From: RAI
To: KR
Sent: Thursday, February 4, 2010 18:00:53
Subject: Advice tentang Root Canal Treatment

Hi Mbak Tari,

Yang tentang dokter gigi itu, aku mau tanya-nya mengenai root canal treatment vs cabut gigi.

Kondisinya, sebenarnya dari mid-Dec kemarin udah nyadar ada benjolan (bengkak) di gusi kanan bawah. Awalnya aku kira itu geraham bungsu salah numbuh. Sempet nge-lupain sampai akhirnya 2 hari yg lalu (Selasa, 2 Februari) ke dokter gigi di Delft (Belanda).

Gigi yg bermasalah ini (sebenarnya gusi-nya sih yg bermasalah – bengkak) adalah gigi geraham ke-dua dari belakang di kiri bawah. Ada tambalan yg gede banget disini (setengah gigi bisa dibilang hilang). Aku sih masih mau pertahankan (kalau bisa), kalau ga bisa ya terpaksa dicabut.

Kata dokternya bengkak itu gara2 infeksi karena tambalannya gigi geraham kiri bawah agak rusak, jadi bengkak gitu di gusinya. Dia ngasih saran buat “Root Canal Treatment” katanya sekitar EUR 400, pas ditanya another option, katanya dicabut EUR 80-an. Aku attach gambarnya (geraham kiri and gusi bawah geraham kiri). Sama dokter dikasih antibiotik buat semingguan (20 buah Amoxicillin 500 mg with 125 mg clavulaanzuur (menurut kamus bahasa inggrisnya clavulanic acid)

Tapi pas expected cost dikasih sama kasir, kalo mau root canal treatment ini sekitar EUR 1140 (which is gede banget dan insurance aku cuma tanggung EUR 350). Nah, ini ada dua tahap. Tahap pertama itu root canal treatment (EUR 500an) dan tahap kedua “Crown” sekitar EUR 600an.

Berhubung yg aku inget cabut gigi pilihan terakhir, aku mau coba root canal treatment. Mikir2 root canal treatment aja, abis itu tambalannya kan berarti sementara. Nanti yg crown itu pas balik ke Indonesia aja abis S2 (sekitar Sept/Oct).

Tadi tanya ke kasir-nya (yg jg asisten), katanya tambalan sementara nggak akan bertahan lama. Jadi daripada root canal treatment dan nanti gigi-nya brittle gara2 nggak di kasih crown, mendingan sekalian dicabut.

Tadi sama kasir, katanya semua harga di belanda hampir sama. Setahu aku tempat kasir ini termasuk yg mahal, jadi pengen nyari 2nd opinion di dokter gigi lain di Delft yg siapa tahu treatmentnya lebih murah.

Kondisi gigi skrg, gigi geraham kedua dari belakang bagian sebelah kiri, kalo digigit ada kerasa sakit gitu (tapi nggak sampai ngilu, hanya ngerasa pasti gigi ini lagi bermasalah). Nah, bagian gusi-nya ini yg bengkaknya lumayan besar, ini kata dokter infeksi karena tambalannya bermasalah.

Sekian dulu penjelasan, thanks banget ya Mbak Tari + ibu-nya Mbak Tari

Regards,
RAI
PS: aku attach perincian pemeriksaan root canal treatment (pdf file)
dan foto gigi dari dokter.