Quarter 1 gw cuman dapet dua mata kuliah, MOT1410 Technology Dynamics for Sustainable Innovation) dan MOT1420 (The Economics Foundation of Technology Management). Kuliah nyantai banget, cuman 3 hari dalam seminggu, hari Senin dan Kamis libur. Bener-bener masa paling santai selama kuliah di MOT.

MOT1410 diajar sama Karel Mulder, 6 ECTS, kuliah hari Selasa sore (4 jam) dan Rabu pagi before lunch (2 jam) selalu di tempat yg sama, Collegezaal B. Highlight course ini kita mengunjungi Shell Research Laboratory di Rijswijk dan Unilever Research Laboratory di Vlaardingen. Selain itu ada juga tugas bikin abstract untuk satu paper berkelompok (gw sekelompok bareng Sjoerd dan Robert). Pas presentasi abstract ini, Mulder dibantu asisten dia Udo Pesch dan Alireza Parandian. Nilainya 50% written exam dan 50% Socio-technical Map. Pas ngeliat nilai ujian bener-bener kaget 4.2 skala 10, padahal dugaan gw diatas 6, ternyata nilai disini lebih sulit didapat. Udah gitu dapat tekanan sociotechnical map nilainya mesti at least 6.8 biar lulus mata kuliah ini dengan angka 5.5 (pembulatan jadi 6). Gw dapat bener2 ngepas 7.0 buat socio-technical map gw (tentang shinkansen). Lucunya Mulder nyangka gw orang Jepang pas gw ngeliat nilai socio-technical map. Nilai akhir 5.55 pembulatan jadi 6. Rencana re-take buat nyuci nilai di bulan Juni.

MOT1420 diajar sama Alfred Kleinknecht, 6 ECTS, kuliah hari Selasa, Rabu dan Jumat pagi masing-masing 2 jam di Collegezaal A. Dia dibantu sama asistennya, Robert Vergeer,  yang sama anak-anak dijulukin black out guy. Intinya disini belajar ekonomi mikro dan ekonomi makro. Dari gw yg sama sekali blank tentang economics jadi mulai dapat bayangan (meskipun pernah belajar pas SMP/SMU dulu.Berhubung isyunya ini mata kuliah maut, anak-anak pada ngasih effort kesini. Isyunya pernah satu angkatan yang lulus cuman 30%. Tapi hokinya pas angkatan 2006 ada yg menyelinapkan soal ujian keluar. Soal ini banyak nolongin anak MOT 2007 buat ngelewatin mata kuliah ini. Gw pas ujian sebenarnya yakin bisa dapat 8, tapi pas dibagiin, ternyata gw dapet 7.38, pembulatan jadi 7. Ngeselin… akhirnya gw ngambil retake di Januari dan naik jadi 8 hehehehe.

Sistemnya Quarter di TU Delft itu 7 minggu kuliah, 1 minggu minggu tenang dan 1 minggu ujian. Bener-bener belajar bareng temen-temen di Library TUD sampai tengah malam, jam 12 malam, tapi tetap aja shock pas ngeliat nilai-nilai pertama kali.