From: Ronald Alexander <el01173@yahoo.com>
To: wesly simatupang <malyor2000@yahoo.com>
Sent: Monday, June 26, 2006 13:39:34
Subject: UEC

Hi
 
Mau
nanya, u sekarang dimana? Bandung or Jakarta or di kampung halaman? Gua
juga dulu keterima sendiri kok. Nyantai aja. Makanya gua bilang les
converstion bahasa inggris, sengsara loe kalo nggak bisa bahasa inggris
di program ini. Ingat, meskipun u tinggal di jepang, pergaulan u sama
english speaking person.
 
Peserta JUSST dari
Indonesia, cuman dari ITB doang, tapi nyantai kok, dari 5 tutor
research, 3 orang Indonesia alumni JUSST dulu.
 
Duit
yang dikasih cukup kok, kalo elu nggak terlalu boros. Btw sering
kontak2 sama orang2 ISO? gua bingung lho, loe bisa dapet email gua dari
mana? jangan2 ISO copiin formulir pendaftaran gua buat elu?
 
Eh,
ada laptop kaga? disini bagusan ada laptop lho, buat hiburan, soalnya
anak2 bakalan pake MSN massanger buat chat, tapi bisa juga sih internet
dari Lab, gratis lho.
 
Saran gua lu ke www.
skype.com deh, itu buat telepon ke Indo murah, VoIP. tapi mesti beli
pake kartu kredit. Nah, kartu kredit ini u bisa bikin di jepang
(gampang banget) or u bikin sendiri di Indo, (gua sebelum ke jepang
dibuatin kartu kredit).
 
Kegiatan
selain kuliah, ada home visit (tinggal di keluarga jepang), main ski
bareng UEC (awal maret), sama anak2 Mexico suka bikin party. U bakalan
punya temen dari Australia, China, Taiwan, Mexico, Estonia, Thailand.
Tapi umumnya anak2 indonesia bakalan deket sama thailand. China-taiwan
kompak. Aussie-mexico-estonia-bulgaria biasanya cocok. faktor budaya.
 
PS : Homepage gua dibuka dari Indonesia cepet atau tidak?
 

Ronald

***

Ronald, email gw yang terakhir kok nggak dibalas? Yang banyak pertanyaannya juga.😉

***

From: Ronald Alexander <el01173@yahoo.com>
To: wesly simatupang <malyor2000@yahoo.com>
Sent: Tuesday, July 4, 2006 4:30:40
Subject: Re: UEC

Hi
 
Email
terakhir? yang pertanyaannya soal laptop kan? wah kaga tahu gua bagusan
beli di Indo or di Jepang, mungkin di jepang kali ya, lebih murah.
Banyak pertanyaan? seinget gua  dikit :p
Btw belakangan
ini gua lagi dikejar2 assignment, jadi agak sibuk. Bulan July itu
bakalan jadi bulan tersibuk elu selama di jepang. soalnya persiapan
abuat presentasi bulan agustus sama banyak UAS.
 
Udah nyantai aja, nanti juga u bakalan kesini kok.
 
Bye

***

hai ronald, pa kbr lo?
 
lo bakal balik ke indo tanggal berapa sih? gw mau nentuin tanggal pesawat gw nih….
 
oya,
apa2 aja nih yang perlu dibawa dari indo? yang penting2 gt? kalo laptop
penting ga ya? gw blom punya ni. klo mang penting ya bakal dibeli.
hehehe…
 
bales ya…. 
 
thanx

***

From: Ronald Alexander <el01173@yahoo.com>
To: wesly simatupang <malyor2000@yahoo.com>
Sent: Thursday, July 20, 2006 8:04:49
Subject: Re: hai ronald

hi
 
pokoknya awal oktober gua udah ada di bandung. gua masih belum pasti nih tgl pesawatnya.
yang
penting2? gua juga lupa. yang jelas u bakalan mewarisi TV, rice cooker,
peralatan masak (panci etc). palingan jangan lupa bawa baju musim
dingin aja. nah ini u bisa beli di mangga dua, sekitar 400an ribu. tapi
disini juga ada jaket tebal sih warisan, tapi dulu gua bawa dari indo.
Abis itu pakaian dalam buat musim dingin (namanya LongJohn). bawa 2 or
3 pasang cukup kali.
 
OK. u perlu bawa pakaian. sama duit yen. udah gitu u juga perlu bawa peralatan mandi (sabun etc) buat kira2 2 minggu pertama.
 
Laptop
buat gua penting. tapi dulu sebelum ke jepang gua udah punya…. jadi
kaga perlu beli. Umumnya anak2 disini punya laptop, palingna yang kaga
punya kurang dari 5 orang.
 
Gunting stapler etc, kaga perlu u bawa, disini ada. udah gitu ada
warisan seprei dari gua dan reza. (bagusan u bawa sendiri dulu, soalnya dulu gua perlu 1 minggu buat nyari barang warisan reza)
 
Bawa
oleh2 dari indo, yang kecil2 aja. kaya gantungan kunci or apa gitu.
bawa yang agak mahalan buat sensei elu + Suzuki sensei, (Dia penanggung
jawab program ini). Anak baru JUSST buat oktober ini ada 16 orang. dan
senior u dari JUSST april itu ada 11 orang. nah, u siapin aja oleh2
buat mereka. yang khas indo gitu. udha gitu ada Fukihara San,
penanggung jawab dorm elu. kasih dia oleh2 juga. ada juga orang2 dari
international office UEC (10an orang). yah itung sendiri lah berapa
banyak oleh2 kecil yang perlu u bawa.
 
U
perlu bawa juga tas buat travel (kaya backpack gitu). soalnya liburan
disini u bisa travelling. Dari Indo bagusan u tanya2 bu Indah,
bagaimana cara ngurus BEBAS FISKAL. lumayan kan sejuta.
 
Soal laptop gua kurang tahu bagusan beli dimana.
tapi di jepang, keyboardnya pake keyboard jepang, agak beda kaya di Indo.
 
Elektronik or barang yang perlu dibawa (or perlu beli disini)
1. Laptop
2. kamera digital
3. Kamus Elektronik Jepang – ENglsih (beli di jepang)
4. Perlengkapan Travel

 

***

halo, ganggu lagi ni ronald. mo nanya lagi.. uang yen yang perlu
dibawa berapa banyak ya? tau tempat jual yen yang rada murah ga di
indo? hoho… kalo dolar perlu?
 
mangga dua kan luas tuh, dimana ya jual jaket ama long john nya?
 
oya, tiap smester lo tetep titip perwalian ya?
 
oke, makasih lagi. danke schon ( gada umlaut ) auf wiedersehen..

***

From: Ronald Alexander <el01173@yahoo.com>
To: wesly simatupang <malyor2000@yahoo.com>
Sent: Tuesday, July 25, 2006 17:37:35
Subject: Duit Yen

Hi
 
Soal
Yen, dulu gua bawa 100.000 yen. Oh ya, u sebenarnya dari Indonesia bisa
dikirimin uang, tapi kena administrasi sekitar 400.000 di Indonesia,
dan sampe ke jepang dipotong lagi 4000 yen. Jadi kalo u kirim 100.000
yen dari Indonesia, u terimanya cuman 96.000 yen doang. Dan bokap u
keluarnya 100.000 yen + Rp. 400.000an.
 
USD kaga perlu, kecuali u transit di singapore or korea, baru kepake tuh. Gua beli yen dulu di BCA.
 
Nah
soal mangga dua, gua kurang tahu tempat persisnya, soalnya waktu itu
nyokap gua yang tahu…. Kalo nggak salah di FO bandung juga ada, tapi
gua nggak nemu. BTW, beli yang bagian dalem jaket diisi bulu angsa,
soalnya itu menyerap panas.
 
Tiap semester gua
titip perwalian, sama KTM dan KSM, etc, gua titip ke temen, jangan lupa
bikin surat kuasa buat at least 2 orang.
 

bye

***

Hai Ronald, pa kabar? Dah mo balik sini blom?
 
Gw
mo nanya nih. Lo di sana kerja ga sih? Ato mungkin kayak KP gitu? Trus
uang yang dapat dari beasiswa itu cukup nggak untuk biaya hidup n
jalan2 di sana?
 
Trus, cara ke UEC dari Narita gmn detailnya?
 
 
Makasih ya…

***

From: Ronald Alexander <el01173@yahoo.com>
To: wesly simatupang <malyor2000@yahoo.com>
Sent: Thursday, August 31, 2006 17:08:19
Subject: Re: hai ronald!

Gua
disini kaga kerja, udah apply lisence permit buat part time job sih,
tapi akhirnya kaga gua gunain. Pas summer ini, ada kesempatan magang di
research lab NHK, tapi tergantung elu lewat apa enggak. Dikasih uang
saku kayanya.
 
Uang dari beasiswa cukup kok
buat biaya hidup, yang mahal disini apartemen bisa 45-50rb sebulan,
tapi berhubung elu tinggal di dormitory UEC ON CAMPUS, jadi u cuman
keluar 12.000 sebulan. Jadi sisanya 68.000 buat biaya hidup elu.
 
Buat
jalan2? tergantung pinter2 elu aja hemat duit. Btw jalan2 di jepang
lumayan mahal. U harus pinter2 cari cara buat optimisasi biaya (in
other word, pintar2 nyari cara transportasi yang murah)
 
Dari
Narita ke UEC u bisa naik Airport Limousine (3200 yen) ke Chofu
station. Tapi kalo nggak salah kalian dijemput kok sama senior. Cara
lainnya adalah naik kereta. Tapi untuk naik kereta gua kaga recommend
elu, soalnya buat yang pertama kali datang dengan luggage yg banyak,
mendingan naik airport limousine.
 
Have a nice time
 
Ronald

***

cara apply license permit buat part time gmn?
 
lo masak ndiri ga nald?

trus,
kan agustus gt semesteran udah selesai (bener kan?), gw lgsg bisa balik
ke indonesia ga? soalnya gw kan bakal masih ada kuliah di sini.
hehehe…

 

thx lagi yah…

***

From: Ronald Alexander <el01173@yahoo.com>
To: wesly simatupang <malyor2000@yahoo.com>
Sent: Friday, September 1, 2006 18:31:56
Subject: Re: hai ronald!

Cara apply license permit, ke kantor apaan gitu, nah International Student Office sini punya kertas “how to do it” nya
 
Gua masak sendiri
 
Lu
bisa langsung balik ke indo, tapi umumnya anak2 balik september, nunggu
scholarship september keluar, nah pada balik semua abis itu
 
See u

***

cara apply license permit buat part time gmn?
 
lo masak ndiri ga nald?

trus,
kan agustus gt semesteran udah selesai (bener kan?), gw lgsg bisa balik
ke indonesia ga? soalnya gw kan bakal masih ada kuliah di sini.
hehehe…

 

thx lagi yah…

***
From: Ronald Alexander <el01173@yahoo.com>
To: wesly simatupang <malyor2000@yahoo.com>
Sent: Friday, September 1, 2006 20:19:30
Subject: Re: hai ronald!

oh
ada tambahan, kalo elu ngurus transfer kredit, u perlu tambahan waktu
ekstra. temen gua baru dikasih berkas2 buat transfer kredit dia hari
senin tgl 3 september……… jadi, kalo u mau transfer kredit,
sering2 dicek ke Suzuki sensei (penanggung jawab program). kalo bisa
dari awal2 semester udah bilang ke dia, mata kuliah yang mau ditransfer
apa aja, jadi pas closing ceremony u udah dapet semua, kaga perlu
nunggu lagi


***
From: Ronald Alexander <el01173@yahoo.com>
To: wesly simatupang <malyor2000@yahoo.com>
Sent: Friday, September 8, 2006 12:30:49
Subject: Persiapan ke Jepang

Hi Wesly
 
Persiapan
elu ke jepang udah segimana aja? Disini gua list barang2 yang udah ada
di Jepang (mungkin u kaga perlu bawa lagi – tergantung elu)
 
– Seprei 2 buah (peninggalan gua dan reza)
– bed cover, selimut, etc, (ada 4 buah kalo nggak salah)
– jaket musim dingin
– gunting, stapler, isi stapler, alat tulis kantor, bolpent etc (lagian u bisa beli di 100 yen shop)
– CD Blank (Dari rheza sekitar 30-an tersisa, ditambah lagi dari gua 20-an)
– TV, radio, setrika, sapu, pengki (sorry, vacuum cleaner dari Petty hilang, ada yang ngembat)
– Piring, gelas, sendok, garpu, pisau, panci, wajan, segala macam alat penggorengan
 
Sedikit
saran, orang jepang itu suka alkohol, coba aja u bawain sesuatu dari
indonesia yang kira2 mengandung alkohol. Buat sensei elu.
 
Udah
gitu senior elu disini ada 11 orang (JUSST April 2006), nah angkatan
elu (JUSST Oct 2006) ada sekitar 16 orang, beliin oleh2 kecil aja dari
Indonesia. Sedangkan oleh2 gede, u bawa untuk Suzuki Sensei (Penanggung
Jawab Program JUSST), sama sensei lab elu.
 
Abis
itu di International Office ada 10 orang anggotanya (Palingan nanti u
hanya berurusan sama Sasaki-san, Mika-san dan satu orang lagi).
Mika-san orangnya lucu dan baik, pasti lu seneng ngobrol bareng dia.
 
nah
di kantor JUSST itu ada 3 orang (Monica, Hisatsune, sama Yenna-san),
kasih oleh2 kecil aja yang buat cewek. Ada satu lagi di International
House (bakalan jadi rumah elu selama setahun) – Fukihara-san. dia ini
penanggung jawab rumah.
 
Btw kalo u mikir di
Jepang mahal2, emang bener juga, tapi pinter2 elu aja, soalnya ada 100
yen shop, jadi setiap barang di toko itu 105 yen, atau kalo dirupiahin
sekitar 8rb-an. OK. jangan mikir mahal dulu, u mesti lihat harga
barang2 disini dulu, baru bilang semua di hyaku en shop murah.
 
Sorry
nanya ini, tapi u kristen kan? (Simatupang – orang batak🙂 ). Kalo
gereja di Tokyo ada Gereja Indonesia, jadi pake bahasa Indonesia semua.
 
Udah
gitu, kalo u mau trik2 belanja murah, etc, nanti gua minta Beer (anak
Thailand) ngajarin elu. Juga kalo mau tahu soal travel segala macem,
dia itu orangnya serba tahu.
 
Kalo mau nyari
elektronik murah di Akihabara, nah yang bisa u tanyain buat daerah ini
Shin (anak Australia). Btw selimut2 elu di dia, nanti ingetin aja kalo
mau ambil.
 
Ronald
 
PS :
 
Oh
ya, gua bisa nitip kaos buat Mika-san kaga? sekitar 2 or 3 potong. bisa
ketemuan setelah 29 september kaga? gua agak sibuk sampe tanggal
segitu. Entar gua kasih elu kaosnya.

***


klo masalah barang, gw udah beli baju dingin. mudah2an udah lengkap.eh, rice cooker ada toh?
kalo oleh2, yang kecil gw udah siapin buat 40 orang. kain batik yang bisa dbikin blankon gt d… klo buat sensei, nyokap gw
bilang bawain ulos. hehe… klo alkohol liat ntar d. bisa lolos airport apa?
 
iya gw kristen. makasi infonya. gw juga sempet bingung ttg gereja.
 
stelah tggl 29 mksdnya ketemuan di bandung ya? mudah2an bisa. tapi pas tggl 29. 30 gw udah ke jakarta kyny…
 
oya,
klo pas lagi libur semester, gw tetep tinggal di international house
kan? gw baca, yang jadwal pembersihan asrama itu, gw ga perlu keluar
dulu kan?
 
btw, lo sekarang masih di jepang??
 
thank you…

***

From: Ronald Alexander <el01173@yahoo.com>
To: wesly simatupang <malyor2000@yahoo.com>
Sent: Monday, September 11, 2006 21:35:11
Subject: Jakarta

Hi
 
Tanggal 29 september itu gua nyampe jakarta. Lu berangkat tanggal berapa? Gua mesti ke bandung dulu beli bajunya.
 
Btw
u sebelum tgl 29 u ke bandung kaga? soalnya kalo u di bdg, gua mau
nitip kaos ITB warna biru yang ada tulisan kanji2 gitu. Ada orang
International House yang nitip ke gua. Gua minta temen gua ambil, dia
cuman nemu satu. entar lah gua kirim contoh ke elu. Nanti duitnya gua
gantiin pas kita ketemuan aja. Gua lagi trip bareng temen2 JUSST, lagi
liburan semester kan.
 
Selama liburan semester u bisa tinggal di asrama. nyantai aja.\
 
Oh ya, kalo ada waktu u ke http://www.japan-guide.com
deh, disitu banyak banget informasi tentang jepang yang membantu
banget. Abis itu di search tulis “seishun 18 kippu” itu tiket murah
buat jalan2 pas liburan. Entar gua bisa minta temen gua ngajarin elu
cara makenya.
 
abis itu di jepang banyak banget pake kereta, nah u buat cek jadwal kereta, ke http://www.hyperdia.com
abis itu klik english. Nah u masukin kota asal elu itu – chofu(tokyo)
dan destination ke mana aja  di jepang. U dapet gambaran harga tiket
berapa. Nah buat “18 kippu” tiket murah, u hanya bisa gunain local
train aja. tapi harganya hemat banget.
 
Ada pesan dari temen gua, senior u nanti😀
 
polY SAYS:SEE U

 

***

gw brgkt tanggal 1 okto tengah mlm, nyampe di sana tggl 2. gw sekarang
lg di bandung nih. maksudnya mau gw bliin dulu? gmn nih detail kaosnya?
biar ga salah beli.

thnx infonya..

haha, see you juga…

***

Hi
 
Ini foto kaosnya. Ukurannya M. 2
buah, satu warna biru dan satu warna hitam. Kalo hitam kaga ada, ambil
2 buah ukuran M warna biru aja.
 
Thanks
 

Ronald

***
Ronald, kaosnya cuma ada yang warna item. jadinya mau dua2nya warna item aja ato gmn nih?

***
From: Ronald Alexander <el01173@yahoo.com>
To: wesly simatupang <malyor2000@yahoo.com>
Sent: Wednesday, September 20, 2006 12:33:10
Subject: Re: Kaos ITB

ambil yang item aja dulu…. nanti kalo ketemu yg biru tolong ambilin juga ya. entar gua ketemu elu mungkin di bandara

***