From: RAI
Sent: Monday, June 16, 2008 7:03 AM
To: KD; ES
Subject: RE: GRAD atau BA?

Dear Pak Erwan dan Kurniawan,

Tentang GRAD dan BA, Kurniawan sendiri tertariknya ke yang mana? Saya salah satu BA tahun pertama di ConocoPhillips. First assignment saya di HSE -Safety Engineering (groupnya Pak Erwan). Second assignment saya di Business Continuity.

Kalo BA ga bisa jadi engineer dong pak? Penempatan aku pertama di HSE – Safety Engineering, jadi rasanya tetap bisa jadi engineer di BA. Tapi memang bisa dibilang kalau passion kamu di engineer, lebih baik coba yg GRAD, karena kalau di BA akan dipindah2 (dan bisa saja tak ke engineer).

Saya cerita tentang BA dulu ya, karena saya dari program ini. BA ini awalnya program internship di Finance Department. Dimulai pertama kali akhir 2005, sampai sekarang sudah jalan sekitar 8 batch (saya batch ke-7). Departement yg sekarang telah ada apprenticenya antara lain Finance (bisa dibilang 50% anak apprentice ada disini), Supply Chain Mamangement (anak TI banyak disini), Development and relations (anak fasilkom sospol, tempatnya disini), HSE (aku yg pertama kali ke HSE), Business Development, Business Continuity, Information Servicies (banyak anak Teknik Informatika/ Teknik Elektro

Aku kutip dari kata2nya VP Finance COPI tentang BA”It is the pro-active process of enabling people to realize their full potential in a way that adds value to the business. It is also about providing the next generation of leaders and technical experts for both COPI and the company as a whole”. Dulu aku apply kedua-duanya, tapi seleksi BA lebih dulu (keterimanya jg lebih dulu). Jadi selama dua tahun di program ini, kamu akan dirotasi tiap 6 bulan (tanpa kamu tahu kamu akan ditempatkan di departemen mana – tahu baru 2 minggu sebelum dirotasi). Ini office based, dan bisa dibilang agak jarang keluar ke field (onshore/offshore) dibanding GRAD.

Tentang GRAD, aku sedikit banyak bisa cerita karena beberapa teman aku di program ini. GRAD ini lebih ke arah technical ya menurut aku, jadi kamu akan dididik jadi specialist disini (BA dididik jadi generalist). Setahu aku GRAD ini emang lagi butuh banyak tahun ini, tapi sistem seleksinya sepert ini, meskipun kita butuh (take an example 15 orang), tapi kalau dari test2 yg dilakukan itu yg lewat cuman tiga, ya hanya tiga yg diambil. Kalau program GRAD ini, di tahun pertama kamu akan sekitar 3 minggu dikirim ke Houston buat menghadiri engineering academy.

Kalau bisa, daftar dua-duanya saja.

@ Pak Erwan, “Mobile inner circle” artinya apa Pak?? hehehe sorry ga ngerti

Salam
RAI