Buat ngebantu temen yg lagi persiapan wawancara depkominfo di Jakarta. Good luck Stef.


From: RAI
To: Penerima Beasiswa Depkominfo TU Delft 2007 s/d 2009
Sent: Saturday, May 8, 2010 12:58:44
Subject: Beasiswa Depkominfo – Interview Tips and Tricks

Hi

Gw mau nanya dong, pas beasiswa depkominfo kemarin kalian ditanyain apa aja. Temen gw ada yg dipanggil wawancara. Ada tips and tricks buat ngelewatin wawancara nggak?

Abis itu kalian tahu prosesnya setelah seleksi wawancara? Plus minta background S1 kalian dong, S1 dimana, angkatan brp, jurusan apa.

Thanks,

***
Jawabannya

Dari Mr. T (Depkominfo 2009)

“kalo kemaren gw ditanya tentang kerjaan gw sblomnya ngapain, terus hubungan kerjaan sama s1 gw gimana. abis itu ditanya rencana kuliahnya tentang apa. hubungan sama kerjaan sblomnya gimana. abis itu dilanjutin kalo seandainya lulus kuliah mau ngapain, kalo seandainya ditempatin didepkominfo gimana and bagian apa didepkominfonya buat jurusan gw, (power engineering). terus rencana gw nantinya mau ngapain. waktu gw sih sambung menyambung pertanyaannya.

yang nanya ada 3 orang. yang pertama pake bahasa inggris abis itu sisanya bahasa indonesia

wawancara skitar stengah jam kyaknya..yang lulus angkatan gw 50 orang..3 orang diantaranya phd”

yang penting tampak PD dan meyakinkan tentang tujuan dan rencana kuliah n jg pasca kuliah..tambahan info meskipun waktu itu ditanya tentang kemungkinan dipekerjakan di depkominfo, diakhir wawancara gw malah disarankan supaya jangan kerja didepkom stelah lulus kuliah..hehehe..sukses ya..*smoga blom telat..:D

***

Dari Desi (Depkominfo 2009)

Aku S1 Teknik Elektro, spesialisasi Telekomunikasi, di UGM.
Aku angkatan 2003.

Pertanyaan waktu wawancara:
1. Kenapa pengen S2? (motivasi)
3. Usaha apa yang sudah kamu lakukan untuk bisa S2 keluar negri?
4. IP kamu berapa? itu termasuk tinggi apa rendah di UGM?
5. Keluargamu mendukung apa tidak kamu S2?
6. Telekomunikasi kan luas, specific topic apa yang akan kamu ambil nanti di sana?
7. Bayangan kamu 10 thn ke depan kamu jadi apa?

***
Dari Giga (Depkominfo 2009)

sorry baru bales. seharian basket. aku S1 Teknik Elektro UGM spesialisasi Komputer dan Informatika.

kemarin-kemarin aku ngasih tips via fb ke adik kelasku. tak copas aja ya. silakan proofread sendiri.

Seputar wawancara

yang jelas alangkah baiknya jika kamu kenal depkominfo. jadi jawabanmu bisa disambungin ke sana (tapi hindari yang mengada-ada daripada ntar ditagih)
pertanyaan standar:
1. ceritakan diri anda
2. udah ketrima belum? di mana? kalau belum kenapa?
tujuannya supaya mereka ga sia-sia ngasih beasiswa. yakinkan kalau udah ketrima dan pastikan tempat tujuan memang yang baik. kalau belum, yakinkan bakal diterima, atau tunjukkan kalau kamu mahasiswa top. jamanku sebagian besar sudah diterima sebelum wawancara. ada yang beberapa yang malah ditawari depkom kuliah di tempat lain
3. persiapannya sebelum ke sana apa saja? kalau dah di sana mau ngapain? apa untungnya buat depkom?
4. kalau dah lulus mau ngapa? bersedia ga dipanggil depkom kalau depkom butuh bantuan.
masalah rencana thesis bisa aja ditanyain. kalau yang pertanyaan di formulir, selain buat cross check juga bisa buat bantu memperjelas isi formulir kan?

lama wawancara tergantung jumlah calon penerima. jamanku ada 150-an (kalo ga salah) dengan waktu wawancara 15 menit.

yang pas aku, pertanyaannya dicampur bahasa inggris ama indo. ada yang indo doang, ada juga yang inggris doang. jadi siap2 terkejut.

kalau dah biasa wawancara insyaalah gampang kok. intinya tunjukkan kalo mereka ga bakal sia-sia ngasih kamu uang, baik dari segi tempat tujuan, kontribusi ke depkom, dan kemampuan kita

sekian

***

Dari Mela (Depkominfo 2008)

kikikik..
buat stefani & pida ya? (dan bbrp elektro 02 lainnya hihi(tipsnya yg penting pd dan jago ngomong :)) mreka mah pasti bisalah, gw percaya😀

semoga dia dapet deh.. kemungkinan dia dapet gede sih menurut gw, hehe.. dia salah satu tipe2 org yg bakal dapet dr depkom harus udh kerja. tapi rata2 anak itb yang jago ngomong, keliatan hard working pasti keterima lah padahal gw hard playing ketipu yg wwcr gw

***

kayaknya tanyanya sama yg taun lalu deh. gw udh lupa kalee.. hihi.
lagian jurusannya beda. kalo pida MOT kan? pasti udh nanya2 lah sama helmi & fadli😛

gw sih komunikasi dan beda sama background gw, jadi ditanya kenapa beda, hehe. gak ada lah pertanyaan spesifik siapa ratu belanda atau mengenai restrukturisasi depkominfo😛

***

Dari Yugi (Depkominfo 2008)

Waktu Zaman saya, wawancara itu adalah proses seleksi terakhir.
Yang ditanya sederhana saja, yaitu kebanyakan hal2 yang sifatnya personal seperti sedang ngerjain/kerja apa dll, lalu disuruh baca 1-2 paragraf buku bahasa inggris dan disuruh menceritakan tentang isinya dalam bahasa inggris juga. Biasanya juga ada pertanyaan jika kominfo membutuhkan apakah bersedia dipanggil..

Begitu lah, sederhana saja, yang penting kitanya yakin dan meyakinkan.

***

Dari Rahmadi (Depkominfo 2007)

Buat wawancaranya gak ada sesuatu yang istimewa. Pastikan aja pertanyaan2nya dijawab dengan apa adanya tapi meyakinkan.. Gua dari UPH, angkatan 2002, jurusan Teknik Komputer. Yang lain dari angkatan kami ada Tantri , Andy Credo, Mbak Endah, Bang Zaiyan ..

***

Advise dari Saya (non-Depkominfo)

Nanti pas wawancara, advise gw….u pas ditanya persiapan kuliah lagi, mention jg udah kontak anak2 TU Delft. temen2 seangkatan u ada 3 orang disini (Tofan – Power Engineering; Fadly dan Helmy: Management of Technology) + Gw (Management of Technology). Bilang juga u kenal beberapa temen power yg dari Indonesia (Tofan – 2009). Dan mungkin jg u bisa sebut Julian, dia housemate gw – anak Power 2008. Sama di 2008 masih ada anak2 PLN lagi S2.
Abis itu sebutkan aja u tahu disini ada PPI Delft. Mereka baru pemiliu bulan Maret (kalo ga salah). U google aja PPI Delft dan baca2 tentang Delft disitu.
Saran lain: kontak Tofan, Fadly, Helmi. Mereka kan lewat tahap wawancara.
Sekian dulu sih advise dari gw. Seinget gw, Niko pas ditanya Monbusho, malah ditanya soal Perdana Menterinya Jepang siapa hahaha….
***
Anak Depkominfo 2007 ada yg jadi kesayangan Depkominfo. Dwi (Computer Engineering 2007 TU Delft). Dia masuk kompas.com karena nanosatelit. Coba aja mention tentang dia pas wawancara. Link beritanya
***
Dengan mention-ing itu kan artinya u tahu perkembangan anak2 depkominfo yg di Delft hehehe….
***
Ron Ron! Gw dipanggil wawancara depkominfo tahap II. Kenapa ya ada tahap 2? => pas ngobrol sama Fadly katanya mungkin depkominfo kekurangan personnel buat wawancara.
U ada yearbook TU Delft yg graduate 2009 kan? bawa aja pas wawancara hahaha…. bahwa u udah tahu kehidupan disini akan spt apa :p