Kompilasi email2 anak STEI ITB yg jadi finalis Panasonic
***
Asw mas,
ini sandy if01. Saya dikasih tau sama Ayub ttg mas Farid ikut finalis Panasonic. Yang saya ingin tanyakan:
1. Presentasinya seperti apa si mas?Apa kayak proposal Ta di if?
2. Audience nya siapa mas?Orang jepang atau finalis yg lain juga ikut hadir?
3. Kalau interview nya seperti apa mas?Ttg apa pertanyaan2nya?Riset atau pertanyaan trivial?
4. Ada tips&kiat di interview ga mas?

Sekian dulu Mas. Terima kasih banyak.

Sandy Eggi

The Answer
Kalau dulu, interviewnya ada 3 bagian: presentasi proposal riset, interview psikologi dengan HRnya Panasonic, dan terakhir interview panel.
1. Presentasi Riset Proposal
Satu peserta presentasi ke 2 akademisi mengenai proposal riset. Dulu Pak Benyamin (orang computer science UI, lulusan IF ITB) dan Dosen Astronomi ITB, keduanya lulusan doktor di Jepang. Pertanyaanya biasanya akan “tajam” (dulu), sampai ada cewek sampai ga pede lagi/nangis. Dari cerita rekan2 di sana: “Ini sepertinya proposal praktikum?”, “Objectivenya terlalu abstrak, sepertinya anda tidak mengerti maksudnya?”. Intinya sebenarnya cuma ngetes seberapa dalam penguasaan kita terhadap proposal tsb. Trus mereka nanyain apakah researchnya sudah diterima prof di Jepang, mereka ingin lihat buktinya. Aku pikir, dari yang lolos, ketiganya telah diterima di Top University (TiTech dan UTokyo)
2. Interview Psikologi
Ini kayak interview kalau masuk kerja, beberapa aspek psikologi di explore di sini untuk mencari orang yang kriterianya sesuai dengan standar mereka. Aku ga tahu apa yang mereka cari: apakah dari sisi confidence, cultural fit, respect, team work, handling difficult situation. Contoh pertanyaanya: coba anda ceritakan, kondisi paling sulit yang pernah anda alami, apa yang anda lakukan; mereka juga menanyakan lebih detail tentang CV.
3. Interview Panel
Ini hari kedua, interview tiap dua peserta langsung ke juri panel. Juri panel terdiri dari Direktur Panasonic(ada orang Jepang ada orang Indo), Perwakilan Panasonic di Indonesia, dan Ketua Beasiswa Panasonic dari Orang Jepang. Sebagian orang Jepang ada yang bisa bahasa Indonesia. Setiap orang menanyakan pertanyaan yang sama kepada 2 peserta, trus masing2 menjawab. Juri gantian kasih pertanyaan. Ada yang tanya pengetahuan anda tentang Professor, Research, dan Uni di Jepang, ada yang nanya apa hobi anda, ada yang nanya tentang personality, etc. Sepertinya mereka menghargai sopan santun, kalau orang Jepang bicara bahasa Indonesia apakah kita jawab bahasa Indonesia atau Inggris atau Jepang, mungkin bisa minta ijin dulu bahasa mana yang dipakai untuk jawab.
Semoga menjawab & good luck!
Farid
***
Guys,

Td gw telepon Ibu Susilawati, tanyain soal yg research presentation itu sebenarnya deadlinenya kapan dikirim, hari ini atau besok.

Bu Susilawati bilang besok (jadi Feb, tenang aja, gw juga bermasalah nih file presentasinya). dan bisa by email. Pokoknya tgl 14 Juni, bu Susi udah terima research presentation itu.

Nah, satu hal yg penting lagi, Bu Susi bilang bahwa kita boleh revised research proposal kita. Jadi kalo mau ada yg direvisi, minggu malem (sebelum diserahkan ke juri. Jadi bawa USB aja deh, kalo perlu bawa laptop.

Temen gw (Paladia Petty KI’00 – peserta exchange di UEC setahun sebelum gw Oct 2004 – Sept 2005), dapet panasonic Scholarship 2007. Dia sekarang udah di Tokyo Univ. Bareng dia ada 2 anak yg diterima, satu anak binus dan satu lagi anak IPB (keduanya masih jadi research student di Tokyo Univ dan Shizouka Univ.)

Soal universitas ngetop, teman Sandy ada benarnya. Menurut cerita temen gw yg jd dosen di UEC, Petty ini pas rekomendasi, dll, gunain profesor dia pas exchange di UEC. Tapi setelah keterima Panasonic, orang Panasonicnya malah “mencarikan” profesor buat Petty di Top University (in this case Tokyo Univ.).

Oh ya, kalo ga salah kan di pendaftaran via internet dulu, ada pilihan, daftar beasiswa lain atau enggak? nah, gw tulis enggak, padahal iya, (ke europe) ;p. Kalo ga salah Petty ini pernah bermasalah dgn hal ini, gara2 dia jg daftar beasiswa Monbusho (gw kurang jelas soal ini, soalnya gw tahunya dari cowoknya).

Gw jg nanya2 ke Petty soal panasonic, tapi dia lagi sibuk eksperimen euy.

Well, moga2 info dari gw bermanfaat buat kalian. Bisa nggak ya STEI sapu bersih 3 jatah panasonic?🙂

Good luck

***
Hi Petty,

Untuk sementara gw lolos ke final panasonic scholarship (ada 7 anak ITB dari 12). Well, di final itu ngapain aja sih?

Gw baru dikasih email (yg gw attach) tanpa pemberitahuan lebih lanjut kapan proses seleksi finalnya.

Dan satu lagi, surat keterangan bahwa empoyer elu bakalan ngijinin elu meninggalkan pekerjaan elu itu dibawa setelah elu terpilih jadi finalis, atau setelah u terpilih jadi penerima scholarship? Kalo pas jd finalis, itu sama aja ambil resiko gw kehilangan pekerjaan (bos gw kan maunya gw berkarir di perusahaan, bukan lanjutin S2, bbrp minggu lalu dia ngobrol2 soal karir gini).

***
selamat yah jadi finalis,
kelihatannya tahun ini berat yah karena banyak dari itb.
 
1. di final akan ada research presentation, group discussion, psikology interview dan terakhir final interview.
nanti akan keluar jadwal lengakapnya tentang proses seleksi final.
 
2. surat dari kantor official nya sih stelah loe terpilih jadi penerima beasiswa.
tapi gw sampe sakrang ga pernah diminta tuh sama panasonic tentang surat itu, so dont worry.
 
good luck!
***
Nah, aku mau nanya proses u dulu dapetin
scholarship itu, pertama di form itu harus diisi apa
sih? misalnya first preference aku nggak di UEC lagi
boleh atau enggak….

BOLEH

serta research proposal cara
bikin yg bagus bagaimana….

Seperti bikin experimental report aja pas dulu
kenkyusei di UEC.

U skrg udah di Tokyo kan? katanya lagi persiapan
ujian masuk Tokyo Univ? Good Luck,,

IYA, sudah lulus ujian masuk di Todai.

***
Gw mau nanya, waktu u lolos finalis top 10, masih
inget nggak, tahun lalu bulan apa dikarantina? ada
tgl lebih bagus,,,,, dan berapa lama karantinanya?
sekitar bulan april/mei, kayaknya awal2 deh , gw ngga
inget tanggal pastinya…

karantinanya 2 hari, jadi hari minggu sore check in di
hotel padepokan TMII, senin-selasa proses eliminasinya
🙂

 dari ITB berapa orang yang lolos 40 besar (atau udah
12 besar)?

 
Continued to
ITB sekitar 10-an orang. Data lengkapnya bisa dilihat di website panasonic. Kayanya awal Mei deh. Tp gw tdk boleh cuti lagi dari kantor😦, . Masih tahap percobaan, ga bisa cuti. Udah gitu kantor di surabaya.
 
Udah bikin research proposal sih, tp agak males2an gitu. Jadinya 1 halaman doang. Lagian gw ganti topik.  Soalnya kalo kepanggil pun, blm tentu bisa ikut.
 
wah banyak juga yah itb nya 10 orang…
 
kerja dimana sekarang ?
 
gw waktu itu juga belum boleh cuti tapi pake surat dokter aja,
lagian waktu itu juga banyak yang dari daerah, pada naek plane atau kereta, terus langsung pulang lagi setelah selesai acara,
 
so better try first.
buat research proposal, yang penting bikin yang menarik dan kita kuasain temanya karena nanti ada presentasi research proposal,
jadi ngga penting nantinya setelah diterima di universitas di jepang, research theme nya sama atau ngga dengan yang kita presentasiin pas di seleksi panasonic.
 
***