Pertanyaan dari AD

mau tanya soal SIM belanda, just in case tau infonya.
di belanda bisa konversi sim indonesia ke sim belanda gak yah?
kalau bisa, prosedurnya gimana?
saya sekarang lagi di norway dan di sini bisa konversi sim indonesia ke sim norway asalkan di tahun pertama tinggal di norway.
biasanya disuruh ambil practice course 2 jam, terus ambil driving exam, total kira2 sekitar euro 500.
tetapi, di norway sekarang antrian untuk practice coursenya saja, terutama utk foreigner sedang dipersulit, belum lagi nanti antri driving exam.
saya antri dari januari, sampai sekarang belum ada driving school yg ngasih jadwal practice course.
kalau di belanda bisa konversi juga, dan gak dipersulit kayak di norway sekarang, saya mau coba di belanda.
Jawaban dari JS

mau tanya soal SIM belanda, just in case tau infonya.
di belanda bisa konversi sim indonesia ke sim belanda gak yah?
kalau bisa, prosedurnya gimana? Di belanda tidak ada konversi sim indonesia.. di belanda harus ambil kursus nyetir dan bisa lebih dari 2 jam (aku waktu itu lebih dari 10 jam.. per jam 30euro) lalu tes teori 120an euro lalu tes praktek 300an euro) kalau lulus baru dapat sim belanda… Di belgie bisa konversi sim dr indonesia.. tapi utk persyaratannya saya kurang tau.
Jawaban dari FH

Saya tidak tahu begitu banyak tentang konversi ini, namun sabtu kemarin sempet ngobrol-ngobrol sama orang indonesia yang sudah lama disini. Kata beliau, dulu (tidak tahu sejak kapan) memang belanda bisa melakukan konversi ini dari sim indonesia ke sim belanda, namun sejak ada homogenisasi peraturan di eropa (EU), belanda mengubah sistemnya menjadi seperti sekarang.
Ada cara lain yaitu, membuat sim internasional di indonesia dan dapat digunakan di belanda selama 6 bulan maksimum. Lebih dari itu sim internasional harus diperbaharui lagi (berarti balik lagi ke indo :p). Segitu aja, mungkin info ini blm terlalu jelas keakuratannya, tapi semoga bisa membantu
Jawaban dari IH

Indonesia tidak termasuk salah satu negara yang mendapatkan fasilitas untuk menukar SIM. Ada perkecualian untuk hal ini, yaitu untuk orang-orang yang direkrut langsung dari Indonesia untuk bekerja di Belanda (dengan pengalaman kerja sekian tahun). Prosedur memperoleh SIM Belanda yang normal akan sangat mahal dan lama, dan tidak ada jaminan pasti berhasil.
Jawaban dari B

Jawabannya gak bisa. SIM Indonesia gak dianggap di Belanda, harus ikut ujian teori dan ujian praktek. sebenernya kalau pede sih gak perlu kursus lama2 buat ujian prakteknya. Yang jelas harus lulus teori dulu baru praktek. Di belanda gak ada waiting list buat kursus setir setau saya, tinggal telepon aja sekolahnya satu persatu.
Jawaban dari DB

sekedar melengkapi,
Untuk mutasi SIM indo ke SIM Eropa, kalo ga salah bisa dilakukan di Belgia (lupa persyaratannya, coba googling aja)
SIM Indo sudah tidak bisa dimutasi ke Belanda, kecuali jika orang itu bekerja di perusahaan international (terutama oil company)
bener kata fadly, SIM international hanya bisa dipakai 6 bulan setelah tiba di belanda, setelah itu ya bisa dipakai untuk negara di luar belanda
N then, kalo mau ikut tes sim butuh sekitar 350 eur untuk tes praktek dan 175 eur untuk tes tulis, ini biasanya dilakukan dalam bahasa Belanda, jika mau mau tes bahasa Inggris, harus dilakukan di DH atau Amsterdam, biasanya tes diadakan 2-3 bulan sekali
selengkapnya bisa dilihat di link ini
Advertisements