tadi ngobrol2 sama cax Muhammad, dapat info soal cara mendapatkan duit kembali dari pemerintah belanda.
ada 2 cara
– zorgtoeslag (ini related sama insurance). Ada temen india gw yg ngomong kalau kita bisa dapet sebagian uang insurance kita kembali. daftar dulu di http://www.digid.nl/english/, pilih aanvragen di kiri atas.
kata cax sih temen dia dapet pengembalian pajak EUR 700 per tahun. Syaratnya penghasilan < 1200 EUR. Kalo beasiswa itu bukan dihitung penghasilan. gw kurang jelas gj sama zorgtoeslag ini
– huurtoeslag (ini related sama houisng). Pas ngobrol2 sama Risvelina, dia dapet around EUR 200 buat rumah dia (di balpol). dia pernah posting jg tentang ini di website PPI Delft.
Huurtoeslag ini adalah tunjangan rumah buat orang2 yang penghasilannya dibawah  standar. ada sitenya di http://www.toeslage n.nl/ tapi dalam bahasa belanda, mungkin bisa pake tools penterjemah buat bacanya, atau minta tolong temen yg bisa bahasa belanda. intinya, yang namanya toeslag itu adalah semacam allowance bagi orang2 yg penghasilannya dibawah standar. uang kita akan dibalikin tiap bulan sesuai tunjangan yang kita dapat. besarnya tunjangan bisa hingga max 300 eur perbulan per rumah (bukan perkamar atau perkepala) tergantung harga sewa dan penghasilan kita. dulu mahasiswa internasional gak bisa dpt tuslag ini, tapi beberapa th yll kebijakannya berubah, dan mhs internasional bisa dpt. huurtoeslag ini berlaku untuk rumah, bukan perkamar. dan ada syarat2nya, bisa diliat di : http://www.toeslage n.nl/particulier /huurtoeslag2008 /huurtoeslag2008 -01.html# P19_1037. bisa tanya duwo apakah housing kita masuk eligible untuk huurtoeslag atau tidak.
jika dapet rumah yg ada huurtoeslagnya, itu untung bgt, sebulan bisa bayar kira2 cuma 180-200 eur . tergantung gede huurtoeslagnya. beasiswa itu tidak termasuk income yg kena pajak dan tidak masuk hitungan di huurtoeslag, jadi sesungguhnya mahasiswa berbeasiswa itu adalah mahasiswa berpenghasilan nol, jadi layak dikasih potongan harga rumah.
Advertisements