Mr Budi’s file, gw ga simpen kayanya…. coba2 aja browse si website budi.insan.co.id, mungkin nyelip kali
Berikut ini adalah detail yg ga penting tentang mexico
 
U bakalan di mexico nih ceritanya? Pas di Jepang temen2 gw ada yg dari
Mexico, dan mereka latino’s gitu lah… Tapi jangan bandingin kaya di
telenovela, tapi secara average mereka good looking sih (baik yg cewek
dan cowok).
 
Tentang bahasa spanyol, ini kalimat2 yg penting
 
te amo – I love you
hola – halo
buenoz diaz – good morning
gracias – thanks
cierra laboca -> shut up -> well, temen gw ngajarin kata2 kasar juga sih :p
tequila – semacam vodka gitu hal
besame mucho – kiss me a lot (gw punya pengalaman “buruk” gara2 nanya kata ini😦 )
 
Sekarang beralih kemasalah pronounciation
Hugo – Dibaca Ugo (h-nya
hilang)
Alejandro – dibaca alehandro
mexico itu dipronouncednya mehico (Buat lidah kita)
tortilla – makanan gitu deh (pronounced tortiya)
(nama seseorang)+ta = jadi panggilan sayang (biasa buat anak sih)
temen gw nayeli+ta jadi nayelita, nah dijepang malah digosipin gara2 nayeli dan ta(thai) sangat dekat
 
Kultur mereka agak beda dibanding kita. Orang mexico udah biasa sama
“peluk cium” pas baru ketemu, jadi buat kita orang Asia agak beda. Gini
lah, temen gw yg namanya RMN, (setting cerita lagi lihat fireworks/hanabi) lagi
mau difoto, eh dia gendong seorang cewek dengan tiba2, gw juga kaget.
Tu cewek bete-nya setengah mati (bukan pacar, hanya temen biasa).
 
Satu lagi kejadian kocak (angkatan setahun sebelum gw di UEC). Ada anak
Indo ketakutan gitu dikejar2 cowok mexico. Sampe ngumpet di kamar anak
Indo yg satu lagi – yg ini co  (sambil minta kalo Mr. A nyari
bilang gw nggak ada disini). Si cowok bawa bunga gitu sambil menyatakan cintanya. Well the
latest news is mereka akan merit tahun ini/tahun dpn. 
 
Orang2 di Mexico itu suka minum, terutama yg namanya tequila. Kalo
diajak minum (dan biasanya pasti), pandai2lah latihan mengatakan “tidak”.
Gw
sering banget menolak ajakan minum2. Mereka suka banget minum sampai
mabuk, dan melihat orang mabuk itu adalah suatu pengalaman yg lucu.
Berikut ini contohnya:
 
Mr. A yg ngejar ce
Indo ini, pernah mabok berat, dan melakukan hal2 yg aneh2 seperti
menggigit panggangan tempat barbeque, berguling2 di rumput, nyanyi2
nggak jelas, curhat tentang Ms. P (ce dia – orang indo), abis itu
ngajak gua ke North korea atau tibet. Berhubung dia mabok, gw iyakan
aja….😀
 
Tp hati2 juga sama orang mabuk. Pas di summerschool Jerman, temen gw –
D
(cewek Indo-nama samaran) – entah gimana bisa nemenin minum 2 cowok
jerman (nemenin doang sih di common room di dormitory kita). Malem2
lagi. Pas pertama gw liat, 2 cowok jerman itu mukanya udah merah,
tangannya mulai grepe2 paha temen gw. Rupanya dia udah “terjebak” di
common room itu dan dia nggak bisa cari cara buat balik ke kamar dia,
takut2 kalo dia bilang mau keluar, tu 2 cowok marah (orang mabok).
Makanya dia merasa terselamatkan banget pas gw ke common room (padahal
gw waktu itu hanya mau ambil minuman ke kulkas)
 
Tempat wisata di Mexico : penting nih, mereka punya semacam pyramid yg
kaya di Mesir. Itu mungkin kaya Borobudur di Indonesia kali ya. Lalu
ada daerah Cancun (They said that it is the best beach in Mexico).
 
Selamat bekerja di Schlumberger,