Kompilasi email2 sebelum berangkat ke Belanda – Part 2

berhubung sering ditanyain sama temen tentang persiapan ke Belanda (visa, etc), email2 ini saya copy paste di blog ini, jadi tinggal refers kesini kalo ada yg nanya. Nama2 peserta sengaja disamarkan menggunakan NATO Phoetic Alphabet.

*****

Dear All,

Kemarin nanya2 tiket, kok aku dapetnya mahal banget ya? ngecek di smailing tour.

KLM USD 2240 PP berlaku untuk setahun

Malaysia Airlines USD 1144 one way berlaku setahun

Malaysia Airlines USD 1995 PP berlaku untuk setahun…

yang aku mau tanyakan, harga tiket yg kalian dapatkan itu one way atau pp ya?

Aku emang nunggu visa jadi baru mau beli tiketnya, dan visaku jadi tgl 29 july ini ada yg bisa rekomendasikan penerbangan apa yg murah ga ya? soalnya ngecek buat emirates nggak ada yg ke amsterdam, dan biasanya yg murah itu emirates kan. Dari TU Delft sendiri saranin beli tiket pesawat pas visanya udah jadi.

kindly your reply asap, lagi bingung, kok tiketnya mahal =(

*****

Dear ROMEO,

Kalo pake Emirates, bisa turun di Dusseldorf (Jerman), dari situ bisa naek kereta sekitar 3-4 jam ke Delft. Tapi kalo boleh saran untuk pertama kali mungkin lebih baik ke Schiphol.

Saya barusan cari tiket one-way ckg-schiphol 25 aug 2008 di cheaptickets.nl, berikut hasilnya:

Malaysia Airlines

(539,00 + 195,37tax)734,37 EUR

KLM-Royal Dutch Airlines

(703,00 + 140,00tax)843,00 EUR

KLM-Royal Dutch Airlines

(703,00 + 168,25tax)871,25 EUR

KLM-Royal Dutch Airlines

(703,00 + 181,46tax)884,46 EUR

British Airways

(765,00 + 224,56tax)989,56 EUR

British Airways

(798,00 + 224,56tax)1.022,56 EUR

Malaysia Airlines

(832,00 + 223,62tax)1.055,62 EUR

Malaysia Airlines

(832,00 + 153,91tax)985,91 EUR

mungkin mau coba juga lufthansa, air new zealand, cathay pacific, atau SQ.

mungkin alternatif lain cari tiket singapore-amsterdam

Good luck,

ALPHA

*****

Dear ROMEO,

Coba pake Malaysia Airlines (MAS) aja tapi minta surat rekomendasi ke NESO dulu. Harganya bisa jadi 960 USD. Kalo ROMEO tinggalnya di Jakarta surat Rekomendasinya bisa diambil di Kantor NESO terus di bawa ke kantor MAS. Bagasinya nanti bisa 30 kg. Contact personnya mas Feby Febrianto 081519998230. Kontak person NESO sama Mba Putri, Suratnya sehari bisa jadi.

Ok deh, met mencoba yah..

Best regards,

*****

Sent: Wednesday, July 30, 2008 9:45:20 PM
Subject: Re: Urgent: Tiket Pesawat

Dear ROMEO PAPA

Thanks ya for the information =)
aku udah hubungi Mas Febi dan Mbak Putri. Rencananya tanggal 31 ini diurusin sama adek aku.

*****

Dear ROMEO,
Iya sama2, semoga cepet beres yah. Aku berangkat tanggal 20 Agustus, kalo sama tanggalnya nanti kabar2i yah.

Regards,

*****

Dear all,
Temen2 ada yang ikut pre-departure briefing NESO? Bagi2 infonya yah.. O ya, ada yang buat surat bebas fiskal ga? katanya ribet bgt yah? Sebenernya bisa ga sih yang mau sekolah ke luar negeri dapet bebas fiskal?

*****

To ROMEO PAPA,

Bebas fiskal itu cuman bisa berlaku kalo residence kamu udah berganti jadi The Netherlands. Kalo ini pertama kalinya kamu ke Belanda, harusnya residence kamu masih di Indo yah… To make sure, coba check halaman paling belakang pasport kamu. Kalo itu masih alamat Indo, SELAMAT! ANDA HARUS MEMBAYAR FISKAL!

Further info, kalo mo ganti residence muste lewat ambassador Indo yang di The Netherlands.

OK deh…smoga infonya bermanfaat.

Cheers,

*****

To ROMEO PAPA:

Gw dulu pernah ngurus bebas fiskal sebelum berangkat studi ke Luar Negeri, prosedurnya panjangbanget, soalnya mesti ada surat keterangan dari university, abis itu mesti ke diknas, abis itu ke pajak, Jadi kayanya sih masih mungkin ngurus bebas fiskal

*****

hi,

sorry gue ga gitu tau soal fiskal, btw kalo kalian udah disana, bisa ganti alamat di KBRI Den Haag, biar kalo balik ke indonesia mau keluar negeri lagi, ga bayar fiskal.

btw, gue lagi di indo, sebenernya mendadak sih, jadi gue udah telat daftar buat briefing NESO. anyway kalo mau contact:

thanks,

*****

Hey YANKEE,

Bagaimana Belanda? udah dingin blm? Persiapan gw disini sih udah aman2 aja, gw udah hunting bbrp barang yg (rasanya) gw butuhkan di belanda. Udah dapet akses email? cepet ga di wagenigen?…

Btw Ada anak delft yg mau tanya2 tentang bagasi MAS, cara mendapatkan 30 kg di bandara. Namanya ROMEO HOTEL, emailnya Gw kasih di cc ya. Dia brgkt hari rabu ini,tgl 19 august sore, ada hint2 buat dia ga ya? soalnya di telpon bandara jg sibuk melulu.

*****

Hai sori baru bales.

Hahaha summer mah cuma nama donk.. sejak aku sampe sini panasnya cuma beberapa saat, sisanya angin n ujan. Klo malem mah dinginnya mirip winter-nya sydney. So better prepare jaket2 tebel, jas ujan n payung. Tapi ga tau yah klo di delft, klo wageningen kan di luar kota (alias kampung gitu) mgkn aja emang lebih dingin.

Akses internet mah cepet luar biasa n free!!! sekali klik juga langsung buka. Asyik d pokoknya hahaha…

To HOTEL:

Semoga masih keburu yah. Nelpon ke bandara kaga bakal pernah diangkat, aku dulu coba nelpon sekitar 30 kali gagal. Dulu sih aku beberapa hari sebelum berangkat samperin airport managernya minta tambahan bagasi, waktu itu dikasi max 30 kg. Tapi pas hari h bagasiku tetep over 5 kg hahaha.. untungnya dapet mas2 penjaga conter-nya baek lo dikasi gratis hahahaha.. So ntar pas check in minta tambahan bagasi dulu sama airport manager-nya, bilang aja student (moga2 dia ada di tempat) trus di counter pasang tampang rada memelas aja, it worked! Gut luck yah!!

Ok ntar contact2an lagi yah.

YANKEE

*****