Hey Wien + Lis

gw pengen cerita mengenai presentation day para
apprentice. ini namanya Tacit knowledge (baru dapet kata2 ini dari
kuliah gw ;p). Yang gw ceritain angkatan april 200* ya. For your
information, anak april ini jumlah awalnya 15 orang. Akhirnya yg
tersisa 10 orang. Pas presentasi di mid-march cuman 9 orang (Yani
presentasi bareng angkatan gw).

Anak2 yang lulus

loe masih bisa tanya2 sendiri kenapa mereka lulus, jadi gw agak
fokus di bagian yg didnt’ make it, biar ada lesson learned buat
angkatan kalian.

RGR, penempatan pertama di
Talent Management, assignment kedua di HR
Services. Tahu sendiri kan orangnya kaya gimana :p, waktu itu gw pernah
ikutan presentasi dia, dan orangnya bersemangat banget dalam presentasi
(enthusiastic). Satu faktor yg bagus di presentasi. Assingment dia sama
banget sama Sari, cuman urutannya kebalik aja (Sari 1st HR Services,
2nd TM). Makanya gw dulu jagoin Sari bakalan lolos (analisa gw gagal
anyway). 

MW, gw lupa 1st sama 2nd assignment dia apa. Tapi yg jelas dia ini
tipe2 yg tenang. Di angkatan gw kaya Robert, Inrie, gw dan Sari.

KS, penempatan pertama dan kedua sama2 di Devrel. makanya gw semakin
percaya anak2 yg di satu departemen peluangnya lebih gede dibanding yg
lain (analisa gw gagal total di angkatan gw).


AM
, penempatan pertama di corporate reporting, 2nd assignment di
project. Dia jarang ikut dry run bareng anak2 april. ikutannya
terakhir2. Hadi sempet cerita bagaimana AM dibantai sama Mbak
T di dry run departemen dia. Di dry run isunya supervisornya
sampe stress sendiri,dan khawatir she didn’t make it. but she made it
anyway.

DW, penempatan pertama gw
nggak tau, 2nd di corporate reporting. Dulu gw pernah chatting sama
dia, dan dia pernah cerita bagaimana supervisor dia nggak puas sama 3
bulan dia yg pertama.

BA yg didn’t make it

Dulu
RGR pernah cerita2 sama gw dan Ami, ada Yani jg disitu di kantin lt.
0. Nah, dia cerita kenapa bbrp apprentice angkatan dia didn’t make it,
tapi yg dibawah ini jg kompilasi dari berbagai sumber. (tahu kan Ami
dan Yani akhirnya lewat 1st year mereka)

KIC,
penempatan pertama di HR (gw lupa bagiannya), penempatan kedua di BA. 
dia nggak lolos mainly karena kurangnya dukungan. pas KIC ditanyain "U
nggak ngundang Pak R (manager BA) ke presentasi u?" dia agak
reluctant buat ngundang, jadilah pas dia presentasi Pak R nggak
dateng, and she didn’t pass. Kata RGR sih sebenarnya anak2 yg ga pass
(angkatan dia, sudah kelihatan dari awal mereka nggak terlalu antusias
buat ikutan dry run presentasi) Fyi aja, dari skor weekly training
(tiap senin), katanya KIC ini nilainya yg paling tinggi dari angkatan
mereka. Pas final presentation dia ditanyain "berapa rumah expat kita di jkt" dan dia nggak bisa jawab. ini kayanya salah satu pertanyaan yg
ngejatuhin dia.

DO,
gw rasa satu2nya apprentice yg ga lolos yg masih ketemu sama angkatan
kalian. Gw jg bingung kenapa dia nggak lewat. Penempatan pertama dia gw
lupa, penempatan kedua di BE external. Tapi dia ndak pass ini bener2
bless in disguise, karena dia dapet Total Scholarship buat ke France.
Kalo dia lewat, dia mesti milih, bayar pinalti (status direct contract
ada pinalti) atau ambil S2. Oh ya DO ini terbaik di assessment day
batch dia.

BE external ini tempatnya Pak JL. Dulu di masa VP
finance sebelum MJC,
JL ini termasuk salah satu shining star di kantor, sampe ditarik ke
Houston. Nah, biasanya orang2 yg ditarik ke Houston ini, begitu balik
ke Indonesia jabatannya naik ke level Manager. tapi JL ini nggak. Malah
sempet mau ditaruh ke Ramba (yang akhirnya dijual ke Elnusa), tapi
nggak jadi. U tahu
kan Ramba itu semacam CRF-nya buat orang2 field?? (jangan2 u blm tahu
CRF itu tempat semacam apa lagi). Pokoknya somehow Pak JL ini masih
bertahan di RP2. Mungkin politik kantor, who knows. Angkatan gw ada ga
lewat gara2 kena politik kantor.

NKA,
penempatan pertama di HR (services) kalo nggak salah. assignment kedua
di Devrel, yg bagian publikasi berita kita. Kata temen gw,
(non-apprentice), presentasinya NKA kurang menjual. NKA ini tipenya yg
supel banget lho dan rame, tipe2 kaya Wiena. (gw nggak ada maksud apa2
lho Wien). NKA sekarang di Unilever.

DH,
ini salah satu apprentice yg keren banget, makanya alinea tentang dia
panjang. Penempatan pertama di SCM-procurement. Disini dia bikin
program yg bisa menghemat waktu kerja dari seminggu jadi 2 or 3 hari.
Assignment kedua di Business Continuity. Faktor unlucky yg bikin dia
nggak lewat. Manager procurement pas dia di 1st assignment diganti
orang baru (yg baru kenal dia 3 bulan), jadi nggak terlalu tahu sama
kerjanya DH (meskipun pas 1st year presentasinya dateng). udah gitu pas
DH presentasi, bos dia lagi ke luar negeri, jadilah diwakilkan ke
"ajudan" dia, orang third party, (plat biru). begitu DH nggak lewat,
bos dia kehilangan banget. Sampe bikin skenario (yg berkaitan dengan
headcount) buat DH tetap di company, even as third party, (sampe 2 VP bisa
dibujuk). Tapi mentok sama MJC. Kekuasaan MJC gede kan ya, padahal 3
orang LT udah setuju DH bisa tetap di company. DH sekarang ngelanjutin
usaha bokapnya (tajir booo, punya 3 showroom mobil). Orang2 buscon
sampe bingung, "kalo gw di posisi dia udah pasti gw menikmati hidup".
Pas final presenation dikomentarin Mbak D "tuh apprentice yg cowok
nggak tahu detail". berhubung gw yg ngelanjutin kerjaan dia, jd gw tahu
kalo ngerti detail = ngerti semua business process di kantor. Gila aja
kalo disuruh ngerti detail.  Pertanyaan yg menjatuhkan dia, "How big is company?" dia nggak bisa kasih jawaban yg memuaskan.

DH ini salah satu MC di assessment
day. Pas jadi MC sebenarnya dia lagi sakit, gara2 kecapekan baru balik
dari onshore di awal maret. Padahal mid-march dia mesti 1st year
presentation. Jadi persiapannya gw rasa sih kurang. Komentar yg gw
denger katanya slide presentasinya plain (datar), gw liat sendiri slide
dia dan gw rasa bagus. Oh ya, presentasi dia dikomentarin salah satu
apprentice angkatan dia lebih banyak menyajikan masalah ketimbang
solusi. Dia apprentice pertama di Business Continuity, jadi Roger nggak
terlalu ngerti sama program ini. Barulah setelah dia nggak lewat, Roger
belajar banyak, dan hal itu diterapkan ke gw (contoh, dulu dia bilang
"Ron, nanti bulan september kamu nggak usah mikirin project, just
consentrate on  your first year presentation". Belajar dari DH yg
didnt’ make it. Gw bahkan dibilangin "one of personal objective itu,
make sure you pass your 1st year presentation". Tp waktu itu terus
terang gw agak ketar ketir kalau pada saat gw 1st year presentation,
Roger lagi di LN, itu bisa buat gw nggak lewat. Gw yakin posisi gw aman
kalo Roger datang (supervisor gw di HSE udah pasti dateng), posisi gw
jadi ga aman kalo dia nggak dateng.

Prestasi
dia yg banyak dipuji2 orang BusCon, Dia bikin Risk Assessment template
(buat Indonesia), excel based, yang akhirnya dipakai sama Global
Security (sumpah keren booo, sampe dipake di level global). Risk
Assessment ini akhirnya jadi template untuk semua BU. Gilaaaa sumpah ada ga yg pernah bikin prestasi sehebat ini??