From: RAI
To: RAH
Sent: Monday, March 22, 2010 15:46:04
Subject: Root Canal Treatment gagal

Mr. R

Tadi baru dari dokter gigi lagi, pertemuan ke-2. Tapi dokter giginya nyerah gitu buat root canal. Katanya dia bisa bersihin satu kanal, tapi kanal yg lain cuman bisa dibersihin sampai kedalaman 4 mm, yg kata dia nggak cukup buat ngebunuh semua bakteri.

Akhirnya dia ngasih saran buat di-extraksi aja, alias dicabut. Sigh =(, dia bilang kalo dipertahankan, gw akan sering minum antibiotik melulu dan ini nggak baik. “Pus/nanah” juga nggak bisa dikeluarkan.

Gw sempet nanya2 gimana cara keep that teeth, dia bilang sih bisa aja, tp infeksinya akan tetap berlangsung. Udah gitu gw tanya, gimana caranya menghilangkan puss di abscess, yah, kata dia cuma bisa via dicabut doang. karena kalo root canal yg ga bener2 100%, bakterinya masih ada dan akan ada masalah dikemudian hari (bisa month/year).

Akhirnya gigi geraham bawah kiri gw dicabut. Skrg jadi ada “lubang” gede gitu antara geraham bawah bagian kiri gw. Tadi katanya bisa “bridge” atau “implant” tapi gila aja, dua2nya 1500 EUR….. kayanya gw mesti nunggu balik ke Indonesia buat implant deh. kayanya skrg kalo ngunyah2 mesti pakai gigi sebelah kanan. Menurut u setelah ekstraksi pasang implant mesti dalam jangka waktu brp lama ya? Gw sih moga2 september udah balik ke Jakarta. kelamaan nggak?

Thanks,
R