Dari Mas Stevie

skenario 1: Apply ID baru untill next August 2011.
bayar 52 eur sekarang.
setelah lulus (misal agust 2010), apply zoekjaar 331 eur.
Selama nunggu ID zoekjaar, kamu bisa keluar masuk Belanda tanpa harus bayar return visa, kamu bisa berada di luar Belanda (atau liburan di Indonesia) sampai max 9 bulan. 
total cost: 383 eur.
keuntungan: bisa keluar masuk Belanda selama suka suka kamu…

skenario 2: Ngga perpanjang verblijf baru (takut hangus setelah lulus).
lulus (august 2010), lalu appy zoekjaar 331 eur. (ID baru jadi 2-3 bulan)
mau jalan2 keluar Belanda (atau liburan di Indonesia), mesti apply return visa lagi 40 eur, hanya boleh berada di luar Belanda max 3 bulan (or even less, contoh: temenku anak Amerika Latin cuma dikasih ijin 30 hari di luar Belanda, dia ke India waktu itu – ntar IND yg tentukan kapan kamu harus balik. ).
total cost: 371 eur.
keuntungan: cuma hemat 12 eur..(dibanding skenario 1),  liburan di Indo cuma max. 3 bulan (or less)


skenario 3: Ngga perpanjang verblijf baru.
lulus (august 2010), lalu appy zoekjaar 331 eur. (ID baru jadi 2-3 bulan)
diem aja di Belanda ga kemana mana (kecuali jalan2 wilayah Schengen) sampe zoekjaar visa jadi…
keuntungan: hemat lebih banyak, tapi ga bisa liburan ke Indonesia… .

Jadi kesimpulannya tergantung plan kamu setelah lulus apa… kl dari segi biaya ga beda beda jauh toch ?
Dari Aryo

Koneskuensinya paling ID barunya aga2 ke delay, Nald. Biasanya, ID student itu valid ampe tanggal 31 Agustus. Kalo optimis sebelom tanggal itu uda lulus si gpp. Cuman kalo nggak, ya berarti juli/agustus harus ngurus ID sendiri kan. Nah biasanya IND bulan2 gitu sibuk banget, plus orang2nya kebanyakan yang cuti. Jadi…ID bisa keluar 1 bulan, kalo beruntung, ato 2-3 bulan, ato nggak keluar2 kaya pengalaman pribadi taun lalu…hehe. Gpp si, CIIMW, selama aplikasi uda masuk IND sebelom tanggal 31 Agustus misalnya, masi legal tinggal di Belanda, sampe ada surat beikutnya dari IND (biasanya 3 bulan). Tapi ya itu, kalo nggak punya ID, jadi nggak bisa keluar belanda, jadi ya nggak bisa balik ke indo misalnya, dsb…kalo mo keluar harus apply return visa yang 40 EUR itu.