Masih tahap2 nyari informasi buat ke Italia

Plan A (Counterclocwise)
19 – Sabtu – Eindhoven (14.20) – Milan Bergamo (15.50). Sleep in Milan.
20 – Minggu – Milan s/d 16.00. Kereta ke Firenze/Pisa. Sleep in Firenze
21 – Senin – Firenze/Pisa all day. Sleep in Firenze.
22 – Selasa – Firenze. Train to Rome on evening. Sleep in Rome
23 – Rabu – Rome. Sleep in Rome
24 – Kamis – Rome/Vatican. Sleep in Rome
25 – Jumat – Rome
26 – Sabtu – Rome. Night train to Venice
27 – Minggu – Venice. Train to Bergamo in evening. Sleep in Bergamo
28 – Senin – Bergamo -> Eindhoven (15.35 – ??.??)
(original draft)
19 – Sabtu – Eindhoven (14.20) – Milan Bergamo (15.50). Sleep in Milan.
20 – Minggu – Milan s/d 16.00. Kereta ke Firenze/Pisa. Sleep in Firenze
21 – Senin – Firenze/Pisa all day. Sleep in Firenze.
22 – Selasa – Firenze, night train to Rome. Sleep in Train
23 – Rabu – Rome. Sleep in Rome
24 – Kamis – Rome/Vatican. Sleep in Rome
25 – Jumat – Rome, night train to Venice. Sleep in Train
26 – Sabtu – Venice. Sleep in Venice
27 – Minggu – Venice -> Bergamo. Sleep in Bergamo
28 – Senin – Bergamo -> Eindhoven (15.35 – ??.??)
Advice dari Maria Paula Tobing
gw blm nerima file .doc


***
mahal mah tergantung pola makan.
tp tenang, msh ada McD.
gw ama devi makan di resto, biar agak elite dikit, hihi.


***
haluuu..
kalo ga salah namanya albergo marin.
not recommended bo.
rada spooky dan lumayan jauh dr piazza san marco.

personally aku lebih suka Venice di pagi hari, mendung2 gimana gituuu;)
***
Gw ama devi berangkat 31 des, balik 5 jan, all by train.
Rute Nice-Rome-Pisa-Firenze-Venice-Nice

Transport total hampir 200 Euro (including pass one day di Rome klo ga slh 4E,pass one day di Venice 16E,tiket msk colloseum 12E).
Di Roma 3 hr, tp ga nginep di hostel, ditempat temen devi.
Jd akomodasi cm nginap di Firenze 1mlm dan Venice 1mlm=Total 43Euro
Souvenir gw agak gila2an habis 110 E.
Makan habis 50 E. karena gw ama dev smpet dinner romantis di Venice, jd rada boros:)))
Keseluruhan sktr 400an. Semoga membantu ya bro. GBU

Advice dari Deviana Octavira

Heiheii..
Om Ronald mo maen ke italy yah..? natalan di sana..?
Ngeliat dari itinerarynya.. udah ok siih…
Some notes:
1. Untuk Milan Bergamo, kl berminat tidur di airport, airportnya bisa ditidurin.. tapi ya itu.. airportnya jauh dari keramaian kota dan musti sedia makanan dan minuman.. tapi, mending tidur di milan deh.. dulu gw nginep di:
CENTRAL STATION HOSTEL in Milan (25 EUR/night utk yg sekamar berlima, atau ber4 yah..? lupa.. )
Viale Lunigiana 4, 20125 Milan
200 m from Milano Centrale
Hotelnya lumayan bersih, nyaman ditidurin dan ga jauh dari Milan central station kalo elo butuh pagi2 ke stasiun. Tentang keamanan sih, dulu gw pagi2 ke central station sendiri jam setengah 6 pagi alhamdulillah baik2 saja…. tapi kalo pulang ga berani lebih dari magrib.
Mending booking online aja.
2. Untuk hotel d Firenze, sangat direkomendasikan untuk tinggal di Archi-Rossi Youth Hostel! Fun banget tinggal di sini, plus termasuk bersih untuk ukuran youth hostel.
Dulu sih harganya kalo gak salah 13 euro/night.. ga tau sekarang. cek aja di webnya dia.
Ini sih recommended untuk biooking dari sekarang karna sll full, apalagi peak season macem natal nanti.. okay?
Di Firenze, kalo demen patung David yg lagi telanjang, beli aja byk2, murah cm 2 euro/patung. Beli spatu2 kulit jg lmn murah di sini.
Firenze mah sehari cukupp… di pizza mending dateng pagian, pulangnya agak sore.. biar bisa menikmati pizza dengan santai.
3. Untuk hotel di Venice..hehehheee.. di sini kebanyakan pada hotel bulan madu semua, alias ga ada yg macem youth hostel… :p kita dulu book hotel bulan madu nih.. tapi oke juga kok.. brsih.. karna venice terakhir, kita habis2an belanja dan dinner romantis di sebelah piazza san marco dengan menu spaghetti carbonara asli italianaaa.. hehehee…
nama hotelnya lupa. mungkin sisca masih inget..
di venice kalo malem asli sepiiiii banget… karna kita cewek2, takut juga kalo pulangnya kemaleman…
4. Di Roma, kalo ke colloseum tar langsung beli tiket yg bs 3 tmpat sekaligus: Colloseum, Foro Romano (Old Rome), dan satu laginya ga tau lupa namanya…. foro romano itu bukanya cm sampe jam 3.. jadi, mending berangkat pagi2 ke colloseum.. dan bagilah waktu dengan baik.. kalo foto2 jg inget waktu.. hehe, soalnya waktu itu kita telat masuk ke foro romano gara2 kelamaan foto2 di colloseum.. :p
5. Tiket kereta antar kota di italy beli di sana aja sih.. dulu kita juga begitu.
6. Gwย  pny temen di Roma, namanya mas Hengky (Ketua PPI Italy taun lalu). ini facebooknya.. http://www.facebook.com/hengkyk?ref=ts
Coba aja di-add dan tanya2, kali2 dia bisa jadi guide di Roma. Dulu kita di-guide-in mas Hengky dan Mas Adhi (temen dari UGM, kerja di KBRI Roma, tapi sekarang dah di Jakarta. Kita jg tinggal di apartmn mas Adhi).
Moga2 ngebantu yah…
Lemme know kalo masih ada pertanyaan lagi.
Happy holiday, merry Christmas and happy new year!๐Ÿ˜‰
***
hehe, bener sekali ayang sisca.. ron, gw kmrn dah kirim imel ke elo yah tentang ini.. sampe gak..?

======================================
budget italy gw:
– tiket (total) = 158.7
– akomodasi = 43

sama makan dan suvenir, 6 hari di italy, di 5 kota (roma, pisa, firenze, venezia, milan) gw habis sekitar 400-an.
kalo masalah hostel dan tiket lu bisa cari sendiri kan yah..? cari yang waktu2 murah..
tiket: http://www.trenitalia.com
coba search juga deh tiket pswat kali2 ada yang murah..๐Ÿ˜‰

cheers,
devi

*****

Rute gw dulu: Nice-Roma-Pisa-Firenze-Venice-Milan-Nice

Hotel:
– Roma: nebeng tempat temen 3 hari
– Pisa-Firenze –> nginep di Firenze: hostel archi rossi (sangat direkomendasikan!! bagus dan bersih bgt hostelnya.. da gitu ada internet, breakfast, dan muraaaah!! yg trakhir ini yg penting. kalo gak salah 11 atau 13 euro gitu)
– Milan cm mampir doank..
– Venice: hehe, dulu si sisca yg booking hotelnya.. 25 euro apa ya? yaa… ini bisa di-search lagi lah di hostelworld apa hostelbookers..
moga membantu ya nal..๐Ÿ™‚
Input dari Mbak Ratna
wah, maaf ya, saya baru baca message ini. mudah2an sudah dapat info yang diperlukan ya. karena saya juga mungkin nggak banyak memberi info. terus terang saya juga kurang mengeksplorasi, tidak seperti rekan-rekan IBP yang lain.

saya ke italia summer 2007 (dan itu juga pertama kalinya saya ke eropa!), dalam rangka summer school di vatican observatory. tinggal di castel gandolfo, di luar kota roma, sekitar 1 jam dengan kereta ke arah albano. tempatnya tenang dan sejuk. bahkan di saat summer pun terasa sejuk. fyi, di sini terdapat papal palace. memang nggak bisa masuk ke palace, paling di luarnya aja. bagaimana suasana castel gandolfo bisa ronald lihat di album mp saya ini. obyek lain adalah danau albano. dari palace sekitar 20 menit jalan kaki. ada tempat penyewaan sepeda kalau nggak salah, di jalan menuju danau. waktu itu saya tidak menyewa sepeda, karena sudah cukup bersenang-senang dengan teman-teman di danau dan tidak banyak waktu karena harus kembali ke kelas.

roma saat summer ramai sekali! dari termini jalan ke objek2 menarik. masuk ke collosseum. lumayan juga harga tiketnya. 11 euro kalau nggak salah. karena pada umumnya rekan-rekan sesama summer school adalah katolik/kristen mereka menyempatkan diri ke gereja-gereja. walaupun orang seperti saya boleh masuk, tapi tidak ke setiap gereja saya ikut, kuatir mengganggu kekhidmatan orang yang berdoa di dalamnya. tentunya yang langsung menarik mata kalau ke italia adalah arsitekturnya. atau mungkin saya yang katro jadi rasanya setiap jengkal roma ingin saya potret. kemudian ke puing-puing tempat julius cesar dimakamkan. ke fontana di trevi. make a wish dg melempar koin? coba saja๐Ÿ™‚ ke spanish step dan piazza-piazza sekitarnya. semuanya dengan jalan kaki, kecuali ketika mau kembali ke termini, stasiun kereta.

setiap sabtu jadi program tamasya ke luar kota. umumnya ke gereja/monastery sih๐Ÿ™‚ tapi, saya akui arsitekturnya luar biasa. yang pertama saya ke monastery di subiaco. batu dinding bukit digali dan dijadikan ruang-ruang monastery. luar biasa. sabtu minggu berikutnya kami ke arcetri & firenze. firenze lebih menakjubkan lagi dan nyaman untuk jalan kaki. yang paling mengesankan buat saya adalah menikmati keremangan senja dan citylight dari piazza michelangelo. orang-orang yang saya jumpai di firenze ramah-ramah. selain bisa naik ke puncak duomo (cathedral), bisa ke museum sains. ada satu lagi museum, saya lupa namanya dan waktu itu sudah tutup. jadi saya cuma nampang di depannya saja.

dari firenze kami ke siena dan san gimignano untuk belanja. tidak lama singgah di sana. di siena melewatkan semacam festival yang ada di sana.

satu lagi, ke st. pieter basilica. georgeus! lebih menakjubkan dari yang di film angels and demons. ini dalam rangka pembukaan summer school. berhubung yang menyelenggarakan vatican, jadi kami para peserta summer school berkesempatan bertemu dengan paus benediktus. pengalaman seumur hidup, yang rasanya tidak mungkin bagi seorang muslim seperti saya.

pengalaman di sana membuat saya ingin kembali. seperti misalnya menyusuri tempat2 yang disebutkan dalam film angels and demons. benar pesan teman saya, sebelum ke roma baca dulu buku itu (di luar pros and cons mengenai isi yang berkaitan dengan kepausan).

so, di antara list kota-kota yang ronald sebutkan, cuma sebagian dari Roma dan Firenze yang saya tahu. untuk castel gandolfo ini saya rekomendasikan untuk mencari suasana yang tidak hiruk pikuk seperti roma. ada resto yang saya suka di sana. resto punya alfredo. orangnya ramah sekali. walau tidak bisa bahasa inggris tapi nyambung-nyambung aja kalau ngomong. lumayan murah dan dia membuat limonchelo sendiri (minuman keras). saya tidak minum, hanya mendengarkan apa yang dikatakan teman yang membeli limonchelo dr alfredo ini. apakah keramahannya karena sifat aslinya atau karena tahu kami murid yang sedang belajar di kediaman paus, saya tidak tahu. yang tidak bisa dilewatkan adalah gelato alias es krim yang banyak pilihan ras. dari yang standar seperti cokelat dan vanila sampai yang terdengar aneh seperti rasa rose dan mangga. jadi, sebenernya mungkin lebih enak ke italia saat summer. dan orang italia kalau berbicara kedengeran semangat sekali. apalagi ya? info yang tidak ada di website? hmm… pada intinya petunjuk-petunjuk di tempat umum mudah dimengerti meski tidak selalu tersedia dalam bahasa inggris. untuk minum, mudah menemukan watertap, hanya saja perlu membedakan mana yang air buangan mana yang air bisa diminum. lumayan boros kalau setiap kali beli air minum kemasan. 500 ml 1-1.5 euro. air minum kemasan ada yang bersoda (gas). biasanya pelayan menyebut: gas or no gas?

mudah2an liburannya menyenangkan.

***
hehehe, abis bingung ngasi info apa, jadi caranya ya dengan cerita๐Ÿ™‚ sebagai negara tujuan wisata, sepertinya banyak informasi mengenai italia. misalnya dari buku lonely planet. hmm, ada buku yang ditulis mahasiswa indonesia di italia bernama gama harjono. judul bukunya ciao italia: catatan petualangan empat musim. sinpsisnya bisa dilihat di sini: http://www.inibuku.com/display.php?d=cb-kbk&bkp=G08GHAR01 . mungkin bisa lebih memberi gambaran mengingat bung gama tinggal lama di sana, pasti lebih tahu banyak tips & tricks-nya.

wow, desember. menarik juga mungkin, apalagi kalau menjelang natal. mungkin bisa mengikuti misa di vatican?

sebenernya cerita-cerita seputar summer school sudah saya tulis di blog mp ini, hanya saja mungkin tidak banyak dan hanya momen2 insidental. i hope the pictures i uploaded tell more than a thousand words.

oh, ada yang terlewat. saya juga ke ostia antica & san severa. saya lupa di kota mana, tapi rasanya tidak jauh-jauh dr roma. ostia antica itu reruntuhan kota lama sedangkan san severa pantai dan ada kastilnya. sayangnya waktu itu kastil tutup, jadi saya yang tidak ikut berenang di pantai hanya melihat-lihat toko suvenirnya.

you’re most welcome, ronald, and have a nice trip

***
yap, ternyata banyak yang terlewat. ada sedikit cerita perjalanan dan deskripsi di foto-foto yang saya upload. kalau berminat… cari aja dg tag voss2007๐Ÿ™‚

it was my second visit to Venice. jadi semalam juga udah cukup.
tp kalo pengen menikmati sebaiknya 3hr 2mlm lah.
biar bisa experience Venice.

disono kan transportnya naik vaporetto, sort of waterbus gitu.
pass 1 day 16E. jd gw rasa ga mahal2 amat.
kecuali lo naek gondola sktr 80E.

di roma kita abis 8E buat tiket bis 2 hr. belinya di termini station

di pisa n firenze modal dengkul bo. bukan kota besar, jd msh bisa jalan kaki;)
apalagi firenze, slurp2 cantik bgt.