Dear All,

ada temen gw yg nanya tentang beasiswa fakultas nih,
bisa cerita nggak dulu kalian bulan apa tahu dapet beasiswa fakultasnya? kalo ga salah ini ga bisa apply kan, dikasih kalau beasiswa lain yg kalian daftar ditolak?

Pertanyaan temen gw: (SDR, di bagian CC). Dia udah keterima TU Delft buat intake 2010, electrical power engineering (EWI), tapi blm dapet kejelasan soal beasiswa-nya

Ngomong2 yang lolos beasiswa dari delftnya gimana cara tahunya? ngemail lagi ke mereka? Thx thx..

Thanks,
RAI
PS: Tahu lagi nggak siapa yg dapet beasiswa fakultas?

Answer

AS (Beasiswa Fakultas TNW 2009)

gw dapetnya 2 minggu (apa seminggu yak) sebelum deadline pembayaran. tiba-2 ditelpon ama orang TU lalu diwawancara.4 jam kemudian gw liat pengumuman beasiswa dan kontrak ada di email gw

RA (Beasiswa Fakultas TBM 2009)

Bos ane gak di telp tapi di e-mail dan waktunya mirip2 sama kayak AS, persisnya udah lupa.

HMS (Beasiswa Fakultas TBM 2008)

kayaknya mekanismenya beda ya per fakultas. coba tanya IM. dia dulu dapat beasiswa fak. ewi (tapi kemudian dicancel karena dia dapat dikti).

kalo fak TBM (kasusku, ga tau kalo RA), ga ada mekanisme pendaftaran beasiswa. jadi kalo kita daftar master di TBM secara otomatis diikutkan dlm proses seleksi (salah satu kriteria kayaknya ya.. belum dapat beasiswa dr manapun). pengumuman beasiswanya sekitar 20-an juni. ga ada wawancara kayak andika.

RAH (Beasiswa Fakultas TBM 2008)

maaf saya terlambat membalas, tapi pengalaman saya mengenai beasiswa fakultas tidak jauh berbeda dengan yang dipaparkan HMS (karena saya juga belajar di fakultas TBM). Prosedur seleksi saya kira dilakukan oleh universitas secara internal dan tidak ada persyaratan tambahan selain paket lamaran yang kita kirim. Untuk yang mendaftar di TU Delft umumnya terdapat tambahan pertanyaan di formulir pendaftaran:

“bagaimana cara anda membiayai studi anda” dan terdapat juga pertanyaan pilihan ganda yang salah satu jawabannya dapat mengindikasikan bahwa kita akan menarik lamaran kita jika tidak mendapat bantuan finansial dari pihak manapun.
mengenai pengumuman, saya memperoleh pengumuman di bulan Mei dan saya melakukan pendaftaran di bulan Desember.

“bagaimana cara anda membiayai studi anda” dan terdapat juga pertanyaan pilihan ganda yang salah satu jawabannya dapat mengindikasikan bahwa kita akan menarik lamaran kita jika tidak mendapat bantuan finansial dari pihak manapun.
mengenai pengumuman, saya memperoleh pengumuman di bulan Mei dan saya melakukan pendaftaran di bulan Desember.

IM (Beasiswa Fakultas EWI 2008)

Kalo gw , beasiswa dari Research Group (RG) di Applied Math. Jadi pas gw dapet LoA, gw juga dapet email dari contact person RG itu, mau ga diikutsertakan dalam beasiswa. Gw konfirm kalo gw mau, dan pertengahan Mei, gw dapet surat dari mereka kalo gw diterima. Gitu doang, nald. Jadi bukan dari Fakultas sih sebenernya beasiswa gw ini.

SDR (Kandidat Beasiswa Fakultas EWI 2010)

Dear kind guys and gals,

Salam kenal, gw SDR yang nanya ke RAI.

Makasih banyak share jawabannya.. Terutama RAI ya mau publish pertanyaan gw.. Padahal dia lagi kerjain thesis, hebat hebat..

Deadline pembayaran masih lama, 1 juli 2010 jadi berarti gw tunggu sampe pertengahan Juni-an kali ya. Sayang banget Dikti sekarang katanya cuma buat dosen.

Ntar gw kabarin lagi kalo ada kabar2 seperti anda-anda..

Sekali lagi thanks ya teman-teman.

SDR (Kandidat Beasiswa Fakultas EWI 2010)

Btw ternyata di admission email gw dibilang:

Concerning TU Delft scholarships; With the exception of the Faculty of Architecture, all TU Delft faculties offer university scholarships. All students who have been admitted to an MSc programme at TU Delft are considered for a TU Delft scholarship. However, the number of scholarships is limited, which means that there is a great deal of competition. If you are granted a TU Delft scholarship, you will be informed by your faculty before 1 June.

Jadi mungkin gw harus mengubur dalam-dalam mimpi ke belanda, paling ngga tahun ini.. Sigh.. Gw dah kirim email konfirmasi sih, apa bener gw ditolak beasiswanya. Tapi mungkin jawabannya dah jelas..