya science kayak g yah). Klo kerja di company sih emang denger2 kudu bisa bahasa Dutch dan ga tau deh prsedurnya gimana. (LY, 2009)

Sebenarnya gw kepengaruh sama temen2 gw. Misalkan u kerja di luar, misalkan saja 4 tahun. Dari segi karir akan lebih meningkat dibanding u start from zero di Indonesia. Dengan argumen, international exposure u lebih gede, dan itu bisa jadi modal awal di Indonesia buat nyari kerja yg bagus-an. Tapi kalau mau berkarir, akan lebih sulit. Kaya LY bilang, palingan jadi technician. (RAI, 2009)

Dulu pas di kereta, mau ke tempat Rio, ketemu ibu2 Indonesia yg udah 26 tahun tinggal di Belanda (merit sama orang sini). Gw tanya, enakan mana di Indo or Belanda? Di Belanda, dari lahir sampai mati di-urusin negara, hidup u akan flat, kaya belanda (plus gw mikir2 pajak gede sih). Di Indo, hidup lebih berwarna (demonstrasi, macet, etc). Pesan-nya, jangan ganti kewarganegaraan. Karena meskipun hidup di luar negeri, lebih enak masa tua di Indonesia. (RAI, 2009)

Point 3. Kerja di EU. Ada yg bisa ngejelasin lebih jauh tentang ini? Gw pernah ngobrol sama temen gw yg kuliah di Prancis, dia sendiri ga pengen kerja di Prancis, malah pengen kerja di Belanda. Kalo kerja di EU, sih gw mikirnya di UK, secara pake bahasa Inggris. Kalau negara lain any idea? (RAI, 2009)

soal kerja di EU gue krg paham, tp temen gue anak indo ada yg br kerja di luxemberg. so it is possible. secara di sono katanya mrk kekurangan tenaga kerja gt, jarang ada org yg mao tgl di sana. aga sepi dan kurang happening soalnya. haha. doi ga bs french maupun german tp ttp lolos. so if ur competent, kesempatan masi ada. (RR, 2009)

Kalo kerja di UK itu pake sistem poin, dan setelah gue itung2 susah banget buat sampe poin yang dibutuhkan. lo coba google2 dulu deh, informasi2 kaya gitu harusnya ada banyak kok di internet. (AA, 2009)

Have no idea, tapi klo nilai ok n performance pas interview bagus harusnya ga masalah sih. Paling kendala bahasa. (LY, 2009)

Point 4. Kembali ke Indonesia. Kebanyakan anak2 Delft ambil pilihan ini. Berhubung anak2 yg disini kebanyakan dapet beasiswa STUNED, Depkominfo, PLN, or institusi lain yg mensyaratkan langsung balik. kaya STUNED malah lebih jelas lagi di surat perjanjiannya, 14 hari setelah lulus, harus kembali ke Indonesia, CMIIW. Ada juga yg karena alasan pribadi mesti balik ke Indonesia, well, tiap orang kan preference-nya beda2. (RAI, 2009)

Gw sendiri mikir2 kalo balik ke Indonesia, ngeliat realitas dengan gaji lulusan S2 yg sekian, tampaknya akan butuh waktu lama kalo mau beli rumah ;)….. makanya gw mikir2 kerja brp tahun dulu disini ngumpulin duit, baru balik ke Indo :). Dari segi karir jg akan lebih baik kalau punya international experience. (RAI, 2009)

Plus, pengalaman pribadi, dulu di employer sebelum kesini, gw pernah terlibat pre-screening CV apprentice baru, dan salah satu pre-screening awal adalah nama universitas. S2 luar negeri, seleksi awalnya, apakah universitas dia masuk 100 besar top university di dunia. Jadi, benar2 akan tidak beruntung kalau orang yg nyeleksi blm pernah dengar nama universitas kita. (TU Delft? itu di Jerman ya?). (RAI, 2009)

trus kalo none of the above works out ya balik ke indo lah. which i really don’t mind. tinggal dipingit, trus kawin deh. haha i swear i have no obsessions with marriage whatsoever. sungguh! tp beneran, kayanya kerja di sana wouldn’t be that bad. macet bgt n gajinya emg nothing sih, tp ya kita kudu factor in gezellig nya kali ye. hehe. but then gue ga pernah kerja di sono, so what do I know ๐Ÿ™‚ tp gue akuin di sono akan sgt sulit kl mo nabung, apalagi living cost di sono uda mulai edan. huhu (RR, 2009)

Kalo mikir2 nabung, mendingan lo sekalian investasi di indo sambil kerja di luar, karena kalo ditabung toch ujungn2nya tuh duit bakal kepake. kalo ngga kepake tuh duit juga nilainya berkurang karena inflation rate.

Kalo ranking university, itu juga tergantung bidang lo apa, lo coba liat disini:

http://en.wikipedia.org/wiki/College_and_university_rankings (AA, 2009)

Tergantung bidang studi kita apa, apakah applicable di tanah air? Juga menimbang masalah macet, banjir, kriminalitas etc (merujuk ke Jakarta) plus standar gaji yg bakal bikin ngos2an buat yg uda ada planning mau merit muda, mungkin pilihan yg ini nanti dulu yah. (LY, 2009)

Sebenarnya kerja di Indo ada point2 positif dan negatifnya juga. Point2 negatif udah diangkat LY, macet, etc. Tapi sebenarnya jg ada point2 positif. Kerja di Indo kayanya jauh lebih santai dibanding disini (kecuali u kerja buat perusahaan jepang/korea). Gaji kalo dicompare sama yg disini pasti nge-jomplang. Tapi gw liat2 masih ada bbrp bidang yg dari segi salary lumayan gede lah (oil industry, telecommunication, etc). Gw dulu pernah kerja, dan it’s fine working in Indo. Macet? ada, tp bbrp kantor ada fasilitas shuttle, kriminalitas – semua tempat ada kriminalnya, ga di indo, ga di Eropa (e.g gw hilang tas di Brussels). Tp mungkin dari segi kuantitas, gedean di Indo (well, we’re 250 million people). (RAI, 2009)

Temen2 kantor gw pendapatnya lebih beragam, ada yg ngangkat isyu nasionalisme, etc

Quoted dari temen kantor gw

kalo jadi elu Rons.. gw juga bakal balik dulu.. berbakti kepada orang tua & negara..kalau lu bisa perform outstanding, kan sama aja nanti asignmentnya juga going abroad.. keknya lebih mengharukan.. huehehe.. trus nyari jodoh.. komplit lah uda..

maslah gaji.. standard S2.. yg geedhe2 banyak kok.. palagi lu dapet S2 juga beasiswa.. hehe.. tp ya itu kembali ke jodoh kerja.. kalo lu nemu perusahaan yg lg butuh spesifikasi elu & hire dgn gaji tinggi ya beruntung tooh.. kata pepatah, rejeki kagak kemane.. ๐Ÿ˜›

Point 5. KAWEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEENNNN!!!

now thatโ€™s another option no? haha. soal calon mah cincai lah, bisa nyari sambil nyelesein thesis. ejejej. but no seriously, ini jg predicaments yg sdg saya hadapi. nikah sama syapa ya? (loh..) ok beneran, gua bingung antara ambil zoek jaar permit yg staun itu atau yg lain. gosip2nya tuh butuh bukti diploma utk apply for the zoek jaar sblom permit kita expires. trus bayarnya 300 kl ga salah dan tinggal daftar lewat gemeente kota masing2. so if everything goes well (amen), thats definitely a valid option. bagi yg lebi paham silakan dibagi infonya. (RR, 2009)

Bole juga klo ada calon yg memuaskan hehe.. Any recommendation? ;p (LY, 2009)

Point yg menarik yg diangkat RR. RB langsung nyambung dengan “Janda kaya”-nya hehehe, tujuan hidup tiap orang kan beda2 *peace*. Pendapat gw pribadi sih, calon pasangan ini akan berperan besar dalam menentukan pilihan mana (1-4)yg akan diambil. Bagus sekali kalau emang sejalan sama jalur hidup elu, tp kalo ga sejalan, ya akan ada kompromi kan ya? win-win solution for both sides. (RAI, 2009)

@ RB: jawaban gw gak seratus persen maen2 lho.. yg mana ya? ada bbrp point tuh ;p

@ RR: masih jaman ya pingit-me-mingit? ;p … yg penting jgn dipasung aja.

@ AA: mencari jodoh yang ‘on the same wavelength’ ….bahasa u….. tapi gw setuju sih sama u…. nyari yg on the same wavelength itu susah2 gampang (apa gampang2 susah ya), terutama yg sepadan.

@ LY: Bole juga klo ada calon yg memuaskan hehe.. lho, yg di FB ๐Ÿ˜‰

Soal kawin ini, mungkin nanti kita akan berpikir tentang uang, eventhough money is not everything, it is still one important thing ;). Gw ngikutin milis angkatan gw, dan ini salah satu topik yg sering nongol. Ngeliat harga rumah di jkt…. mikir2, itu gaji brp tahun ya? tampaknya soal kawin+rumah ini kalo mau dibahas bisa satu thread tersendiri ๐Ÿ˜‰

Point 6. nyampah, tp tuh jawaban gw gak seratus persen maen2 lho..

kalo gw sih simpel, cari janda kaya aja..trus bikin perusahaan sendiri, senang2 deh sisanya, mungkin bisa jadi artis juga buat nambah penghasilan)..ahaha (jawaban seriusnya gw kasih entar ya, kalo inget) (RB, 2009)

Word of Wisdom

layak diakhiri dengan words-of-wisdom-nya LY

“It’s good to see things in different perspectives, but it’s more important to do what your heart tells u what to do. Not about money or ambition, but it’s just about your personal fulfillment to always be a better you. Set your goal and go for it and you’ll be just fine” (LY, 2009)

Epilogue

Anak2 Indonesia HSP Huygens 2008

Point 1: Lanjut PhD: 3 orang

Point 2: kerja di Belanda: 3 orang

Point 3: kerja di EU: 1 orang (karena ditolak melulu pas apply2 kerjaan di Belanda)

Point 4: balik ke Indo: 1 orang

Point 5: masih nunggu dikirimin undangan

Point 6: nyampah -> janda kaya, orangnya masih di Belanda, silahkan tanya sendiri ke ybs berhasil apa nggak dapetin janda kaya

Portsmouth, 26 Maret 2011

“Boooommmm”, suara ledakan yang terdengar sangat dekat benar2 membuat saya kaget dan berpikir “sh*t, masa ada bom di deket2 sini, di Jakarta aja aman2 aja disini bisa denger ledakan?” Teroris goblok mana yg mau nge-bom Porstmouth, sasaran yang rasanya kurang menarik dibandingkan London. Pas balik badan masih ada asap putih berbentuk donat dan orang2 terkesan cuek bebek sama kejadian itu. Ternyata itu bunyi salvo meriam di Marina deket Spinnaker Tower, pas ngeliat jam, tepat jam 12.00, kalo ada announcement mungkin bunyinya “kalau ledakan terdengar waktu menunjukkan pukul 12 tepat -> kaya kalo nelpon 103 di jkt”. Kurang asem, bikin orang jantungan aja.

Hari itu pertama kali-nya keluar Guildford sejak kunjungan ke keluarga B’Robby – K’ Tia di London awal Maret. Praktis dua minggu ngendon di Guildford, so ketika ada ajakan ke Portsmouth, di-iya-kan aja, meskipun nggak tau ada apa di Porstmouth.

Seperti biasa kalau janjian dengan orang Indonesia, pasti ada ngaretnya. Dibilang ngumpul jam 8.00-8.30 buat ngambil kereta yg jam 8.34 ke Porstmouth, ada 1 orang yg telat (not me). Walhasil, kereta jam 8.34 pun terlewat dan kami mengambil kereta jam 9.04.

Pesertanya: 3 mahasiswa S3 Indonesia yg sedang studi di University of Surrey, plus istri dan dua anaknya dari seorang mahasiswa PhD ini. Dari mereka saya tahu, kalau traveling ber-4 naik kereta di England, cukup bayar buat dua orang aja (hoho penghematan kan). Berhubung Mayang dan saudaranya batal ikutan, mestinya pas 8 orang (jadi bayar buat 4 orang doang), jadi hanya 6 orang dan terpaksa yg dua orang mesti bayar harga normal (potong diskon dari National Railway card -> mirip2 discount cardnya belanda deh, bedanya ini diskonnya bukan 40%, tapi 33%).

Porstmouth terletak di selatan inggris (di deket laut) dan berjarak 85-an kilometer dari Guildford. Naik kereta hanya butuh 1 jam (pas perjalanan pergi, pas perjalanan pulang 1.5 jam, aneh bener). Terkenalnya sama apa ya? menurut rekannya Pak Bambang (salah satu mahasiswa PhD Surrey, alumni S2 TU Delft juga) katanya terkenal sama factory outlet alias buat shopping2 gitu. Lainnya? nanti aja tanya ke tourist information, yg biasanya jadi tujuan awal saya kalau ke satu kota.

Tourist informationnya ternyata deket banget sama terminus stasiun kereta, Portsmouth Harbour Station. Dari brosur2 dan peta gratis tentang kota ini ternyata ini kota penting buat Royal Navy-nya Inggris. Buat yg pernah baca perang Napoleon sama Inggris, pasti pernah denger Lord Nelson, salah satu perwira AL Inggris paling terkenal, nah, HMS Victory, kapalnya dia itu jadi atraksi wisata disini. Pantesan aja Portsmouth Historic Dockyard jadi #1 di urutan yang tempat yg mesti dikunjungi di Portsmouth. Kapalnya gede dan artistik, nggak seperti kapal perang modern yg bentuknya kaya potongan besi, ada unsur2 seni-nya lah kapal perang jaman dulu.

Dari sini kami balik ke arah stasiun lagi, sempet mampir bentar beli makan siang “fish and chips” khas-nya inggris, ikan + kentang. 4.5 pound (berapa ya kalo dirupiahin?). Dari sini kami berencana menyusuri garis pantai sampai ke Southsea castle, lalu balik lagi ke arah stasiun.

Bener aja Portsmouth identik sama Shopping, di deket stasiun kami ketemu banyak banget toko2 di Gunwharf Quays, plus di daerah ini ada Spinnaker Tower. Tower yang bentuknya tidak biasa, meskipun nggak seaneh Turning Torso di Malmo. Yah, pokoknya pas lagi makan siang di kursi sambil ngeliatin yacht-yacht (salah satunya dijual seharga GBP 180.000, tertarik beli?) tiba2 ada ledakan meriam. Sebel.

Teman2 jalan kali ini jauh berbeda dibanding travelmate saya sebelumnya, mereka semuanya dosen. Pak Bambang dosen Elektro di Universitas Sanata Dharma, Pak Marwan dosen juga, entah dimana, Pak Sugiman Dosen di Universitas Mataram plus istri dan kedua anaknya. Semuanya dapet beasiswa dari Dikti untuk melanjutkan pendidikan di Inggris. pengen tahu brp beasiswa buat S3 sebulan dari Dikti? GBP 750, yg to be honest, menurut saya sangat2 minim untuk hidup di Guildford yang merupakan kota kedua termahal akomodasinya di Inggris after London. Itung aja kalo sewa rumah GBP 105 per minggu buat student (disini mainnya mingguan), berapa tuh sisanya buat hidup? Apesnya mereka, Guildford dihitung diluar London (S3 di London dikasih GBP 850 per bulan, non-London dapet GBP 750 per bulan). Kalo bawa keluarga? wow…. puyeng tuh.

Jalan bentar dari Gunwharf Quays, nemu benteng di pinggir laut + pantai. Pantainya nggak banget deh, batu semua isinya, pantesan ada tanda anjing dilarang masuk ke pantai. Kalo pup kan repot bersihinnya tuh. Soal benteng, rasanya logis banget kalo Portsmouth punya benteng, lha wong dulu Inggris sering perang sama Prancis, dan Portsmouth ini pernah dihancur-leburkan sama Prancis. Pantesan aja ada benteng di pinggir laut (bukan buat pelindung tsunami lho, disini nggak ada tsunami).

Setelah benteng2 pinggir laut ini (termasuk Round Tower dan Square Tower) ada yg namanya Pirate Pete’s, kaya Dufan versi kecil yang bisa dipindah-pindah. Masuk ga perlu bayar, pas mau naik salah satu wahana baru bayar. Mirip2 konsep kermis di belanda. Udah gitu deket sini ada IOW Hovercraft, perahu cepet buat yg pengen ke Isle of Wright (pulau gede deket Portsmouth). hmmmm, next destination?

setelah hovercraft ini, jalan panjang banget sebelah kanan pantai batu, sebelah kiri lapangan gede tempat orang2 lagi bercengkerama, BBQ-an, tidur-an sambil denger radio, etc etc plus ada Memorial di tengah2 lapangan gede ini buat tentara2 yg gugur di perang dunia 1 dan 2. Oh ya, di kursi2 sepanjang pantai ini ada tulisan memorial buat orang meninggal seperti “kursi ini tempat favorit Ms. X yg blablabla, abis itu ada tahun lahir dan tahun mati”. Sepertinya itu salah satu upaya PemKot (pemerintah kota) Portsmouth buat nyari dana pengadaan kursi2 pinggir pantai ini.

Di ujung jalan ini ada Southsea Castle, yang tampaknya merupakan kastil terkecil yg pernah saya lihat, sampai nggak ngeh itu kastil sebelum buka peta. di daerah ini ada akuarium (mirip sea world) plus D-Day Museum. Plus Castle field yg kebetulan lagi bagus (spring soale). Mungkin kalo jalan2 musim berpengaruh, kebetulan lagi awal musim semi, semua taman (eg. Southsea Rock gardens, Ormamental Gardens).

Mungkin musim pengaruh sama mood. Yang jelas Portsmouth dapet image bagus di mata kami. Apalagi taman-taman di pinggir lautnya bagus-bagus. Emang nggak sebagus Keukenhoff sih, tapi lumayan lah ada bunga-bunga yg bisa dilihat.

Sebelum berangkat, emang ada dua pilihan, London atau Portsmouth. Kalau London mau ngeliat British Museum siangnya, abis itu malemnya ikutan Shenny + Yuvi makan di Gaucho (tapi akhirnya batal gara2 ngga ada tempat buat saya). Tapi emang udah agak males ke London sih karena isyunya akan rusuh karena ada 250.000 orang yang akan ikutan demo yg diorganize TUC. Majority sih orang2 baik, tapi ada segelintir orang nggak baik (alias anarkis) yg bisa bikin rusuh. Bener aja, pas sampe rumah nonton BBC, daerah Piccadily sama Trafalgar lagi rusuh pake acara bakar-bakaran segala.

Well, minggu depan kemana ya?

Summary:
Delft – Den Haag: Kereta NS
Den Haag – Copenhagen : Bus Eurolines
Copenhagen – Malmo – Helsingor – Helsingborg: Kereta Oresund Ticket
Helsingborg – Oslo: Bus SweExpress
Oslo – Bergen: Kereta NSB
Bergen – Oslo: Kereta NSB
Oslo – Stockholm: Bus SweExpress
Stocholm – Eindhoven: Pesawat RyanAir
Eindhoven – Delft: Kereta NS

Total Cost All In Delft – Den Haag 1.50 Den Haag – CPH 29.00 Hamburg 0.50 Scandinavia RAI 511.38 Ryanair 33.80 Eindhoven Kebab 3.20 Eindhoven Delft 11.00 Stipenkaart 6.81 Pulsa 3.78 Oslo Bergen PP 79.05 All in per orang EUR 680.02
Durasi: 13 Hari (23 April – 6 May)
Rute: Delft – Den Haag – Copenhagen – Malmo – Lund – Helsingor – Helsingborg – Oslo – Stockholm – Eindhoven – Delft
Note: Akomodasi 0 EUR (scandinavia emang mahal)

Pengeluaran Euro

Kamis 26 Feb 29.00 Eurolines Den Haag – Kopenhagen

Kamis 23 1.50 Tiket Delft – Den Haag one way April Jumat 24 0.50 Toilet Hamburg April

Rabu 6 3.20 Kebab Eindhoven Station May 11.00 Tiket Eindhoven – Delft one way 7.30 Stripenkaart Eindhoven Station

Pengeluaran Denmark Kronor (DKK)

Day Date Cash In Cash Out Details RAI Part RT Part Friday 24 1000 1000 DKK = 136.21 EUR Copenhagen 170 Clipkoort 3 Zone 85 85 April 130 Clipkoort 2 Zone 65 65 40 Locker (Number 26-08) 20 20 14 Postcard RAI 14 0 55 Braente Mandler (Kacang Manis) 28 28 20 Neng-neng Vivaldi 10 10 36 Dinner Ayam deket tempat Ardhy 18 18 Saturday 25 4 Toilet Nyhavn 2 2 Copenhagen 120 Canal Tour Copenhagen 60 60 April 158 Buffet Lunch 79 79 178 Souvenir RT 0 178 71 Souvenir RAI 71 0 570 Tivoli Entrance All Rides 285 285 40 Tivoli Aquarium 20 20 100 Dinner KFC Copenhagen 50 50 266 Bus Helsingborg – Oslo (DKK 133 per person) 133 133 386 Bus Oslo – Stockholm (SEK 267+SEK 284) 193 193 Sunday 26 2200 2200 DKK = 299.68 EUR Copenhagen April 40 Sosis deket City Hall 20 20 2 Pengamen 1 1 36 Dinner Doner Copenhagen (Ardhi’s advice) 18 18 27 18 Prangko RAI 18 0 April 318 Oresund Ticket 159 159 19 Roti 7-11 9.5 9.5 Tuesday 28 130 Hamlet Castle 65 65 Helsingor 3 Postcard RAI 3 0 April 9 Prangko RAI 9 0 60 Ice Cream 30 30 7 Sisa Coin Denmark 3 4 200 Tukar 200 DKK = 245.5 SEK 100 100 RAI DKK 1568 RT DKK 1632

DKK -> EUR 435.89 RAI Euro 213.59 RT Euro 222.30 Breakdown Transport Luar 970 Transport Inner 300 Admission 860 Food 504 Post Stuff 44 Souvenir 249 Locker etc 66 Sisa 207 Breakdown Percentage Transport etc 39.69% Admission etc 28.94% Food etc 15.75% Souvenir etc 9.16% Sisa 6.47%

Pengeluaran Norwegian Kronor (NKK)

Day Date Cash In Cash Out Details RAI Part RT Part Wednesday 29 3000 3000 NOK = 345.52 EUR Oslo 10 Toilet 5 5 April 40 Coin Locker Oslo Station 20 20 352 Oslo Pass 176 176 7 Postcard RAI 7 0 15 Buku Viking Museum RT 0 15 24 Prangko RAI 24 0 12 Postcard RAI 12 0 182 Dinner Burger King 91 91 28 Bekal Burger King sarapan 14 14 81 Belanja 40.5 40.5 Thursday 30 1870 Norway in a Nutshell 935 935 Bergen 70 Museum Art (student price) 35 35 April 30 McD deket rumah miring 15 15 15 Hotdog RAI 15 0 140 Kereta miring Floibanen 70 70 87.5 Belanja makanan 43.75 43.75 Friday 1 1000 1000 NOK = 115.67 Nutshell 154 Souvenir RT 0 154 May 80 Souvenir RAI 80 0 17 Postcard RAI 17 0 24 Prangko RAI 24 0 150 Belanja makanan buat dinner 75 75 Saturday 2 40.5 Belanja Makanan 20.25 20.25 May 50 Tram Ticket to Solerud 2 person 25 25 Sunday 3 130 One day transportation pass Oslo 65 65 May 120 Kebab deket stasiun Oslo 60 60 220 Dinner two person 110 110 1 Coin Norway 1 0 50 Sisa Notes Norway 25 25

RAI NOK 2005.5 RT NOK 1994.5 NOK -> EUR 461.19 RAI Euro 231.23 RT Euro 229.96 Breakdown Transport Luar 1870 Transport Inner 672 Admission 70 Food 954 Post Stuff 84 Souvenir 234 Locker etc 65 Sisa 51 Breakdown Percentage Transport etc 63.55% Admission etc 3.38% Food etc 23.85% Souvenir etc 7.95% Sisa 1.28%
Pengeluaran Swedia Kronor (SEK)

Day Date Cash In Cash Out Details RAI Part RT Part 27 1000 1000 SEK = ??? EUR Monday RT 48 Perangko RAI 48 0 Malmo-Lund April 20 Toilet Malmo Station 10 10 6 Postcard RAI 6 0 30 Coin Locker Malmo Station 15 15 30 Coin Locker Lund Station 15 15 5 Postcard RAI 5 0 33 Kopi bertiga 16.5 16.5 27 Naik bus berdua 13.5 13.5 50 Kebab Rekomendasi Rika 25 25 Tuesday 28 60 Kopi di temennya Christian 30 30 Helsingborg April 170 Ferry Helsingborg – Helsingor PP + Lunch 85 85 245.5 Tukar 200 DKK = 245.5 SEK FOREX 108 Belanja bareng Christian 54 54 Monday 4 180 Tiket Stripenkart Kereta buat berdua 90 90 200 One day ticket berdua 100 100 May 20 Postcard RAI 20 0 11 Mentos 5.5 5.5 2 Postcard RAI 2 0 12 Prangko RAI 12 0 119.5 Souvenir RT 0 119.5 45 Souvenir RAI 45 0 8 Postcard RAI 8 0 Tuesday 5 1000 1000 SEK = 94.41 EUR RAI 200 One day ticket berdua 100 100 May 198 Bus Stockholm – Skavsta Airport 99 99 100 Vasamuseet 50 50 Wednesday 6 240 Extra Luggage RT 0 240 3 Coin Swedia 2 1 May 4.5 Coin Collateral Exchange 1.5 3 315.5 Exchange SEK to EURO (???) di RT 157.75 157.75

SEK -> EUR 187.45 RAI Euro 83.70 RT Euro 103.75 Breakdown Transport Luar Kota 368 Transport Inner City 607 Admission 100 Food 262 Post Stuff 101 Souvenir 164.5 Locker etc 320 Sisa 323 Breakdown Percentage Transport etc 43.42% Admission etc 18.70% Food etc 11.67% Souvenir etc 11.82% Sisa 14.38%

Rincian biaya

Delft – Rotterdam PP weekend retour pake Kereta NS.NL
Rotterdam – Brussel PP pake Eurolines

18.00

Tiket Rotterdam – Brussel PP (Jan 31 -Feb 1

Sabtu313.10Tiket Delft Rotterdam PP (Weekend) Januari5.20Tiket Brussel – Louven PP (Weekend) 1.45Makanan Louven 0.50Postcard Leuven 7.00Hotdog 8.95Pub Minuman 20.60Steak Kuda 1.80Ice Tea

Minggu 1 February 1.05 Prangko 0.50 Postcard 2.00 Prangko 2.50 Museum Grotte Markt

Masih nyari2 Informasi

Rekan2, (reply-nya japri aja ya) Saya dan Halim (plus maybe 2 orang lagi) berencana backpacking di Inggris, terutama wilayah England dan Wales, akhir april/awal May nanti selama 10 hari. Bisa minta sarannya? terutama tentang itinerary berhubung kalian pernah jalan2 di Inggris.
Rencana kami Hari 1: London (Royal Wedding), malamnya naik bus/kereta malam ke Glasgow Hari 2: Glasgow, nginep di Glasgow Hari 3: Tour High-Land, nginep di Glasgow Hari 4: Day trip ke Edinburgh, Nginep di Glasgow Hari 5: Leeds, Nginep di Leeds Hari 6: Liverpool - Manchaster, nginep di Manchaster Hari 7: Nottingham, nginep di Nottingham Hari 8: Birmingham - Oxford, nginep di Oxford Hari 9: Oxford - London Hari 10: London Rencana kami masih rough, jadi blm fix. ada yg berminat ngasih ide? plus, di daerah scotland ada-kah Network Railway Card? gw nemu yg diskon 33% (bayar GPB 25 per tahun, hanya buat off peak time saja). Denger-denger ada semacam membership card buat National Express? ada yg bisa ngasih info ttg ini nggak ya? Rencana kami di awal may, apakah cuaca-nya bersahabat? Plus, berhubung kalian pernah jalan2 di Inggris, bisa minta planning-nya yg dulu? japri aja ya =D
Thanks Ronald
Advise dari Laura
Ronald,

London itu gede, dan banyak bgt museum bagus-bermutu-gratis... jd, tergantung lo ke London mo ngapain. gw di London waktu itu 4 hr, masi brasa kurang buat ke museum nya... soalnya London gede n menarik banget.
Oxford oke banget,,, I like! kalo suka ama JR Tolkien ato CS Lewis, jangan lupa mampir ke pub Eagle & Child, tempat duo penulis tersebut suka hang-out bareng....

Dulu siy gw di UK skitar 2 minggu...
4 hr (3 mlm) di London, 2 hari (1 mlm) Oxford, lalu nginep di rmh temen di Cheltenham. Weekend nyewa mobil, nyetir ke stonehenge, salsbury, the costwolds (ini villages gitu, menarik banget, soalnya cute :p ), Bristol, Birmingham, Glochester. lalu 2 hari (1mlm) di Cambridge.

Enjoy UK!!!

Btw, lo uda lulus kan? skrg sibuk ngaps, kerja dmn...? ada list prusahaan di Blanda ga? japri ke gw donk :p

Advise dari Djohan


Aku dulu sih pakai young person card. Waktu itu masih dibawah 25 tahun. Tapi sekarang udah liwat ^^.

Ini card2 yang ada di UK
http://www.nationalrail.co.uk/times_fares/railcards-discounts/railcards_national.html

Kalok mau naik bus cari funfare.
http://www.nationalexpress.com/coach/Offers/funfares.cfm

Perasaan awal Mei bakalan lumayan sudah an. Gitu doank saran ku … Soal tempat yang mau dikunjungin kayak nya Shenny lebih tau banyak.

Advise dari Petra

Gue ngasih masukan yg bagian scotland aja. Kmr gue highland trip itu 3hr 2 malem ke oban, inverness, elgin, loch ness..naik mobil. Tp ada sih emang tour yg highland trip 1 hr. Ada di internet seharusnya. Edinburgh jelas bisa dalam 1 hari. Cuaca..wah, gue belom pernah ngerasain bulan mei disini ๐Ÿ˜€ tp sepertinya bakal tak terprediksi seperti biasa :p

Selamat membuat plan! ๐Ÿ™‚

Sent from my PinkieBerryยฎ

Advise dari Fadly

Jgn lupa ke windsor dan bath.
Untuk member national express ga tau tuh, tp klo mau coba jg megabus.com, itu jg operator bis, lebih murah dr national express

Advise dari Rahmadi

Pengalaman gua gak sejauh itu.. intinya sih transportasi lumayan mahal di sana.. memang biaya hidup lebih tinggi sih ya di sana.. Gak mendingan London dijadikan beberapa hari langsung aja? Biar sekalian gitu.. ๐Ÿ™‚

ย 

Advise dari Shenny

Royal Wedding, km hrs liat jam yg tepatnya spya ngga kepagian/ kesiangan.
Glasgow, ga terlalu ada apa2, kecuali gedung BBC kli y. ga usa lama2 dsana2.
Highland ok. ak dl ikut tru dr edinburgh, sama aja la kl ambil dr glasgow. cuacanya dingin.
Edinburgh bagus. lbh bagus dr glasgow.
Leeds, ak blm prnh pergi tp ya katanya, another big city, ngga terlalu spesial. saranku lbh baek km ke york/ durham. jauh lbh bagus dr leeds.
liverpool – manchester, blm prnh pergi, tnya yudha itu. dia dah prnh pergi kyknya.
nottingham, ngga terlalu spesial cuma ada patung robin hood doank.
birmingham, biasa aja, pling cuma ada bull ring and square tp bisa ktmuan ma djohan tuh;p
oxford, lmyn okay. km jg bisa ke cambridge jg.
daerah south london jg bnyk yg bisa dikunjungi. tp mngkn asumsiku km smntara mau ke daerah north dl.

 

ย 

ย 
Advise dari Ardhy


Nald,

kapan itu loe tlp skype ya ? gw tidur ๐Ÿ™‚
mau chat lagi malem ini(Selasa 8 maret 2011) ? klo 21.00 waktu helsinki gmn ?
loe ada dimana skr ?
gw 2 minggu ini ada di helsinki urusan kantor.

klo ga bisa, ya..ntar pas gw balik ke cph, baru gw buka2 lagi itenary gw pas ke london dan edinburg.

 

ย 

ย 
ย 
Advise dari Ronald Halim




planning yang mantap, g sebenernya pingin banget ngunjungi cambridge, semoga nanti kesampaian.

nald, g udah ngomongin pribadi ke Kukuh dan Ramanda. Kukuh masih menunggu perkembangan sampai akhir Maret untuk memutuskan berlibur atau tidak. Dia juga punya rencana ke Swedia dan Finland seperti yang dia rencanakan, ada kemungkinan juga dia mau gabung ke Inggris. Ramanda sementara ini skip dl rencana liburan.

Advise dari Santi

Aku dulu cuma ngunjungi Scotland (Aberdeen, Edinburgh, May 2010) sama England (London, Oxford, Agust 2010). jadi gak terlalu banyak juga lah ya.
Mengenai Scotland, itu juga perginya bareng2 temen2 TG TU Delft, udah diaturin semua ama mereka termasuk hostel, bus dan semua. Waktu itu bayarnya cuma 110 euro (termasuk pesawat :P), maklum ada sponsor, jadinya gak bisa kasi masukan buat harga2an.

Abeerden ya kota minyak. Bagus2 aja sih, tapi kayaknya gak ada yang terlalu istiwewa. Tapi seneng aja liat rumah2 yang berdinding abu2 dimana2. Kesannya Eropa banget dan elegan.

Edinburgh itu lebih menarik –> Edinburgh castle ataupun keliling2 di centrum-nya. Rame dan emang kota turis banget. Aku dulu sempat naik bus hop on nop off bareng temen2. salah satu tempat pemberhentiannya ada di salah satu bukit kecil yang deket ama castle apa gitu (lupa semua namanya)..nah itu kayaknya juga worth dikunjungi. banyak yang naik ke sana dan bisa ngeliat view Edinburgh dari atas. Aku gak ke sana karena udah kecapean dan lebih memilih leyeh2 di taman dekat Edinburgh Castle, tapi sekarang nyesel gak jadi, ternyata view di bukit itu emang bagus!

pas malamnya aku ikut tur bawah tanahnya Mary King’s Close. Mary King itu pedagang wanita dari Edinburgh yang punya ruang2an bawah tanah di bawah Edinburgh, lucu2 horor sih, tapi lumayan juga buat seru2an. Selain ini, ada lagi beberapa tour, temenku ada yang ikut ghost tour segala.

O, iya, mungkin di web2 udah dibilangin kalo jalan2 di Edinburgh itu naik turun, aku dulu gempor juga, makanya naik hop on hop off aja ๐Ÿ˜›

England
waduh, trip yang ini bener2 koboi, alias gak ada persiapan apa2. Lima dari di England, aku cuma ke London ama Oxford. Nginap di rumah temen makanya kadang2 abis Shubuh tidur lagi, pokoknya niatnya gak bener2 buat traveling. Sesekalinya ikut temenku malah diajak nge-mall ๐Ÿ˜›
Tapi aku sempat ngunjungin beberapa:
London
Emirates Stadium dan Stamford Bridge –> Lumayanlah, gak masuk sih, cuma foto2 dan beli oleh2.
Yang lainnya palace2an
London Bridge –> buat foto2 dong
London Tower –> kalo kata aku ini historis banget buat England dan UK. Anne Boleyn dipenggal juga di sini :P. Aku sih gak masuk, bokek ๐Ÿ˜€
yang lainnya gitu2 aja nothing special.
tapi kalo misalnya ada Royal Wedding kayaknya mungkin menarik ya..
Atau mungkin mau ke King’s Cross Stasiun di platform 9 3/4 Harry Potter kayak gini:

St. Pancras station – in the Harry Potter movies this is filmed as King’s Cross station because it looks a lot more interesting than King’s Cross

england15di8.jpg

Oxford
Ke Oxford University
Liatin Dining Hall-nya Hogwarts di Christ Church’s
OxfordChristChurch2006_lg.jpg
ternyata dining hall-nya gak segede yang di liat di film!

kalo gak salah dulu aku berangkat ke Oxford dari St. Pancras. Mungkin bisa juga dari stasiun lain.

Kalo tentang tiket2an, aku gak tau, soalnya emang kurang persiapan dan temen2ku ternyata juga gak tau dan mereka gak punya membership apapun ๐Ÿ˜›

Tentang cuaca awal May…aku dulu ke Scotland juga bulan May, and it was perfect.

Kayaknya segitu aja, Nald.
Udah reply-nya telat, gak membantu juga ๐Ÿ˜€

Sukses ya traveling-nya, ditunggu cerita2dan foto2nya nanti…

PS. Apa gak berminat ke Cardiff, kata temenku sih bagus…

Advise dari Ririn IBP

 

 

Hi Ronald, September - Nov kemarin aku di UK ( termasuk england, scotland and wales ). di antara waktu itu aku 1 bulan backpack. Semua transportku train ( beli jauh jauh hari sehingga dapat lebih murah ) kecuali dari London ke Edinburgh ( karena kota ini adl base - ku ketika di Scotland ) aku pakai National express. karena aku cuma pakai sekali jadi tidak pakai beli membership dan menurutku, harganya lebih murah daripada dengan train Kemudian 2 hari ngiterin Edinburgh ( dan masih kurang ternyata, karena terlalu banyak yang bagus ). Aku join trip yg diadakan starbucks,free cuma sukarela bayar guide-nya untuk tahu raugh tourist places di Edinburgh dan ada apa di dalamnya. karena sayang kan kalau dah masuk beli tiket ternyata di dalamnya ga ada apa apa. sekalian juga tambah kenalan buat jalan solo di Edinburgh. trus join wild in scotland trip selama 7 hari. Asyik Hostel di edinburgh juga banyak yang terjangkau, meskipun jujur aku rekomendasikan Oban sebagai tujuan wisata scotland dengan biaya hidup yg lebih murah daripada Glasgow dan Edinburgh tapi kita dapt taste-nya Scotland. Karena ada traditional dance and music, pelabuhan, beer brewery juga whisky dist. Jadi bisa ke beberapa tempat. Hostel juga sangat terjangkau di Oban. Saya di Liverpool 3 hari karena ada beberapa tempat yg menarik buat dikunjungi, seperti hope street, beatles - things, old buildings, anfiled, liverpool one, albert docks dll. Saya tidak ke Manchester tetapi ke Chester. tidak jauh dari Manchester tapi banyak history-nya. Ada 1 pub yg very nice di Chester. Chester seperti little York. Oxford bagus banget dan enak buat jalan. I like it, tapi belum pernah nginep di sana karena tempat ini tidak jauh dari rumah temanku. Selama 2,5 bulan di sana rasanya belum puas dan ingin balik lagi someday,tapi kalau kamu berencana beberapa kali ke UK atau kamu tinggal di UK tentu trip satu satu yg lebih asyik. Misalnya, england selatan saja. England utara saja etc trus Wales saja atau Scotland saja. Jadi waktu explore-nya lebih panjang dan biaya mungkin lebih irit. Itu dari saya Thanks, Ririn
Advise dari Mbak Ambar IBP
1. Railcard akan sangat berguna jika sering travel di UK. Tapi kalau hanya satu dua kali rasanya sayang. Karena ongkos membershipnya juga lumayan. Ada alternatif seperti Mega Train (masih satu induk dengan Mega Bus). Bisa dilihat disini http://uk.megabus.com/megatrain.aspx# Tapi offering diskonnya juga sangat temperamental walau jargonya sih ยฃ1 one way, butuh hunting yang lumayan intens (biasanya off peak, off weekend). Mega Train (diskon) ini melayani rute2 kereta jalur: East Midlands Trains, South West Trains, Virgin Trains, National Rail. Kalau rute dari London ke Glasgow via Midlands (Birmingham) biasanya memakai Virgin Train. Yang agak bikin pusing adalah kereta di UK itu dioperasikan oleh banyak operator dengan sistem pembayaran yang "kurang terpadu". Jadi boleh dibilang kereta di UK adalah paling mahal di Eropa. So silakan dicek sendiri yaks.. 2. Membership National Express sepertinya ditujukan untuk kaum tua (pensioners), students full time, dan anak muda usia 16-26th. Saya tidak tahu apakah students disini berlaku untuk non UK resident (asumsi saya sih European student masih termasuk, tapi coba aja ditanyakan). Harga membershipnya ยฃ10 untuk satu tahun. Lumayan kalau sering naik bis kemana-mana. Dalam perspektif saya, ngebis (coach) lebih ekonomis ketimbang kereta untuk travel di UK. Silakan dibaca di tautan diskon membership http://www.nationalexpress.com/coach/Offers/StudentCoachDeals.cfm 3. Info kereta di UK bisa dilihat di http://seat61.com/UK-train-travel.htm Kebetulan si empunya website Mark Smith adalah mantan Manajer Stasiun di Inggris. So cukup comprehensif isinya. Salam anak kereta, Ambar
Advise dari Lia IBP
> mas ronald, > mau sharing info aja, kebetulan saya kemaren dapet tiket megabus dari london-glasgow promo cima 1pounsterling =) > dan tiket edinburgh-london juga cuma 5.5 pounsterling, untuk perjalanan bulan depan, coba cek aja webnya megabus kali kali masih ada.. > > regards, > mia.

Diajakin Dmitri Road Trip di daerah barat Amerika, tapi kayanya mesti gw skip, Royal Wedding + Scotland lebih penting hehehe

Vasya (remember him?) is coming for a road trip 4/18-5/5
so you could join again (: