Story #1 – Vivaldi Girls


Pemusik jalanan merupakan pemandangan yang biasa di Stroget, shopping street (yg katanya terpanjang di Eropa) di Copenhagen. Hari pertama tiba saja, saya sudah melihat performance dari 5 anak muda dengan alat musiknya berupa botol yang diisi air dengan tinggi berbeda-beda. Salah satunya, yang main drum mirip banget sama Harry Potter. Salah satu yang membedakan dengan pengamen jalanan di Indonesia adalah mereka lebih profesional. Emang sih mereka naruh topi buat pengunjung ngasih recehan, tapi sebenarnya ini lebih merupakan publikasi mereka biar masyarakat tahu eksistensi mereka. Si pemusik2 botol ini bahkan punya website untuk group mereka. *mikir2 ada ga ya pengamen jalanan Indo punya website?*

Nah, pemusik botol ini saya lihat dalam perjalanan menuju Royal Park. Ketika pulang dari Royal Park menuju ke Copenhagen station, Rahmadi mendengar lagu Vivaldi dimainkan di ujung jalan. Suaranya kencang, sound systemnya kayanya OK punya, plus pas dengerin musik mereka udah kaya dengerin CD aja. Benar-benar berbakat. Three girls with their own instruments playing the composition.
Rahmadi  bilang, “Nald, kasih 10 kronor aja”. Saya yang abis foto-in mereka, nggak ngeh dengan nilai 10 kronor ini, masih transisi dari mikir dalam Euro ke Kronor. Dalam hati mikir Rahmadi pelit amat, masa dikasih 10 kronor (masih mikir2 10 kronor itu < 50 Eurocent). Debat dikit, “20 kronor aja”, masih ngirain 20 kronor itu masih < 1 Euro. Rahmadi ga terima, dan debat, “10 kronor aja”. Berhubung saya yang megang recehan, saya cuek aja, dan langsung ngasih 20 kronor. Pas udah ngasih, Rahmadi langsung bilang, “20 Kronor??!!!!!” dan langsung convert itu ke Euro. Saya yang masih ga percaya, ngebuka Lonely Planet Scandinavia, bagian currency thingy.
OMG, 7,44DKK = 1 EUR, jadi saya tadi ngasih 20/7.44 = 2.6an Euro ke mereka. Jumlah yang lumayan gede, tidak sesuai dengan misi kita untuk berhemat ria dalam trip kali ini. Ya udahlah, hitung2 beramal sama pemusik berbakat. Meskipun rasanya Rahmadi ga terima dan kadang2 ngungkit kejadian ini dan menyangka saya ngasih karena tersihir sama kecantikan mereka (alasan sebenarnya sih salah convert DKK ke Euro). (Akhirnya berhenti sejak saya punya kartu as kejadian dia dan homo Swedish-Japanese yang tertarik sama dia). Lesson learned, hati2 kalo switching currency dari mata uang satu ke mata uang lainnya, biasanya otak lumayan lemot dalam hal ini.

Well, hari ketiga di Copenhagen, jalanan ini masih dilewati, dan pengamen solo (cowok) yang kita lihat pun dikasih 2 (bukan 20) Kronor. Belajar dari pengalaman.

Story #2 – Tivoli’s Aquarium
Marketing bisa menipu. Saat ngebaca tentang Tivoli Akuarium di brosurnya Tivoli, kesannya bagus banget ya, akuarium dengan panjang 30 meter berisi ikan2 dan terumbu karang. Based on that, akhirnya kami bertiga (saya, Rahmadi dan Ardhy) memutuskan untuk masuk dan melihat-lihat ikan2 tersebut. Tambah 20 kronor per orang untuk masuk ke akuarium ini (entrance fee Tivoli = 285 DKK).
Di akuarium Tivoli, pas ngeliat ruangannya “jangan bilang cuman segini”. Penonton kecewa, Tivoli akuarium ternyata bener-bener kecil. 30 meter itu ternyata bisa dibilang pendek banget, kaya tiga rumah lebar 10 meter dijejerin. Jauh lebih bagus seaworld malah. Udah gitu terumbu karangnya kayanya mati gitu, warnanya kusam, bener-bener deh 20 kronor itu bisa dibilang sia-sia, meskipun ga sepenuhnya terbuang karena kami bertiga bisa tidur sebentar di bantal besar yang empuk. Tiduran sambil liatin ikan-ikan yang kayanya berenangnya aja udah nggak semangat. Kurang lincah.
Story #3 – The Bike
Hari ketiga di Copenhagen, abis secara tidak sengaja ngeliat guard change (lagi), rencananya ke tempat Little Mermaid, yang jadi simbol kota copenhagen. Awalnya mau jalan kaki dari Amelienborg Palace ke tempat mermaid ini. Sambil jalan, kami ngeliat sepeda lucu yang rodanya itu tanpa jari2, dan bergambar Mr. Smile. Lucu juga selera humor dinas pariwisata disini. Selidik punya selidik, ternyata sepeda ini gratis, tapi harus ngasih deposit 20 Kronor yang akan balik kalo sepeda ini dikembalikan ke tempat2 tertentu di Copenhangen. Kerennya, di stangnya ada peta copenhagen kecil lagi. Bener-bener ngebantu banget.
Singkat cerita, bersepedalah kami menuju Little Mermaid ini. Mirip di Belanda, ada jalur khusus sepeda di jalan raya. Bedanya kalo di Belanda jalurnya jelas2 berwarna merah. Di Denmark, jalur2 sepeda nggak diwarnain, kecuali di persimpangan diwarnain pake warna biru.
Pas nyampe, kepikiran buat nge-take sepeda ini buat kita seharian. Tapi gimana caranya? mana kepikiran pas liburan bawa2 gembok sepeda (Advise: kalo ke kopenhagen bawa gembok sepeda). Pas baru nyampe deket tempat mermaid aja udah ada orang yg ngeliatin sepeda kita dan nanya “udah selesai makenya?”. Jadi, kalo kita parkir, dan dapet 20 Kronor kita kembali, udah pasti 10 menit kemudian sepeda itu dipake turis lainnya. Abis dipikir2, ya udahlah, relain aja sepeda ini. Parkir, ambil deposit kembali. 20 Kronor Rahmadi kembali dengan lancarnya, sedangkan 20 Kronor saya nyangkut. Bener2 nyangkut, sampe perlu langkah2 agak berbau kekerasan demi mengeluarkan 20 kronor itu, phew, untunglah bisa dikeluarin. Kalau ada yg tertarik mencoba cara itu, hubungi saya.
Story #4 – Copenhagen Post
Tourist information justru kami kunjungi di hari terakhir kami di Copenhagen. Dodol banget ya. Alasan dibalik hal itu adalah kami tak berhasil menemukan Tourist Information berdasarkan informasi Lonely Planet (LP) kami yang ternyata tidak up to date, maklum pinjeman, dan dapatnya pun 2 hari sebelum berangkat ke Scandinavia. Sudah tiga kali LP mengecewakan saya soal informasi, pertama di Shanghai, kedua di Busan, dan ketiga di Copenhagen ini.
Ardhy yg justru ngasih tau letak tourist information, yang deket
banget sama Copenhagen Central Station. Kalo ngadep Tivoli, itu ada di gedung arah jam 10. Deket banget, 5 menit aja nyampe. Masuk ke dalam Tourist Information, wuihhh bagus banget. Ini tourist information terbaik yang pernah saya kunjungi selama saya traveling. Ada acara pake ambil nomor antrian lagi. Sambil nunggu antrian, saya ngambil brosur2 pariwisata Denmark + Oresund yang dipajang, kelihatannya sih gratis.
Abis nomor kita dipanggil, tiket Oresund berhasil diperoleh. Tiket yg bikin puyeng selama dua hari ini saking nggak jelasnya informasi tentang tiket ini. Cerita nyusul. Sempat memuji soal Tourist Information ini ke ibu tsb “Until now, this is the best tourist information I have seen” yang gara2 itu jadi banyak bercerita banyak tentang senangnya dia kerja di tempat ini. Kayanya saya membuat kesan yg bagus. Nice impression.
Nah, pas balik ini saya ngeliat satu tabloid (English) di Tourist Information yang langsung saya ambil. Lumayan buat bahan bacaan. Pas di kereta ke Malmo mulailah membaca tabloid ini. Halaman utama isinya tentang sosialita di Denmark yg ketangkap basah jadi germo. Buka halaman demi halaman, kenapa isinya kaya bagian international di Kompas ya, ada tentang pembajakan di Somalia? Feeling udah jelek aja, buka halaman selanjutnya, Sport. Sejak kapan Tourist Information ngasih tabloid yang isinya bukan tentang traveling.
Pas ngeliat halaman depan, kenapa nama tabloid ini Copenhagen Post, mendadak inget Jakarta Post. Kalo Jakarta Post kan mesti bayar, dan ternyata, OMG, tabloid ini TIDAK gratisan, ada tulisan kecil harganya 20 DKK. Dodol dodol…. saya ngambil koran yang rupanya dijual dan tidak membayar. Pas nginget2 lagi, di sebelah Tourist Information itu ada Cafe, kayanya tabloid ini punya Cafe itu, dan dengan santainya saya ngambil dan tidak membayar (soalnya nyangka gratisan). Hati merasa berdosa, tapi masa kembali ke Copenhagen lagi cuman buat balikin tabloid ini. Pengen ngaku dosa aja di Helsingor (Denmark) Tourist Information aja keesokan harinya, sambil balikin “barang bukti” plus ngasih 20 DKK.

Moga2 CCTV-nya tidak bekerja, kan ga lucu kalo tampang saya (untung pake topi), masuk ke wanted list gara2 ngembat koran (secara tidak sengaja). Tapi rasanya backpack saya yg bagian belakangnya ada simbol TNI-AU yg paling visible di rekaman. Saya benar2 membawa nama TNI-AU sampai ke Copenhagen, nice. Anyway, saya bukan anggota TNI-AU, tas itu dapet dari adek, yang dapet dari pasar senen (kalo ga salah).
Setelah perjalanan di Copenhagen ini, saya selalu berpikir, “ada apa dengan 20 Kronor?” Kayanya selalu ada cerita tentang 20 Kronor, kenapa nggak 10 kronor aja? Yah udah lah, yang lalu biarkanlah berlalu. Nyari pastur, ngaku dosa hehehe ;p